Di kantormu pasti mempunyai teman kerja berbagai karakter. Mulai dari pendiam, humoris, galak hingga sensitif. Tapi akan jadi masalah ketika kamu menemukan kendala dengan rekan kerjamu yang dikenal sangat sensitif. Hatinya yang begitu halus dan mudah tersinggung membuatmu kewalahan untuk berbicara apa adanya ketika kamu kesal dengan pekerjaannya yang terlihat berantakan dan tak sesuai arahan saat rapat. 

Mau blak-blakan takut tersinggung, tapi kalau dibiarkan saja, dia tidak akan sadar dengan kesalahannya. Serba salah memang, tapi coba kamu hadapi dia dengan cara ini, Bela.

Cara Ampuh Menegur Teman Kerja yang Sensitif
 

Menghadapi orang yang sensitif memang gampang-gampang susah. Tetapi karena kamu butuh banget tim kerja untuk menyelesaikan pekerjaan, nggak mungkin kan kamu bentak dia tiba-tiba? Jadi sebelum mulai menegurnya, kamu bisa mengatakan "sebelumnya maaf ya," lalu mulailah jujur dengannya hal apa yang ingin kamu katakan kepadanya. Tegur dia baik-baik dengan intonasi nada bicara yang lembut, jangan sampai bernada tinggi.

Cara Ampuh Menegur Teman Kerja yang Sensitif
 
Untuk situasi seperti ini, empati sangat dibutuhkan. Dengan menunjukkan rasa empatimu kepadanya yang sudah membuat kesalahan dalam bekerja, bisa membuatnya jadi lebih menyadari kesalahannya dan merasa didukung olehmu untuk bekerja lebih baik lagi. Setelah kamu utarakan bagaimana hasil pekerjaannya, kamu bisa bertanya kepadanya, "Kamu baik-baik sajakah?" Mungkin saja belakangan ini dia punya banyak masalah yang memengaruhi kinerjanya, Bela. 
 
Cara Ampuh Menegur Teman Kerja yang Sensitif

Jika dia terlihat stres ketika kamu mulai memberi saran, kamu bisa mulai bertanya kepadanya apakah ada pertanyaan atau pernyataan yang membuatnya tak nyaman ataupun tak setuju. Jika dia hanya diam saja dan tak menjawab apapun, lebih baik beri ia waktu untuk berpikir dan mencerna nasihatmu tadi. Beri ia waktu untuk menenangkan dirinya. 

Jika ia masih menunjukkan sikapnya yang terlihat tersinggung, kamu bisa memberikan opsi kepadanya untuk bertanya kepadamu jika ada kesulitan dengan pekerjaannya yang kurang dimengerti.

 

BACA JUGA: Lakukan 3 Cara Ini Kalau Temanmu Mengklaim Pekerjaanmu