Beberapa hari terakhir, media sosial diramaikan dengan wawancara Oprah dengan pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle, yang mengutarakan mengenai kehidupan mereka di istana dan kenapa memutuskan untuk pindah ke California, Amerika Serikat. 

Sebuah wawancara yang mengejutkan, karena membeberkan bahwa anak mereka, Archie, tidak akan diberikan pengawalan maupun gelar, serta sebuah pembicaraan mengenai kekhawatiran akan warna kulitnya yang gelap. Tidak sampai di situ, Meghan juga mengungkapkan momen kelam yang membuatnya ingin bunuh diri dan ia utarakan kepada Harry.

Blak-Blakan, Ini 4 Tuntutan Pangeran Harry & Meghan Markle untuk Mediahollywoodreporter.com

Jelas, tidak mudah untuk mendapatkan sebuah wawancara eksklusif seperti ini, Bela. Ketika nara sumber mau membeberkan hal keluarga yang bersifat rahasia, tentu memerlukan perjanjian tertentu dengan pihak media bersangkutan. Tanpa melewati etika jurnalistik, Pangeran Harry dan Meghan ingin mengendalikan narasi seputar wawancara mereka bersama Oprah Winfrey, dengan persyaratan dan daftar tuntutan yang sangat ketat untuk jaringan TV tersebut. 

Melansir dari perezhilton.com, menurut laporan dari The Australian, Harry dan Meghan itu mengatakan kepada media di seluruh dunia, yang berencana menyiarkan wawancara CBS mereka, bahwa mereka harus menyetujui empat syarat terlebih dahulu. Apa saja?

Blak-Blakan, Ini 4 Tuntutan Pangeran Harry & Meghan Markle untuk Mediaindiewire.com

Persyaratan penayangan wawancara bombastis Harry dan Meghan

Blak-Blakan, Ini 4 Tuntutan Pangeran Harry & Meghan Markle untuk Mediamacleans.ca

Salah satu tuntutan Meghan dan Harry adalah bahwa perkataan mereka tidak akan diedit dengan cara apa pun. Lalu yang kedua, melarang perubahan apa pun pada serangkaian iklan yang telah disetujui sebelumnya dan dikirim. 

Ketiga, outlet yang menayangkan wawancara, tidak diperbolehkan mengedit sinopsis yang diberikan untuk panduan program. Kemudian aturan keempat, menyatakan bahwa penyiar hanya diizinkan menggunakan gambar diam yang disetujui dan disediakan untuk mempromosikan wawancara tersebut.

Blak-Blakan, Ini 4 Tuntutan Pangeran Harry & Meghan Markle untuk Mediastuff.co.nz

Apakah kamu penasaran dengan reaksi kepala jaringan media-media besar terhadap daftar tersebut? Apa pun itu, kami yakin mereka tidak ragu untuk bergabung dalam perang penawaran besar-besaran, terkait hak menyiarkan wawancara bersejarah tersebut. We all need the tea of the royals, right?

Baca Juga: 7 Fakta Ketika Pangeran Harry dan Meghan Markle Hengkang dari Kerajaan

Baca Juga: Keluar Istana, Ini 5 Potret Rumah yang Pernah Ditinggali Meghan Markle

Baca Juga: 7 Aturan Larangan Keluarga Kerajaan Inggris, Masih Berminat?