Bukan hanya isapan jempol, menuju akhir tahun 2022 rupanya HYBE secara resmi akan menutup penggunaan VLIVE, Bela. Melansir dari Allkpop, tersiarnya berita tersebut lantaran grup idol Busters mengunggah suatu pernyataan pada, Rabu (5/10/2022). Mengatakan bahwa, grup mereka akan kembali ke kafe Daum sebagai wadah untuk berkomunikasi, dikarenakan aplikasi VLIVE akan dihentikan pada akhir tahun 2022. 

Penutupan Aplikasi VLIVE Makin Nyata Jelang Akhir 2022Dok. Internet

Lantas, apakah alasan terkait penutupan aplikasi VLIVE? 

Jika menilik Januari 2022, sebenarnya Naver Corporation selaku pemilik aplikasi VLIVE, sempat mengumumkan bahwa mereka resmi berkolaborasi dengan Big Hit Entertainment. Berangkat dari hal tersebut, melansir dari NamuWiki, ditengarai ada sebuah merger sistem antara HYBE Weverse dan Naver VLIVE.

Naver dan Big Hit Entertainment (sekarang bernama HYBE Corporation) akan mengintegrasikan VLIVE dan Weverse menjadi sebuah layanan aplikasi baru. Agar supaya, penggemar dari berbagai penjuru dunia bisa melihat konten siaran langsung hingga update aktivitas keseharian para idol K–pop hanya dari satu aplikasi. 

Mengingat, ketika penggemar menggunakan VLIVE hanya bisa melihat video siaran langsung dan unggahan terbaru perihal konten variety show. Sedangkan, saat menggunakan Wevers, penggemar hanya bisa melihat update keseharian para idol.

Maka, ada kemungkinan dari peluncuran aplikasi baru gabungan antara VLIVE dan Wevers makin memudahkan komunikasi antara para idol dan penggemar. Namun perlu digaris bawahi, terkait tanggal pasti penutupan layanan VLIVE belum dirilis, tetapi VLIVE telah memberi pernyataan. 

”Jika ada perubahan dalam layanan, kami akan memberi tahu pengguna terlebih dahulu melalui pemberitahuan.”

Penutupan Aplikasi VLIVE Makin Nyata Jelang Akhir 2022Dok. Internet

Namun jangan gundah, bagi kamu yang belum sempat melihat berbagai konten idol kesayangan di VLIVE, nantinya tetap bisa melihat berbagai konten tersebut karena secara otomatis ditransfer dari VLIVE ke saluran Wevers. VLIVE tercatat memiliki lebih dari 700 channel yang diisi oleh beragam grup K-Pop, mulai dari BTS, EXO, NCT, GOT7, BLACKPINK, TWICE, DAY6 dan masih banyak lagi. 

Selain menawarkan channel milik para idol, VLIVE memiliki beberapa fitur lain seperti V LIVE+ yaitu konten berbayar yang dapat diunduh oleh penggemar, stiker yang digunakan dalam live chat, dan CH+ atau channel premium yang bisa diakses dengan membayar biaya langganan. Kelebihan dari tersedianya channel premium para penggemar akan melihat konten eksklusif, seperti reality show Real GOT7 dan BTS: Bon Voyage. 

Kamu pengguna VLIVE juga, Bela? Adakah konten idol K–pop favoritmu? Bisa tulis lewat kolom komentar, ya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Tes Kecepatan Internet, Hindari Koneksi Lemot

Baca Juga: HYBE Jalin Kerja Sama, Konten Eksklusif BTS Ini Tayang di Disney+

Baca Juga: 10 Aplikasi Desain Rumah iOS Terbaik, Praktis Satu Genggaman