Kasus pencemaran nama baik anggota boyband grup BTS Kim Taehyung, kian jadi perbincangan panas netizen, Bela. Melihat berbagai komentar yang kerap menjadi permasalahan juga bagi anggota lainnya, BIGHIT MUSIC selaku manajemen artis pun bersikap tegas akan hal ini. 

Kabar baru-baru ini, BIGHIT MUSIC mengumumkan pernyataan tentang proses hukum yang akan ditegakkan terhadap pelanggaran hak anggota BTS. Kira-kira bagaimana hukum yang akan berlaku? Serta bagaimana awal mula polemik kasus ini?  

Yuk, simak dalam ulasan berikut, Bela! 

1. Pernyataan tegas BIGHIT MUSIC

BIGHIT MUSIC Tegas Menindak Pidana bagi Penyebar Hoaks BTS!Twitter / Big Hit Music

BIGHIT MUSICrilis pernyataan resmi melalui Weverse, mengenai pembaharuan proses hukum tentang pelanggaran hak-hak BTS. Hal tersebut, mencakup tindak pencemaran nama baik, kritik, pelecehan seksual, dan tindakan lain yang merendahkan para anggota, pada Rabu (29/6/2022) kemarin. 

Halo

Ini BIGHIT MUSIC

Perusahaan kami secara teratur memulai proses hukum mengenai pelaku tindak kejahatan terhadap BTS. Termasuk tindak pencemaran nama baik, serangan pribadi, pelecehan seksual, penyebaran informasi yang tidak berdasar, dan kritik dengan niat buruk. Kami ingin memberikan pembaruan tentang penegakan hukum ini.

2. Penyelidikan kasus pencemaran nama baik

BIGHIT MUSIC Tegas Menindak Pidana bagi Penyebar Hoaks BTS!Instagram / BTS

Tuntutan pidana yang diajukan pihak BIGHIT MUSIC baru-baru ini, terkait unggahan online yang sampai mencemarkan nama baik artis mereka. Informasi unggahan tersebut, ditelusuri lewat pemantauan manajemen dan dibantu oleh para ARMY (fandom BTS).

Akan tetapi perlu diingat, bahwa segala macam bukti tindak pencemaran nama baik BTS tidak akan diberitahukan secara rinci. Bertujuan, agar penyelidikan kasus dapat dijalankan secara tepat sesuai prosedur hukum yang berlaku. 

3. Tak ada keringanan hukum

BIGHIT MUSIC Tegas Menindak Pidana bagi Penyebar Hoaks BTS!Festa

Secara resmi BIGHIT MUSIC memperingatkan, bahwa kapan pun artis mereka mendapat ancaman, maka pihak manajemen akan mengambil tindakan tegas untuk memastikan keselamatan para artis.

Mereka juga menekankan, kebijakan yang berlaku tidak ada penyelesaian secara damai dan tidak akan ada keringanan hukum. Pemantauan ini akan terus dilakukan, dan BIGHIT MUSIC ingin memastikan bahwa tindak kejahatan ini tidak terulang kembali, Bela.

4. Rumor simpang siur

BIGHIT MUSIC Tegas Menindak Pidana bagi Penyebar Hoaks BTS!Instagram/Dailyfashion_news & Twitter/allkpop

Beberapa rumor miring memang sering menyeret banyak nama idol K-Pop, salah satunya adalah para anggota BTS. 

Seperti, rumor tentang Kim Taehyung atau V yang pergi bersama Jennie BLACKPINK ke Pulau Jeju yang ramai beredar lewat sosial media. Lalu yang terbaru, terkait V yang diolok-olok karena tidak sempat menjumpai wartawan dan menyapa para fans-nya. 

Tak hanya itu, desas-desus tentang RM (leader BTS) yang dikabarkan telah menggelar pernikahan secara diam-diam, juga menjadi kabar yang menimbulkan informasi simpang siur.   

5. Kecam penyebaran video pribadi artis

Mengingat, bahwa industri hiburan Korea masih cukup konservatif jika ada unggahan video kegiatan artis yang bersifat pribadi, BIGHIT MUSIC terlihat tak dapat menoleransi tindakan tersebut. 

Seperti, saat V berada di Paris untuk Fashion Show CELINE, sebuah video memperlihatkan V yang berada di after party sedang menggunakan tiang untuk pole dancing. 

6. Pernyataan lengkap BIGHIT MUSIC

BIGHIT MUSIC Tegas Menindak Pidana bagi Penyebar Hoaks BTS!Weverse

Halo

Ini BIGHIT MUSIC

Perusahaan kami secara teratur memulai proses hukum mengenai pelaku tindak kejahatan terhadap BTS. Termasuk tindak pencemaran nama baik, serangan pribadi, pelecehan seksual, penyebaran informasi yang tidak berdasar, dan kritik dengan niat buruk. Kami ingin memberikan pembaruan tentang penegakan hukum ini.

Kami baru-baru ini mengajukan pengaduan pidana tambahan. Terhadap postingan dengan serangan pribadi dan pencemaran nama baik menggunakan informasi baru yang diberikan oleh penggemar, serta dikumpulkan melalui inisiatif pemantauan kami.

Satu poster mengunggah postingan yang berisi penghinaan terhadap artis menggunakan lusinan alamat IP berbeda di DC Inside. Kami telah memantau jenis postingan jahat ini dan mengajukan tuntutan pidana terhadap poster untuk semua postingan dengan komentar jahat.

Selain itu, kami telah menemukan lebih banyak postingan pencemaran nama baik dengan konten yang sangat jahat dan delusi dan memulai proses hukum terhadap poster tersebut. Keluhan yang kami ajukan, mencakup platform yang tidak disebutkan dalam pemberitahuan ini, dan kami juga ingin memberi tahu Anda bahwa kami tidak dapat mengungkapkan setiap detail konten keluhan untuk memastikan penyelidikan yang tepat.

BIGHIT secara teratur mengumpulkan informasi postingan jahat tentang BTS, melaporkannya ke pihak berwenang, dan mengajukan pengaduan pidana. Terdakwa dari penyelidikan yang sedang berlangsung baru-baru ini, berusaha untuk menyelesaikan kasus tetapi tidak akan ada penyelesaian atau keringanan hukuman. Kami ingin menekankan, bahwa kami akan terus memulai tindakan tegas untuk memastikan bahwa tindakan jahat ini tidak terulang, dan kebijakan kami tentang tidak ada penyelesaian dan keringanan hukuman tetap berlaku.

Laporan dari penggemar kami sangat membantu dalam menanggapi kegiatan tersebut. Kami meminta Anda untuk terus menggunakan hotline (protect@bighitmusic.co.kr) untuk melaporkan setiap kasus penyalahgunaan.

Kami akan terus bekerja untuk memastikan bahwa hak-hak artis kami dilindungi sepenuhnya.

Terima kasih

BIGHIT MUSIC 

Itulah, ulasan tentang proses hukum yang mulai secara tegas dilakukan oleh BIGHIT MUSIC, Bela. Jadi, akankah para pelaku penyebar hoaks merasa jera? 

Baca Juga: J-Hope 'BTS' Akan Rilis Lagu "More", Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu

Baca Juga: V BTS, Lisa BLACKPINK & Park Bo Gum di CELINE Menswear Summer 2023 

Baca Juga: Jadi Tempat Wisata, Keluarga Suga 'BTS' Buka Galeri K-Pop di Daegu