Kabar duka datang dari penulis novel populer Lupus, Hilman Hariwijaya. Ia meninggal dunia pada hari ini, Rabu, 9 Maret 2022. Kabar ini pertama kali diunggah oleh produser Agung Saputra melalui Instagram Story di akun pribadinya pada 9 Maret 2022, pukul 9.30 WIB.

Penulis 'Lupus', Hilman Hariwijaya Meninggal DuniaInstagram.com/Agungsaputrabm

Dalam unggahannya, Agung tidak menyebutkan apa penyebab meninggalnya Hilman. Namun, berdasarkan informasi yang ada di akun Instagram Hilman, penulis kelahiran 25 Agustus 1964 itu memang sedang mengidap penyakit selama satu tahun terakhir. 

Dalam dua unggahan terakhirnya di Instagram, Hilman terlihat terbaring di atas tempat tidur ditemani oleh istri dan anaknya. Bahkan, ia juga sempat berfoto dengan karakter Spider-Man saat film ini rilis pada Desember 2021 lalu.

Penulis 'Lupus', Hilman Hariwijaya Meninggal DuniaInstagram.com/Thehilmanhariwijaya

Hilman Hariwijaya dikenal sebagai pencipta karakter Lupus. Karakter ini muncul pertama kali dalam cerita pendek Lupus yang terbit di majalan Hai. Pada tahun 1986, cerita pendek ini dibukukan dan sampai saat ini sudah ada lebih dari 50 judul novel Lupus yang ditulis oleh Hilman.

Selain disibukan dengan Lupus, beberapa tahun terakhir ini Hilman juga terlibat dalam produksi serial di Indonesia. Di antaranya, yakni Cinta Fitri Season 2 dan Cinta Fitri Season 3, serta yang terakhir ia juga terlibat dalam produksi Love Story the Series sebagai penulis skenario.

Penulis 'Lupus', Hilman Hariwijaya Meninggal Dunia

Saking larisnya novel ini, Lupus sudah diangkat ke dalam bentuk film dan sinetron. Setidaknya ada enam judul film yang diangkat dari novel Lupus, beberapa di antaranya yakni Lupus I: Tangkaplah Daku Kau Kujitak (1987), Lupus II: Makhluk Manis Dalam Bis (1987), yang menaikkan pamor bintang utamanya, Ryan Hidayat (1970 - 1997). Film yang terakhir, Bangun Lagi Dong Lupus (2013), yang diperankan oleh Miqdad Addausy.

Penulis 'Lupus', Hilman Hariwijaya Meninggal Duniabrilio.net

Lupus, Olga, Boim, Lulu, Fifi Alone, Poppy, Radio Gaga. Terima kasih Hilman, telah membuat masa kecil kami berwarna dengan dunia Lupus. 

Baca Juga: Meninggal Dunia, Begini Gaya Ikonik Dorce Gamalama Sepanjang Masa

Baca Juga: Kabar Duka, Putri Politisi Nurul Arifin Meninggal Dunia

Baca Juga: Meninggal Dunia, 7 Serial & Film Bob Saget yang Seru untuk Ditonton