Linimasa media sosial Twitter kini tengah dibanjiri oleh beragam kontroversi. Salah satu yang juga tengah menjadi sorotan warganet adalah komika Mamat Alkatiri yang dilaporkan ke pihak kepolisian oleh anggota DPR Republik Indonesia, Hillary Brigitta Lasut. 

Bukan tanpa alasan, Hillary melaporkan Mamat setelah komika kelahiran 24 Juni 1992 itu menyebutkan kata 'tai' dan 'anjing' saat membawakan materinya. Kini, proses hukum masih berlanjut dan Hillary baru akan mencabut laporannya jika Mamat meminta maaf.

Lantas, bagaimana kronologi perseteruan keduanya? Simak selengkapny berikut ini.

Berawal dari materi Mamat Alkatiri yang dinilai mengandung kata-kata makian dan kasar

Kontroversi ini bermula dari sebuah potongan video yang diunggah oleh Hillary di akun Instagram pribadinya. Dalam potongan video tersebut, Mamat mengatakan dua kata yang dianggap oleh Hillary sebagai kata yang mengandung penghinaan. Merasa tersinggung, Hillary kemudian memutuskan untuk melaporkan Mamat ke pihak kepolisian tak lama setelah ia mengunggah video tersebut.

Mamat dilaporkan ke polisi pada 3 Oktober 2022 melalui pengacara Hillary

Hanya berselang satu hari setelah mengunggah potongan video Mamat Alkatiri, Hillary melalui pengacaranya, Muhammad Fauzan Rahawarin, melaporkan Mamat ke Polda Metro Jaya pada 3 Oktober 2022. Mamat dilaporkan atas tuduhan pencemaran nama baik atau melanggar Pasal 310 KUHP. 

Dalam keterangan yang diberikan Hillary di Instagram, ia mengatakan bukanlah sosok yang antikritik. Namun, jika kritikan tersebut berupa penghinaan atau kekerasan verbal, maka ia tidak akan tinggal diam dan mengambil langkah tegas untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Hillary mengatakan Mamat juga menggunakan koneksinya untuk membungkam dirinya

Tidak hanya merasa mengalami perundungan dan penghinaan lantaran materi yang dibawakan oleh Mamat, Hillary juga merasa Mamat telah memanfaatkan koneksinya untuk membungkam dirinya. Padahal menurut Hillary, jika memiliki koneksi dengan orang-orang besar, Mamat tak perlu takut untuk mengakui apa yang telah dilakukannya dan meminta maaf.

Tuduhan soal memiliki koneksi dibantah oleh Mamat

Ungkapan Hillary soal koneksi Mamat yang menekan dirinya langsung dibantah. Mamat menjelaskan, mungkin orang-orang yang menghubungi Hillary memiliki maksud untuk menjadi jembatan mediasi sebelum Hillary melaporkan kasus ini ke pihak kepolisian.

"Bagaimana bisa saya yang lebih punya koneksi untuk menekan? Saya masyarakat biasa dan ibu anggota DPR yang terhormat, orang-orang yang hubungi Anda mungkin punya niat mediasi atau mau mengatakan bahwa jangan apa-apa laporin polisi," tulis Mamat.

Hillary akan cabut laporan dengan satu syarat

Trending, Kronologi Kontroversi Hillary Brigitta VS Mamat Alkatiri

Kini laporan telah masuk ke pihak kepolisian. Baik Mamat maupun Hillary, kini sama-sama tinggal menunggu proses hukum selanjutnya. Dalam sebuah wawancara yang diwakili oleh Wakil Sekretaris Fraksi NasDem DPR RI, Charles Meikyansyah, melansir dari berbagai sumber, Hillary akan mencabut laporan tersebut dengan syarat Mamat harus meminta maaf secara terbuka kepada dirinya.

Terkait hal ini, Mamat belum memberikan komentar atau pendapatnya sama sekali.

Itulah tadi kronologi kontroversi Hillary Brigitta dan Mamat Alkatiri. Semoga saja masalah ini bisa segera selesai, ya, Bela.

Baca Juga: Perjalanan Bisnis Baim Wong, Lagi Sering Timbulkan Kontroversi

Baca Juga: Kronologi Aksi Bjorka, Peretas Data Warga Indonesia yang Kontroversial

Baca Juga: 9 Daftar Kontroversi Baim Wong, Terbaru Datangi Anak SD yang Berkutu