Sulitnya menjaga fokus dalam bekerja saat sedang menghadapi proses perceraian, bisa menjadi kerikil bagi karier kamu, bela. Mengatasi emosi agar masalah pribadi tidak bercampur dengan tuntutan pekerjaan, bisa sangat menguras energi fisik dan psikis.

Inilah 5 tips menjaga mood bekerja saat tengah hadapi proses perceraian dari Popbela.

1. Terbuka pada atasan langsung

Tetap Profesional Meski Sedang Hadapi Perceraianpxhere.com

Salah satu sosok penting di kantor yang perlu tahu tentang situasi kamu, adalah atasan langsung. Informasikan kepadanya tentang kondisi yang sedang kamu hadapi sekarang agar atasan kamu bisa memberikan pengertian jika kamu harus izin untuk mengurus perceraian, atau ada kondisi tertentu saat kamu sedang down, sehingga tidak bisa memberikan performa terbaik.

2. Sibukkan diri

Tetap Profesional Meski Sedang Hadapi Perceraianpxhere.com

Jika atasan langsung sudah tahu kondisi kamu, segera minta pekerjaan tambahan untuk menyibukkan pikiranmu. Daripada melamun dan malah tidak produktif, penuhi pikiranmu dengan hal-hal yang lebih bermanfaat, seperti menuntaskan tenggat waktu, menambah tanggung jawab pekerjaan, hingga perjalanan bisnis. Katakan pada diri sendiri untuk menolak menjadi sosok yang murung.

3. Selektif dalam berbagi informasi

Tetap Profesional Meski Sedang Hadapi Perceraianpxhere.com

Hati-hati kalau mau curhat, ya, Bela! Jika kamu punya teman kerja yang sudah seperti teman dekat, cukup ceritakan masalah kamu ke dia saja agar perasaanmu lebih lega. Hindari terlalu royal dalam berbagi informasi mengenai masalah pribadimu—bahkan di media sosial. Tentunya kamu tidak mau kerap mendapatkan pandangan ‘kasihan’ dari beberapa pasang mata, bukan?

4. Blok pesan saat bekerja

Tetap Profesional Meski Sedang Hadapi Perceraianpxhere.com

Dalam melalui perceraian, usahakan untuk menunda menerima pesan atau menjawab informasi yang berkaitan dengan proses tersebut, saat jam kerja. Gregory Frank, CEO dan Cofounder situs DivorceForce, menyarankan, “Membaca pesan dari pengacara perceraian, atau dari pasangan mengenai kelanjutan proses hingga harta gono-gini, hanya akan mengacaukan fokusmu dan membuat emosimu naik turun seperti roller-coaster. Bicarakan proses tersebut setelah jam kerja.” Selain bisa menjaga struktur dalam berkomunikasi, hal ini menunjukkan bahwa kamu sosok yang stabil, disiplin dan kuat.

5. Cari mood-booster

Tetap Profesional Meski Sedang Hadapi Perceraian

Mulai hari-hari bekerja kamu dengan melakukan hal yang menyenangkan hatimu. Bisa memulai hari dengan olah raga, mendengarkan musik ceria favorit, membersihkan atau menata ulang meja kerjamu, hingga mengganti foto-foto lama di meja kerja dengan foto yang lebih memotivasi kamu untuk perkembangan diri.

Menjalani proses perceraian bisa memberikan efek yang berbeda bagi setiap orang, tapi jangan sampai kamu terperangkap dalam rasa tidak percaya diri yang berkepanjangan ya, Bela. You can do this!

Baca Juga: Mau Tahu Kenapa Proses Perceraian Artis Begitu Lama? Ini Alasannya