Kasus perundungan atau bullying sepertinya terus menimpa grup idol Kpop. Kini giliran grup girlband APRIL yang diterpa rumor tersebut. Akhir pekan lalu, sebuah akun yang mengaku sebagai adik laki-laki dari Hyunjoo, membeberkan fakta bahwa kakaknya keluar dari grup tersebut pada tahun 2016 lalu bukan untuk mengejar karier sebagai aktris. Hyunjoo keluar karena mendapatkan perlakuan perundungan dari member lainnya.

Bagaimana rumor tersebut bisa beredar? Berikut penjelasannya.

Sebuah akun Twitter mengaku sebagai adik laki-laki Hyunjoo

Minggu, 28 Februari 2021, sebuah akun Twitter dengan nama @Yno6J membuat gaduh publik. Ia mengaku sebagai adik laki-laki dari Hyunjoo, mantan member APRIL. Menggunakan bahasa Korea, akun tersebut mengungkapkan bagaimana sang kakak mendapat perlakukan bullying yang berujung pada keluarnya Hyunjoo dari grup yang sudah membesarkan namanya tersebut. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, pernyataan tersebut berbunyi sebagai berikut.

"Halo, saya adik laki-laki dari mantan member grup APRIL, Hyunjoo. Saya ingin mengungkapkan ini selama bertahun-tahun yang lalu. Namun, saya tetap menyimpannya sendiri demi masa depan Hyunjoo. Kali ini, saya pikir, sudah waktunya bagi saya untuk mengungkapkan yang sebenarnya."

"Hyunjoo memutuskan keluar dari grup itu untuk mengejar karier sebagai aktris adalah tidak benar. Selama bergabung dengan APRIL, ia dikucilkan dan diintimidasi yang membuatnya mengalami masalah kecemasan dan pernapasan yang membuatnya sangat menderita. Hyunjoo bahkan pernah mencoba bunuh diri. Jika memikirkan hal itu, hati orangtua dan saya masih terasa sangat sakit."

"Hyunjoo meninggalkan grup karena sebelumnya pihak agensi mengirimkannya surat yang memintanya untuk mengundurkan diri dengan alasan ingin serius mendalami dunia akting. Hyunjoo mengikutinya dan keluar dari grup. Ketika ia menulis surat itu, ia malah menerima banyak komentar pedas. Anggota grup lainnya dan penggemarnya bahkan menyebut Hyunjoo mengkhianati grup demi keuntungan pribadi."

"Sampai saat ini, Hyunjoo tidak pernah mendapat permintaan maaf dari anggota grup lainnya. Bahkan, mereka berpura-pura tidak melakukan kesalahan apa pun. Saya tak bisa membayangkan bagaimana perasaan Hyunjoo saat ini. Saya tidak ingin melihat grup itu ada di televisi lagi. Sebab, saya tak ingin melihat Hyunjoo menderita lagi."

Memperkuat pengakuannya itu, akun tersebut juga mengunggah dokumen keluarga yang mencantumkan nama dirinya dan Hyunjoo ke Twitter.

Akun Twitter lain muncul untuk membela Hyunjoo

Setelah akun Twitter yang mengaku sebagai adik laki-laki Hyunjoo ramai dibahas, akun lainnya yang mengaku sebagai teman Hyunjoo muncul dan memperkuat pengakuan adik laki-laki Hyunjoo itu. Dalam unggahannya, akun tersebut menjelaskan lebih rinci apa yang telah dilakukan oleh para member kepada Hyunjoo.

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, pengakuan tersebut dapat kamu lihat sebagai berikut.

"Halo, saya adalah teman Hyunjoo dari SMA dan kami masih menjalin hubungan baik sampai saat ini. Saya menulis ini untuk mengklarifikasi bahwa semua anggota APRIL sudah melakukan perundungan kepada Hyunjoo kecuali Chaekyung dan Rachel (karena mereka bergabung setelah Hyunjoo keluar). Saya akan menuliskan beberapa hal yang pernah saya dengar soal kasus perundungan itu.

1. Somin sangat membenci Hyunjoo dan sering menggertaknya.

2. Chaewon mengadu domba Hyunjoo dengan Somin dengan mengatakan hal-hal buruk. Chaewon melakukan ini demi bisa berteman dengan Somin.

3. Hyunjoo menemukan gelas pemberian neneknya di lemari es. Diketahui, gelas tersebut sengaja digunakan oleh Naeun yang memasukan chungookjang dan mendiamkannya di kulkas selama berbulan-bulan tanpa dicuci.

4. Naeun mengambil sepatu sneakers milik Hyunjoo dan mengklaim itu miliknya. Saat Hyunjoo membuktikan bahwa itu sepatunya lewat nama yang tertulis di sepatu tersebut, Naeun sama sekali tidak minta maaf.

5. Anggota APRIL lainnya mengatakan hal-hal kasar sebelum rekaman dimulai.

6. Yena dan Jinsol beberapa kali membuat Hyunjoo tersandung dan menginjak kakinya.

7. Chaewon memiliki hubungan spesial dengan manajer grup. Hal ini membuat sang manajer tutup mata dengan apa yang terjadi.

8. Saat Hyunjoo dilaporkan mencoba bunuh diri, ibu Hyunjoo datang ke kantor agensi mereka untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Namun, anggota APRIL lainnya malah mengabaikan ibu Hyunjoo dan tertawa satu sama lain."

Pihak agensi masih mencari tahu kebenaran cuitan tersebut

Kabar Bullying Mencuat, Benarkah Hyunjoo Keluar karena Perundungan?allkpop.com

Dua cuitan tersebut hingga kini masih ramai di media sosial. Menanggapi hal tersebut, DSP Media, agensi yang menaungi APRIL masih mencari tahu kebenaran cuitan itu. Melansir Allkpop.com, DSP Media berjanji akan mengklarifikasi dan menyelesaikan apa yang sebenarnya terjadi pada grup asuhannya tersebut.

Menurutmu bagaimana, Bela? Apakah benar Hyunjoo keluar karena mendapat perlakukan perundungan? Tulis di kolom komentar, ya.

Baca Juga: Mingyu Seventeen Diduga Terlibat Kasus Bullying, Ini Pengakuan Korban

Baca Juga: Gaya Park Hye Soo, Artis Korea yang Dikabarkan Jadi Pelaku Bullying

Baca Juga: Drakor 'Dear.M' Tunda Tayang, Buntut Skandal Bullying Park Hye Soo