Ada yang meyakini bahwa orang-orang yang bangun dan memulai aktivitas sejak pagi, lebih unggul dan sukses. Sedangkan mereka yang suka begadang dan bangun siang, maka akan jadi tidak dapat diandalkan. Padahal, kedua tipe tersebut sama-sama bisa produktif dan dapat berkarya. Hanya saja menjalani jadwal yang berbeda.

Melansir dari bulletptoff.com, setiap orang memiliki waktunya masing-masing untuk lebih berenergi, nih, Bela. Karena menurut pakar tidur dan penulis The Power of When Dr. Michael Breus, kamu punya ‘sistem kabel’ unik—alias sleep chronotype—yang menentukan waktu kamu paling berenergi. Meskipun kamu mungkin sudah tahu apakah kamu orang pagi atau burung hantu malam, Dr. Breus mengklasifikasikan empat tipe sleep chronotypes yang mendeskripsikan tipe-tipe orang dalam beraktivitas.

Nah, kira-kira kamu tipe yang mana, Bela? Simak penjabarannya berikut ini, ya.

1. Tipe Bear

4 Tipe Pola Tidur yang Menggambarkan Kepribadianmuunsplash.com/MarkBasarab

Tenang, kamu bukan tipe pemalas. Kamu yang masuk dalam kategori chronotype beruang, memiliki pola tidur-bangun mengikuti terbit dan terbenamnya matahari. Beruang justru paling siap untuk memulai melaksanakan aktivitas berat di pagi hari, agar bisa semakin santai di sore hari. Mereka juga tidak memiliki kesulitan untuk tidur cepat. Nempel-molor ya, Bela.

Secara keseluruhan, tipe ini memiliki energi yang stabil dan dapat menyelesaikan sesuatu dengan tepat waktu. Mereka mampu mempertahankan produktivitas sepanjang hari tanpa jeda. Adanya jeda—seperti tidur siang—hanya akan mengendorkan mood mereka. Tipe beruang juga cenderung ramah terhadap orang lain.

2. Tipe Lion

4 Tipe Pola Tidur yang Menggambarkan Kepribadianmuunsplash.com/ArisCologon

Singa bangun sangat pagi, tapi cepat lelah di sore hari. Tipe ini adalah go-getter, pemimpin dan penggerak. Jam produktif mereka sudah dimulai dari subuh hingga sebelum makan siang. Namun, karena pagi mereka sudah sangat aktif, di malam hari cenderung menjalani waktu yang sangat panjang untuk bermalas-malasan. Mirpi seperti kucing, ya, Bela.

3. Tipe Wolf

4 Tipe Pola Tidur yang Menggambarkan Kepribadianmuunsplash.com/YannickMenard

Nah, ini dia tipe si tukang begadang. Tipe serigala memiliki dua periode gelombang energi untuk beraktivitas. Pertama, di atas jam 2:00 siang. Kedua, di malam hari. Mereka ini biasanya pekerja kreatif, seniman, hingga pekerja coding. Tipe ini cenderung mengarah ke karakter introvert yang mendambakan waktu untuk diri sendiri, namun juga senang mengatur jadwal untuk kumpul bersama.

4. Tipe Dolphin

4 Tipe Pola Tidur yang Menggambarkan Kepribadianmuunsplash.com/FlavioGasperini

Kalau tipe lumba-lumba, sedikit berbeda, nih, Bela. Tipe ini bisa saja memiliki rutinitas tidur yang teratur, tapi bisa juga justru sulit tidur. Saat tidur ringan, mereka sering terbangun sepanjang malam hingga tidurnya pun tidak cukup. Bagi tipe yang mulai aktif di siang hari ini, ia cukup berjuang untuk tertidur, merenungkan apa saja kekurangan atau kesalahan yang ia lakukan pada hari itu.

Kecerdasan dan kecenderungan ekstrim Lumba-lumba terhadap perfeksionisme, mungkin menjelaskan mengapa mereka terlalu banyak berpikir sehingga sulit untuk tidur. Sebagai tambahan, mereka juga menghabiskan begitu banyak waktu untuk mengunyah sepanjang hari, lho.

Baca Juga: WFH? Ini 11 Cara Agar Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah

Dari keempat tipe pola tidur tersebut, mana yang mendekati kebiasaan kamu, Bela? Kira-kira ada yang perlu diperbaiki, nggak?

Baca Juga: Tidurmu Nggak Akan Nyenyak Kalau Sering Konsumsi 6 Makanan Ini