Pada hari Selasa (22/9), Indonesia Writers Festival 2020 memasuki hari kedua. Tak kalah seru dengan hari sebelumnya, di hari kedua ini menghadirkan Nadhifa Allya Tsana atau yang dikenal dengan nama pena Rintik Sendu sebagai salah satu pengisi talkshow hari kedua dalam sesi "Aksara, Sketsa, Suara".

Yuk, Kembangkan Passion Menulismu dengan 5 Tips dari Nadhifa TsanaDok. IDNTimes.com

Nadhifa kini dikenal sebagai salah satu novelis populer di kalangan millennial. Novel karyanya bahkan sudah ada yang pernah diangkat ke layar lebar, lho, yakni yang berjudul Geez and Ann. 

Kepada penonton yang hadir dalam talkshow virtual Indonesia Writers Festival 2020, Nadhifa memberikan tips untuk kamu yang baru mulai masuk ke dunia tulis-menulis. Supaya menjadi penulis profesional dan bisa menghasilkan karya, simak yuk, lima tips dari Nadhifa Tsana berikut ini.

1. Membiasakan diri untuk membaca buku

Yuk, Kembangkan Passion Menulismu dengan 5 Tips dari Nadhifa TsanaUnsplash.com/Leohoho

Bagi kamu yang ingin menulis, coba yuk, untuk membiasakan diri membaca buku. Sebab, lewat membaca, wawasan kita akan menjadi lebih luas. Jika wawasan lebih luas, maka kita akan mampu mengeksplorasi kemampuan menulis yang kita miliki. Mulai dari membaca bacaan yang ringan terlebih dulu, ya. Sedikit asalkan rutin tetap akan berdampak pada kemampuan menulis kamu, lho.

2. Niat yang kuat

Yuk, Kembangkan Passion Menulismu dengan 5 Tips dari Nadhifa TsanaUnsplash.com/Thought Catalog

Lihat kembali niat awal kamu untuk menulis. Apakah benar-benar dari hati ingin menulis atau hanya latah karena sedang tren. Jika niat kamu untuk menulis tidak kuat, saat mengalami kebuntuan di tengah jalan, kamu akan mudah menyerah. Sebaliknya, jika kamu memiliki niat yang kuat, sebuntu apapun saat kamu menulis nanti, kamu akan selalu menemukan cara untuk menyelesaikannya.

3. Rutin menulis

Yuk, Kembangkan Passion Menulismu dengan 5 Tips dari Nadhifa TsanaUnsplash.com/Kaitlyn Baker

Kalau sudah memiliki niat, yuk, langsung menulis. Menulis saja sesuai dengan kemampuanmu dan jangan menyamakan tulisanmu dengan tulisan populer lainnya. Rutin menulis setiap hari, maka kamu akan menemukan gaya tulisanmu sendiri. Selain itu, kamu juga akan belajar dari kesalahan-kesalahan. Sehingga, tulisanmu akan semakin baik dan sesuai dengan yang kamu inginkan.

4. Selalu optimis

Yuk, Kembangkan Passion Menulismu dengan 5 Tips dari Nadhifa TsanaUnsplash.com/Christin Hume

Selanjutnya, tips untuk mengembangkan passion menulis kamu adalah dengan selalu optimis. Kamu harus yakin kalau kamu bisa menyelesaikan tulisan yang sudah kamu kerjakan. Jika kamu mengalami kebuntuan saat menulis, coba sedikit lakukan me time agar kamu kembali fresh untuk menulis.

5. Konsisten dan disiplin

Yuk, Kembangkan Passion Menulismu dengan 5 Tips dari Nadhifa TsanaUnsplash.com/Brent Gorwin

Menulis membutuhkan proses yang panjang dan nggak instan. Maka dari itu, kamu harus melewati prosesnya dengan optimis dan usahakan untuk selalu konsisten menulis. Konsisten dan disiplin menulis bisa kamu mulai dengan rutin menulis 30 menit atau minimal 3 halaman per harinya. Jika konsisten seperti ini, tulisanmu bisa selesai sesuai dengan keinginanmu.

Itu tadi tips dari Nadhifa Tsana yang bisa kamu terapkan jika kamu ingin mengembangkan passion di dunia menulis. Yuk, mulai menulis. Sehalaman demi sehalaman, lama-lama akan menjadi novel. Semangat, menulis!

IDNTimes menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan “Empowering Indonesians Through Writing” ini berlangsung pada 21 hingga 26 September 2020 melalui Zoom dan YouTube channel IDNTimes.

Disclaimer: artikel ini ditulis ulang dari artikel berjudul "IWF 2020: 5 Tips Mengembangkan Passion Menulis ala Nadhifa Tsana" ditulis oleh Abdi Maunino

Baca Juga: 5 Trik Wawancara untuk Tulisan Biografi a la Fenty Effendy

Baca Juga: Manfaat Menulis Catatan Jurnal untuk Kariermu

Baca Juga: 8 Fakta Unik Ini Dialami Bagi Kamu yang Hobi Menulis