Pernah berpikir untuk membeli rumah tapi ragu uang belum cukup untuk membeli rumah yang besar? Keinginan untuk membeli barang yang bagus termasuk di dalamnya properti memang menjadi naluri orang-orang yang mulai menghasilkan uang. 

Namun tidak jaminan kalau kamu akan lebih bahagia ketika membeli sesuatu yang mahal termasuk di dalamnya rumah yang besar. Kamu perlu memerhatikan kondisi keuangan kamu juga ketika memutuskan untuk membeli rumah dan ini dia alasan kenapa di usia muda seperti sekarang kamu akan lebih bahagia punya rumah kecil.

Mampu dicicil dengan risiko rendah

Inilah Alasannya Meski Punya Rumah Kecil Kamu Akan Lebih Bahagiaunsplash.com/Bench Accounting


Coba kalkulasikan lagi berapa banyak uang yang bisa kamu sisihkan untuk membeli sebuah rumah di usiamu saat ini. Jika kamu hanya bisa menyicil 1 hingga 2 juta rupiah jangan paksakan diri kamu untuk membeli rumah yang besar.

Sesuaikan lah cicilan per bulannya dengan penghasilan kamu saat ini agar kamu tidak dibebani biaya-biaya lain di masa depan. Idealnya, kamu bisa menyicil rumah dengan menyisihkan 28 persen dari total bersih gaji kamu. 

Lebih mudah dibersihkan

Inilah Alasannya Meski Punya Rumah Kecil Kamu Akan Lebih BahagiaUnsplash.com/Ian dooley
Tentu saja kalau kamu punya rumah yang kecil, waktu dan energi yang kamu kuras untuk membersihkannya pasti akan lebih sedikit dibandingkan punya rumah yang besar, 

Kamu juga tidak perlu menyewa asisten bersih-bersih karena kamu terlalu malas mengurus rumah, toh rumah kamu kecil dan tidak butuh waktu banyak untuk membersihkannya.

Biaya bulanan juga akan lebih sedikit

Inilah Alasannya Meski Punya Rumah Kecil Kamu Akan Lebih Bahagiaunsplash.com/Timothy Buck

Jika punya rumah yang kecil, kamu tidak perlu dipusingkan dengan biaya bulanan seperti listrik, air dan gas yang mahal. Biasanya rumah kecil hanya membutuhkan daya listrik dan air yang kecil sehingga biaya yang kamu keluarkan juga jadi lebih hemat ke depannya. 

Mengurangi beban mental

Inilah Alasannya Meski Punya Rumah Kecil Kamu Akan Lebih Bahagiaunsplash.com/Nathan Fertig
 

Ada pepatah yang bilang kalau semakin banyak barang yang kita punya, semakin banyak energi mental yang harus dikuras untuk menjaga barang-barang tersebut. Hal ini sama ketika kamu memiliki rumah yang besar, maka semakin khawatirlah kamu terhadap aset yang kamu anggap bernilai tersebut. Belilah rumah yang kecil dulu dan kurangi beban mental kamu untuk tinggal independen.

Pasar penjualan terbuka lebar

Inilah Alasannya Meski Punya Rumah Kecil Kamu Akan Lebih Bahagiaunsplash.com/Gleren Meneghin
 

Dibandingkan rumah kecil, rumah sederhana biasanya akan lebih mudah dibeli orang, makanya pasar penjualan untuk jenis rumah kecil terbuka lebar dengan nilai jual yang pastinya lebih tinggi dibanding saat dibeli untuk pertama kali. 

Presentase orang yang mampu membeli rumah mini juga lebih banyak dibandingkan rumah besar sehingga kamu bisa saja menentukan harga properti kamu sendiri.

Membeli perabotan rumah minimalis

Inilah Alasannya Meski Punya Rumah Kecil Kamu Akan Lebih Bahagiaunsplash.com/Sylwia Pietruszka
 

Ketika kamu memiliki rumah yang kecil, kamu akan mulai berpikir dua kali untuk membeli perabotan rumah dengan ukuran yang besar.

Dengan memiliki rumah yang kecil, kamu akan berpikir untuk memiliki gaya hidup minimalis sehingga perabotan kamu juga bisa diatur gunanya semaksimal mungkin. 

Interaksi di rumah kecil lebih erat

Inilah Alasannya Meski Punya Rumah Kecil Kamu Akan Lebih BahagiaUnsplash.com/Toa Heftiba
 

Rumah yang kecil biasanya akan mempererat hubungan sosial dan interaksi sesama anggota keluarga yang tinggal di dalamnya. 

Mau tidak mau, di rumah yang kecil kamu harus berkumpul sambil makan di ruang makan yang notabenenya juga mempererat hubungan penghuni rumah.

 

BACA JUGA: Penelitian Memprediksi Bahwa di Masa Depan Millennials Enggan Membeli Rumah!