6 Hal yang Bikin Kamu Stres Setelah Jadi Anak Kuliahan

6 Hal yang Bikin Kamu Stres Setelah Jadi Anak Kuliahan

Kuliah atau social life?

6 Hal yang Bikin Kamu Stres Setelah Jadi Anak Kuliahan

Mungkin kamu pernah dengar istilah galau akademis? Yap, ini dia salah satu kerisauan anak kuliahan setelah keluar dari sekolah dan akhirnya menghadapi hidup baru di kampus. Kehidupan kuliah memang adalah tahun-tahun terbaik dalam hidup kamu, namun juga bisa menjadi sangat menyebalkan kalau kamu makin banyak mengkhawatirkan banyak hal. 

Kampus mungkin bisa jadi membuat kamu stres saat pertama kali memasukinya, dan kekhawatiran kamu ini akan terus berlanjut bahkan sampai keluar dari kampus itu sendiri. Namun jangan panik dulu, kamu hanya perlu menikmati prosesnya dan tahu bagaimana cara menghadapinya.

1. Mengejar nilai

 
Ketika kamu sadar kalau kamu kuliah untuk belajar atau kamu meraih beasiswa yang membuat kamu berharap nilai kamu selalu baik, disitulah tingkat stres kamu meningkat. Padahal, di beberapa mata kuliah kamu diharapkan untuk belajar sendiri tanpa bantuan dosen. Jadinya, kamu gamang harus mulai belajar darimana karena tidak ada yang membimbing.
 
Tenang, bahan kuliah nggak akan melenceng dari apa yang diarahkan oleh dosen kamu kok. Kamu harus banyak membaca, berdiskusi, dan rajin mengerjakan tugas.

2. Hang out dan banyak gaul

 
Kamu pasti pernah dengar istilah kupu-kupu yang menjurus pada anak kuliah yang kerjaannya kuliah-pulang kuliah-pulang, kan? Ketika melihat diri kamu sendiri kuliah tanpa punya teman dekat yang enak diajak hang out, hal ini yang kadang membuat kamu juga stres kala sedang sendiri. 
 
Tenang, bergaul itu penting tapi jangan korbankan nilai kuliah kamu hanya untuk hang out yang sebenarnya bisa kamu lakukan kapan saja, kan? Temukan lah teman kuliah yang memang bisa menerima kamu apa adanya ya.

3. Menyeimbangkan kuliah dan social life

 
Cuma kamu yang tahu berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk belajar demi ujian atau sekedar mengerjakan tugas. Penting bagi kamu untuk menentukan prioritas apakah bergaul atau belajar yang lebih penting. Bukan berarti bergaul itu tidak penting ya, namun kamu harus tahu limit kamu juga untuk menyeimbangkan keduanya.

4. Kehabisan uang di akhir bulan

 
Di usia kamu yang sudah duduk di bangku kuliah, mungkin kamu sudah diberikan tanggung jawab untuk mengatur uang bulanan kamu sendiri. Dari sini, kamu bisa belajar kalau cara terbaik supaya tidak sampai kehabisan uang untuk jajan di akhir bulan adalah tidak menghambur-hamburkannya untuk hal yang tidak penting. 
 
Cara lain supaya kamu tetap bisa menabung namun tetap bisa makan enak dan stylish adalah dengan mencari diskonan di berbagai retail dan website. Lumayan, kan.

5. Terlena dengan sosial media

 
Nah, ini dia dia kerisauan utama para anak kuliahan jaman sekarang. Biasanya mereka lagi keranjingan mempertontonkan gaya hidupnya di sosial media dengan berbagai alasan. Dengan sosial media kamu juga seolah membuat jarak dengan teman-teman kamu sehingga pertemanan di sosial media tidak bisa dikatakan kekal. 
 
Kamu harus sadar kalau sosial media pada dasarnya adalah panggung sandiwara di mana semua orang memiliki hak untuk menjadi dirinya sendiri. Jangan sampai terlena kegiatan sosial media saja ya. Kamu juga harus temukan real life-nya kamu. 

6. Lulus dan pengangguran

 
Pengangguran bukan hanya masalah kamu pribadi kok, itu masalah sosial dan caranya untuk mengatasi kekhawatiran ini adalah dengan mengubah perspektif kamu. Kamu risau dengan keadaan ekonomi kamu. Carilah penghasilan tambahan dengan membuka online shop, membuat start up atau menjadi freelance mulai sekarang. 
 
Jika kamu belum tahu profesi yang kamu ingin lakukan ke depannya, dengan berjalannya waktu kamu akan menyadarinya kok.

 

BACA JUGA: 5 Kebiasaan yang Dilakukan Para Wanita Sukses Setiap Bulan September

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Guinness World Records Sebut Lisa BLACKPINK Cetak 3 Rekor Dunia!

Guinness World Records Sebut Lisa BLACKPINK Cetak 3 Rekor Dunia!

trending

Trending

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Working Life

Semakin Produktif, Ini 7 Tips Menata Ruang Kerja untuk Kaum Introvert

Semakin Produktif, Ini 7 Tips Menata Ruang Kerja untuk Kaum Introvert