Agenda politik dan hubungan bisnis yang melandasi kedatangan Raja Salman ke Indonesia memang masih jadi perbincangan hangat, Bela. Lihat saja di media social, banyak netizen yang terus membahas kedatangan keluarga kerajaan Arab Saudi. Pasti salah seorang teman kamu juga mengunggah video berdurasi singkat saat mobil rombongan Raja Salman melintas, ya kan? Tapi tahukah kamu apa misi Raja Salman ke Indonesia dan beberapa kejadian seru selama Raja Salman berada di Indonesia? Ini lho Bela kejadian dan misi yang harus kamu tahu.

1. Ahok Bersalaman dengan Raja Salman

Inilah Beberapa Kejadian Kalau Kedatangan Raja Salman ke Indonesia Sangat BerkesanPresidential Palace/Agus Suparto/kompas.com

Lengkap mengenakan setelan jas dan peci, Ahok terlihat sedikit membungkuk ketika bersalaman dengan Raja Salman, Bela. Ahok menjelaskan di Twitter kalau saat itu ia sedang memenuhi Presiden Indonesia untuk mendampinginya menyambut Raja Salman.

2. Sebanyak 10.000 Polisi Dikerahkan

Inilah Beberapa Kejadian Kalau Kedatangan Raja Salman ke Indonesia Sangat BerkesanBay Ismoyo/bbc.com

Demi mengamankan kedatangan Raja Salman dan rombongannya, lansiran bbc.com mengatakan kalau Wakil Kapolri Komjen Polisi Syaffrudin menyiapkan 10 ribu anggotanya untuk mengamankan rombongan Raja Salman. Namun sebanyak 5 ribu anggota akan terfokus di Bali.

3. Pangeran Fahad bin Faisal Al Saud Mengekspresikan Kekagumannya

Pangeran yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai Most Influential International Youth pada tahun 2011 oleh Arab Youth Media Forum ini membuat netizen Indonesia terharu, Bela. Pasalnya, ia mengunggah foto di Instagram miliknya yang bertuliskan “I Love Indonesia”. Pangeran Fahad mengunggah foto rtersebut karena kagum dengan sambutan media di Indonesia dan juga netizen.

4. Kedua Negara Menandatangani 11 Perjanjian Internasional

Inilah Beberapa Kejadian Kalau Kedatangan Raja Salman ke Indonesia Sangat BerkesanAntara Foto- Puspa Perwitasari/Tribun-jateng.com

Melansir voaindonesia.com, Indonesia dan Arab Saudi sudah menandatangani 11 pakta (red- perjanjian internasional) termasuk komitmen Saudi yang berjanji menyediakan US$1 miliar untuk dana pembangunan dan kerjasama memberantas kejahatan transnasional seperti penyelundupan manusia, terorisme dan perdagangan narkoba. Kerajaan Arab Saudi juga mengajak Indonesia bekerja sama dalam pelatihan militer untuk melawan militan Negara Islam (ISIS), lho Bela.

5. Potret Jokowi dengan Raja Salman Bergandengan Tangan

Inilah Beberapa Kejadian Kalau Kedatangan Raja Salman ke Indonesia Sangat Berkesanpdiperjuangan-surabaya.com

Momen keakraban yang terlihat di foto menjadi perbincangan karena potret ini mengulangi pose yang pernah dilakukan Presiden Soekarno dengan Raja Saud, Bela. Mengingat sang Raja sudah menggunakan tongkat, sepertinya saat itu Presiden Jokowi sambil membantu Raja Salman berjalan.

6. Raja Salman Menanyakan Keberadaan Cucu Soekarno

Inilah Beberapa Kejadian Kalau Kedatangan Raja Salman ke Indonesia Sangat BerkesanAgus Suparto- rumgapres/detiknews.com

Seperti yang telah dilansir Kompas.com, saat di Istana Bogor, Raja Salman beberapa kali menanyakan cucu Soekarno ke Presiden Joko Widodo. Mendengar pertanyaan Raja Salman, Presiden Jokowi pun memanggil Puan Maharani yang kini menjabat Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan. Terlihat foto di atas kan kalau Raja Salman ramah mau selfie dengan Puan dan Megawati.

Semoga kedatangan Raja Salman ke Indonesia memberi keuntungan dan kedamaian bagi kedua belah pihak, Bela.

 

Glamor Tanpa Hijab Begini Gaya dan Perjalanan Hidup Para Putri Arab SaudiBACA JUGA: