Via Vallen baru saja merilis video klip terbarunya bersama Dyrga Dadali yang berjudul "Kasih Dengarkanlah Aku", kemarin (23/10). Namun, tak sampai 24 jam, video klip tersebut kini sudah tak bisa lagi ditemukan. Video klip yang disutradarai oleh Chris Sinyal ini dituduh menjiplak video klip asal Korea Selatan karena konsepnya yang sangat mirip.

Wah, bagaimana kontroversinya, ya?

Video klip Via Vallen diduga plagiat dari video klip milik IU

Beberapa jam setelah rilis di akun YouTube Ascada Musik, video klip tersebut lagsung ramai diperbincangkan oleh warganet. Menurut warganet, konsep dari video klip "Kasih Dengarkanlah Aku" sangat mirip dengan video klip milik penyanyi asal Korea, IU, yang berjudul "Above The Time". 

Saking miripnya, beberapa warganet bahkan sampai membuat kolase yang membandingkan dua video klip tersebut. Salah satunya, Fiersa Besari. Lewat unggahannya, Fiersa menampilkan perbandingan dua video klip itu. Bagaimana menurutmu? Apakah kemiripannya cukup banyak?

Komentar negatif bermunculan dari warganet

Kali Kedua Dituduh Plagiat, Ini Penjelasan Via Vallen Soal MV BarunyaTwitter.com

Video klip tersebut tentu membuat warganet meradang, terutama dari para penggemar IU. Mereka beramai-ramai memberikan komentar negatif kepada Via dan menuduhnya melakukan plagiarisme terhadap karya orang lain. Bahkan, begitu ramainya dibicarakan di media sosial, nama Via Vallen sempat menjadi trending topic pada Sabtu (24/10) pagi.

Beberapa komentar negatif tersebut dapat kamu lihat di unggahan Twitter berikut ini. Tak sedikit pula yang menyarankan untuk melaporkan video tersebut ke pihak YouTube agar video ini segera di-take down.

Kabar ini sampai diberitakan di media massa Korea Selatan

Masalah kemiripan video klip Via Vallen sepertinya bukan masalah main-main dan menjadi serius. Kabar ini langsung merebak di Korea Selatan juga dan salah satu media online Korea, AllKpop sampai membuat artikelnya.

Video ini mendapat 11 ribu dislike sebelum akhirnya di-take down

Kali Kedua Dituduh Plagiat, Ini Penjelasan Via Vallen Soal MV BarunyaYoutube.com

Masih bergeming dan tidak mendengar masukan dari warganet, video klip "Kasih Dengarkanlah Aku" mendapat dislike yang cukup banyak, yakni 11 ribu dalam waktu 18 jam sejak pertama kali dirilis. Kini, video tersebut sudah tidak bisa lagi ditemukan di channel YouTube Ascada Musik.

Klarifikasi dari Via Vallen dan Ascada Musik

Kali Kedua Dituduh Plagiat, Ini Penjelasan Via Vallen Soal MV BarunyaInstagram.com/viavallen

Merespon kegaduhan yang ditimbulkan dari video klip terbarunya, Via mengunggah pernyataan klarifikasinya di InstaStory. Ia mengucapkan permohonan maaf atas kemiripan video klipnya dan mengaku bahwa ia sama sekali tidak mengetahui jika video klipnya mirip dengan video klip Kpop

Senada dengan Via, pihak manajemen Ascada Musik juga sempat menyampaikan klarifikasi di kolom komentar video tersebut sebelum akhirnya di-take down. Ascada Musik mengatakan kalau konsep video klip "Kasih Dengarkanlah Aku" murni dari pihak sutradara. Sementara itu, Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai model video klip hanya menjalankan tugasnya dan sama sekali tidak mengetahui hal tersebut.

Kali Kedua Dituduh Plagiat, Ini Penjelasan Via Vallen Soal MV BarunyaYoutube.com

Bukan kali pertama dituduh plagiat

https://www.youtube.com/embed/3oO_YSBLbYg

Kasus plagiarisme ini bukan kali pertama yang dialami oleh Via. Pada tahun 2018, saat lagu "Sayang" tengah booming, ia juga dituduh memplagiat lagu "Mirae" milik Kiroro yang rilis pada tahun 1998. Lagu "Sayang" dituduh menjiplak lagu "Mirae" karena memiliki nada yang sangat mirip. Coba kamu dengarkan videonya di atas, Bela. Apakah mirip?

Meski sudah merilis klarifikasi dan men-take down video klip "Kasih Dengarkanlah Aku", beberapa penggemar IU tetap melaporkan hal ini ke pihak label IU. Semoga saja, masalah ini segera menemukan titik tengah dan dapat segera diselesaikan, ya, Bela.

Baca Juga: Ada Alat Perdukunan, Ini Fakta Baru Pelaku Pembakaran Mobil Via Vallen

Baca Juga: Terkenal Sejak Dulu, Begini 15 Potret Perjalanan Karier Via Vallen

Baca Juga: 7 Seleb Ini Dukung Via Vallen Berani Lawan Pelaku Pelecehan Seksual