Setelah sukses menghadirkan M Bloc Space bersama Peruri di Blok M, Jakarta Selatan, M Bloc Group (PT Radar Ruang Riang) akan meluncurkan proyek creative placemaking, kolaborasi terbarunya bersama PT Pos Properti Indonesia yang bernama Pos Bloc Jakarta di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Konsep ruang kreatif publik kali ini akan sangat berbeda dengan sebelumnya. Pos Bloc Jakarta akan mengaktivasi kembali bekas gedung Kantor Pos Pasar Baru/Gedung Filateli Jakarta yang menurut Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No.475/1993 merupakan sebuah Bangunan Cagar Budaya kelas A di Jakarta.

Untuk meramaikan ruang publik itu nantinya, saat ini Pos Bloc sedang mencari tenant yang cocok melalui acara Pos Bloc Jakarta Tenant Hunt. Penasaran bagaimana caranya? Simak berikut ini, yuk!

Dibuka untuk umum pada 17 Agustus 2021 mendatang

Pos Bloc Tenant Hunt, Hidupkan Kembali Kantor Gedung Filateli JakartaDok. Pos Bloc

Sebelum dibuka untuk umum pada 17 Agustus 2021 mendatang, Pos Bloc Jakarta selama hampir sebulan ke depan akan menggelar ajang Pos Bloc Jakarta Tenant Hunt yang berperan menjaring para WNI, wirausahawan, pelaku ekonomi kreatif, UKM/UMKM dengan prospek bisnis terbaik masing-masing untuk menjadi bagian dari gerakan kultural-ekonomi di Pos Bloc Jakarta nantinya.

Tujuan utama dari Pos Bloc Jakarta Tenant Hunt di antaranya mendukung usaha lokal, mengembangkan bisnis UKM secara terukur, memperkuat penyangga ekonomi lokal, serta mengembangkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan.

“Pos Bloc memiliki visi dan misi menjadi destinasi cagar budaya yang inklusif, nyaman, dan elegan. Kami bakal aktif berkolaborasi sekaligus bersinergi dengan berbagai komunitas dan pemangku kepentingan di industri kreatif dalam berbagai program acara seni, budaya, dan hiburan. Diharapkan berbagai aktivitas ini nantinya akan memiliki dampak sosial serta ekonomi bagi lingkungan sekitar,” kata Wendi Putranto selaku Co-founder sekaligus Program Director M Bloc Group, dalam virtual press conference, yang diselenggarakan pada Jumat, 7 Mei 2021.

Pos Bloc mengalokasikan 2.500 meter persegi untuk 10 tenant bisnis

Pos Bloc Tenant Hunt, Hidupkan Kembali Kantor Gedung Filateli JakartaDok. Pos Bloc

Pada pembukaan Fase Pertamanya yang bakal seluas 2.500 meter persegi, manajemen Pos Bloc Jakarta telah mengalokasikan 10 unit tenant berkategori F&B dan Non-F&B untuk
diikutsertakan pada ajang Tenant Hunt ini.

Kategori F&B terdiri dari cafe, restoran, wine & spirit, bistro hingga kedai kopi. Sementara Non-F&B di antaranya tenant buku, hobi, game, musik, seni, fashion dan gaya hidup, kriya, cinderamata, kesehatan dan kecantikan, hingga aktivitas luar ruang.

DNA bisnis dari Pos Bloc Jakarta nanti bakal serupa dengan M Bloc Space, di antaranya mendukung usaha dan jenama lokal (local brands), penerapan sistem bagi hasil (revenue
sharing), dan melakukan transaksi non-tunai (cashless).

Berminat membuka gerai di Pos Bloc? Ini syarat dan ketentuannya

Pos Bloc Tenant Hunt, Hidupkan Kembali Kantor Gedung Filateli JakartaDok. Pos Bloc

Proses pendaftaran Pos Bloc Jakarta Tenant Hunt telah dibuka mulai 7 Mei 2021, hingga 29 Mei 2021 mendatang. Para calon tenant yang tertarik untuk bergabung diwajibkan untuk mengirimkan proposal bisnis mereka melalui alamat surel pbjtenanthunt@gmail.com dan tanpa dikenakan biaya apapun.

Isi proposal bisnis para calon tenant wajib menyertakan di dalamnya deskripsi usaha, produk dan layanan, menu dan harga, profil perusahaan, profil pemilik usaha, kontak, rencana pemasaran, konsep desain interior, rencana keuangan dan target penjualan lima tahun, foto/video dokumentasi bisnis hingga rencana legalitas usaha.

Selanjutnya setelah mengirimkan proposal bisnis, pasca 29 Mei 2021 Tim Kurator Tenant Pos Bloc Jakarta akan mulai bekerja melakukan proses seleksi sekaligus kurasi atas seluruh proposal bisnis yang masuk dari para calon tenant. Akan ada dua tahap seleksi nantinya. Jika calon tenant dinyatakan lolos seleksi di Tahap Pertama, maka pada saat seleksi di Tahap Kedua para finalis calon tenant akan diminta melakukan presentasi proposal bisnis mereka masing-masing di hadapan Tim Kurator Tenant, baik melalui daring maupun tatap muka secara langsung.

Proses penentuan tenant terpilih nantinya akan dilakukan secara demokratis melalui mekanisme persidangan Tim Kurator Tenant Hunt yang berdasarkan pada penilaian masing-masing atas proposal bisnis yang telah dipelajari. Tim Kurator Pos Bloc Jakarta Tenant Hunt di antaranya terdiri dari Handoko Hendroyono, Jimmy Saputro, Jacob Gatot Sura, Mario Sugianto, Wendi Putranto, Ardy Siji, Lance Mengong hingga Lila Adinugroho.

Pengumuman 10 tenant terpilih dari program Tenant Hunt ini rencananya akan dilakukan
secara terbuka via jejaring media sosial Pos Bloc Jakarta pada hari Senin, 7 Juni 2021 pukul 17:00 WIB.

Melihat kesuksesan M Bloc, Pos Bloc cukup menjanjikan dan bisa menjadi lokasi yang tepat untuk mengembangkan bisnis kamu. Tertarik ikutan?

Baca Juga: M Bloc 'Hidup' Lagi dengan M Bloc Market, Ini Produk Asyik yang Dijual

Baca Juga: Dukung Industri Makanan, Foodizz Luncurkan Sekolah Bisnis Kuliner

Baca Juga: Tanaman Hias Makin Hits, Simak 5 Langkah & Tips untuk Mulai Bisnisnya