Rumor aborsi yang diakui oleh Kim Seon Ho mengejutkan banyak pihak. Tentu hal ini menjadi masalah untuk aktor berusia 35 tahun tersebut. Sebab, seperti yang sudah terjadi sebelumnya, saat seorang figur publik tertimpa masalah, warganet Korea Selatan akan langsung meng-cancel figur publik tersebut, sehingga karier yang telah mereka bangun bertahun-tahun dapat hancur dalam sekejap.

Jika karier mereka hancur, kemudian timbul pertanyaan baru, apakah mereka akan bisa berkarier kembali di dunia hiburan? 

Kemungkinan kecil mereka bisa kembali ke dunia hiburan. Mengingat cancel culture di Korea Selatan begitu berat. Namun, bukan tidak mungkin. Seperti deretan selebritas Korea Selatan berikut ini, Bela. Mereka pernah tersandung skandal, tapi dapat bangkit dan sukses sampai saat ini. Siapa saja mereka?

1. Lee Byun Hun

Sempat Terjerat Skandal, 7 Artis Korea Ini Tetap Eksis dan BersinarDok. Internet

Nama aktor Lee Byung Hun kembali naik di tahun ini setelah ikut membintangi serial Squid Game. Siapa sangka, aktor berusia 51 tahun ini sempat terlibat skandal perselingkuhan dengan model Lee Ji Yeon di tahun 2014.

Saat itu, Lee Ji Yeon dengan sengaja merekam percakapannya dengan Lee Byung Hun. Video percakapan kurang pantas itu kemudian dimanfaatkan Lee Ji Yeon untuk memeras Lee Byung Hun saat itu baru selesai membintangi film Mr. Sunshine. Lee Ji Yeon meminta uang sekitar Rp64 miliar kepada Lee Byung Hun jika tak ingin video perselingkuhan mereka disebar ke publik.

Tak ingin ambil pusing, Lee Byung Hun malah melaporkan Lee Ji Yeon ke polisi. Hasilnya? Lee Ji Yeon harus menjalani hukuman penjara selama 1 tahun 2 bulan. Sementara itu Lee Byung Hun tetap produktif membintangi beberapa judul film di serial seolah tidak terusik dengan masalah tersebut.

2. IU

Sempat Terjerat Skandal, 7 Artis Korea Ini Tetap Eksis dan BersinarDok. Internet

Pada tahun 2012, IU secara tak sengaja mengunggah fotonya yang sedang menggunakan pakaian tidur. Yang membuat foto ini heboh adalah di samping IU terdapat Eunhyuk yang bertelanjang dada.

IU yang selama ini menampilkan citra sosok feminin dengan etika yang baik itu kemudian menjadi bulan-bulanan warganet. Bahkan, tak sedikit pula yang beranggapan bahwa saat itu IU tengah hamil. 

Meskipun dari IU maupun Eunhyuk sama-sama tidak pernah memberikan keterangan resmi tentang hal ini, namun IU pernah membantah tuduhan-tuduhan tersebut. Dalam sebuah wawancara, IU mengatakan tidak sengaja mengunggah foto tersebut ke media sosial. Serta, ia juga membantah bahwa dirinya pernah hamil.

Namun, masalah tersebut seolah menghilang begitu saja. Satu tahun setelahnya, Eunhyuk tetap tampil bersama Super Junior-M di sebuah konser dan bahkan merilis mini album. Sementara IU, juga tetap berkarya seperti biasa.

3. Song Seung Heon

Sempat Terjerat Skandal, 7 Artis Korea Ini Tetap Eksis dan BersinarDok. Internet

Pada tahun 2004, aktor Song Seung Heon sempat terlibat skandal lantaran mangkir dari wajib militer. Aktor kelahiran 5 Oktober 1976 itu terbukti memalsukan urinnya agar terdeteksi memiliki penyakit tertentu. Sehingga, hal ini bisa menjadi alasan untuk mangkir dari kewajibannya sebagai warga negara.

Setelah skandal ini terungkap, di tahun 2006, Song Seung Heon langsung menjalani wajib militer. Ia pun comeback empat tahun kemudian, yakni di tahun 2010 lewat film Ghost: Mouichido Dakishimetai dan A Better Tomorrow.

4. Song Hye Kyo

Sempat Terjerat Skandal, 7 Artis Korea Ini Tetap Eksis dan BersinarDok. Internet

Pada tahun 2012 lalu, Song Hye Kyo juga sempat terjerat skandal penggelapan pajak. Pemeran utama Descendants of the Sun ini terbukti tidak membayar pajak selama tiga tahun. 

Di tahun 2014, Song Hye Kyo mengakui semua itu dan bersedia membayar denda hingga 95% dan 88%. Jika ditotal, maka pembayaran pajak Song Hye Kyo beserta dendanya mencapai 700 Juta Won (setara Rp8 miliar).

Namun, skandal ini rupanya tidak menghentikan karier Song Hye Kyo. Di tahun 2013 saja masih ada satu serialnya yang tayang, yakni That Winter, the Wind Blow.

5. G-Dragon

Sempat Terjerat Skandal, 7 Artis Korea Ini Tetap Eksis dan BersinarSCMP.com

Pada tahun 2011, G-Dragon terbukti mengonsumsi psikotropika jenis ganja. Hal ini diketahui dari tes urin. Saat itu, G-Dragon tidak ditahan dengan alasan masih berstatus mahasiswa dan ada unsur ketidaksengajaan.

Melansir dari berbagai sumber, G-Dragon mengaku saat di Jepang, ia ditawari rokok oleh seseorang yang baru ditemuinya di sebuah bar. Tanpa ia sadari, rokok tersebut adalah ganja yang sampai membuatnya mabuk.

Skandal G-Dragon tak berhenti sampai di situ. Warganet juga menuduhnya sengaja melakukan gerakan dance yang kurang pantas bersama dengan penari latarnya di sebuah pertunjukan.

Namun, sepertinya masalah tersebut berlalu begitu saja dan hingga saat ini G-Dragon tetap eksis dan kariernya kian cemerlang.

6. Irene Red Velvet

Sempat Terjerat Skandal, 7 Artis Korea Ini Tetap Eksis dan BersinarDok. Internet

Di bulan Oktober 2020 lalu, Irene Red Velvet sempat tersandung masalah pelecehan seksual. Ia diduga melecehkan seorang fashion stylist yang telah memiliki pengalaman selama 15 tahun.

Tak lama setelah berita ini mencuat, Irene mengakuinya dan meminta maaf atas apa yang pernah dilakukannya. Warganet yang kecewa bahkan sempat meminta Irene untuk keluar dari girl group tersebut.

Karena masalah ini, Irene memutuskan untuk hiatus. Beberapa bulan setelahnya, ia kembali aktif di dunia hiburan.

7. Jay Park

Sempat Terjerat Skandal, 7 Artis Korea Ini Tetap Eksis dan BersinarYouTube.com

Jay Park memang dikenal sebagai selebritas yang penuh kontroversi. Di bulan Mei 2021, Jay Park sempat membuat gempar warganet lewat lirik lagu barunya yang menyamakan dirinya dengan Tuhan. Meski sudah meminta maaf, tentu hal ini membuat warganet berang dan sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial selama beberapa hari.

Hal tersebut bukanlah kali pertama Jay Park tersandung skandal. Di tahun 2005, Jay Park sempat menghina Korea Selatan dan menyatakan ingin kembali ke Amerika Serikat.

Memang, Jay Park tak sekadar berbicara. Tak lama setelah kontroversi tersebut, ia pindah ke Seattle, Amerika Serikat dan berhasil mendirikan dua label rekaman di sana.

Pada tahun 2019, Jay Park kembali tersandung kasus cultural appropriation. Sebab, salah satu artisnya, yakni rapper Avatar Darko yang berkulit putih, terlihat mengubah gaya rambutnya menjadi gimbal. Jay Park terkena imbasnya karena ia menyetujui gaya rambut tersebut.

Kini, Jay Park masih terus membuat lagu meski beberapa karyanya kerap mengundang kontroversi.

Itulah tadi daftar artis Korea yang tetap eksis dan sukses meski sempat tersandung skandal. Ada lagi daftar artis yang kamu tahu? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Kim Seon Ho Akui Rumor Aborsi, Film & Acara Ini Melepas Kontraknya

Baca Juga: Selain Kim Seon-ho, Ini Cast '2D 1N' yang Mundur Akibat Skandal

Baca Juga: Rentetan Imbas yang Diterima Kim Seon Ho Akibat Skandal "Aktor K"