Untuk kamu yang saat ini sudah berada di kelas 3 SMA, Maret-April menjadi penentuanmu Bela. Soalnya di bulan-bulan tersebut kamu akan fokus berkutat dengan banyak ujian. Mulai dari ujian nasional, hingga ujian seleksi masuk perguruan tinggi.

Ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri setelah lulus SMA? Nggak sulit kok, Bela. Bahkan kamu bisa mendapatkan beasiswa untuk meringankan biaya orangtuamu.

Berminat mendapatkan beasiswa di luar negeri? Presenter salah satu stasiun televisi swasta, Marissa Anita membagikan tipsnya supaya kamu lolos mendapatkan beasiswa.

Ini Tips dari Marissa Anita untuk Kamu yang Ingin Mengejar BeasiswaInstagram.com/Marissanitaofficial

Ditemui oleh Popbela.com di Le Meridien Hotel Jakarta, Marissa dengan semangat membagikan tipsnya supaya kita dapat lolos mendapatkan beasiswa. Lulusan Loughborough University, Inggris ini merupakan salah satu peraih peraih beasiswa Chevening, yakni beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Inggris.

"Jadi tips yang pertama untuk mendapatkan beasiswa itu adalah niatnya. Kita kuliah keluar negeri niatnya untuk apa, belajar atau jalan-jalan." ujar Marissa.

Ini Tips dari Marissa Anita untuk Kamu yang Ingin Mengejar BeasiswaInstagram.com/Marissanitaofficial

Menurut Marissa, jika niat kita untuk keluar negeri adalah jalan-jalan, nantinya esai yang kita tulis jadi nggak jelas karena belum tahu mau melakukan apa. Perlu diketahui, esai biasanya menjadi salah satu tahapan seleksi saat mengajukan beasiswa.

"Pengalaman aku dulu, ketika mendaftar beasiswa Chevening ini, ada 4 pertanyaan yang harus dijawab. Pertanyaannya ada tentang kepemimpinan, networking, alasan mengapa memilih meneruskan kuliah di Inggris dan mengapa universitas yang dipilih adalah yang itu, dan terakhir adalah rencana karier yang akan kita lakukan setelah pulang lagi ke Indonesia."

"Semua pertanyaan itu," lanjut Marissa, "harus dijawab. Nah ketika ada seseorang yang mau mendaftar dengan alasan, aku mau mendaftar, mau belajar karena ini, pasti apa yang dia tulis akan clear. Aku mau belajar karena ini dan aku mau merencanakan ini. Otomatis ketika akan menulis pernyataan tersebut akan jelas. Jadi orang yang baca juga akan teryakini, oh iya orang ini memang serius."

Ini Tips dari Marissa Anita untuk Kamu yang Ingin Mengejar BeasiswaInstagram.com/Marissanitaofficial

Ketika esai yang kita tulis sudah sangat jelas dan bagus, maka kemungkinan kita akan diterima juga menjadi lebih besar, Bela. Jadi, jika kita ingin kuliah di luar negeri dan mendapatkan beasiswa, coba introspeksi dan pikirkan lagi. Apakah tujuannya benar untuk belajar atau jalan-jalan.

Bagaimana Bela, berniat melanjutkan pendidikan di luar negeri?

BACA JUGA: Ini 3 alasan Mengapa Inggris Menjadi Salah Satu Tujuan Terbaik untuk Kuliah