FORTUNE Indonesia Summit 2022 yang digelar oleh FORTUNE Indonesia resmi diselenggarakan selama dua hari ke depan mulai dari tanggal 18 hingga 19 Mei 2022 mendatang. FORTUNE Indonesia Summit akan menjadi platform yang melibatkan multi-stakeholder serta business person paling berpengaruh di Indonesia.

FORTUNE Indonesia Summit 2022 mengangkat tiga tema besar yang dinilai dapat memberikan insight penting bagi ekosistem bisnis di Indonesia, yaitu impact, sustainability, dan growth. Topik yang diangkat pun sangat beragam, mulai dari market, business, finance, tech, leadership, hingga sustainability. Seluruhnya dirangkum dalam belasan sesi talkshow serta puluhan pembicara inspiratif.

Di hari pertama, FORTUNE Indonesia Summit 2022 dibuka oleh dua menteri Indonesia, yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, serta CEO IDN Media Winston Utomo.

Winston Utomo: "Bisnis harus memberikan dampak."

FORTUNE Indonesia Summit 2022 Resmi Dibuka oleh Dua Menteri IndonesiaDok. IDN Media

CEO IDN Media Winston Utomo membuka gelaran FORTUNE Indonesia Summit 2022 di The Westin Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (18/5). Acara perdana FOERTUNE Indonesia ini mengusung tiga tema besar yang dapat memberikan insight bagi industri dan bisnis di Indonesia, yakni impact, sustain dan growth.

Winston mengatakan, tiga tema utama itu diangkat lantaran ia percaya bahwa bisnis bukan hanya soal pendapatan (profit), pertumbuhan (growth), konsumen (user), atau keuntungan (revenue) semata, melainkan juga harus memiliki dampak dan punya prinsip berkelanjutan.

"Fortune Indonesia Summit kami adakan sebagai bentuk dari bukti nyata dan konkret untuk mengajak decision maker, business executive dan semua yang hadir di sini untuk bergabung, berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik," ujarnya dalam Opening Session, FORTUNE Indonesia Summit 2022, Rabu (18/5).

Dalam hal sustainability, menurut Winston, sebuah bisnis yang berhasil harus memikirkan long term value creation dengan membagi tugas, kepentingan dan kebutuhan semua stakeholder bukan hanya shareholders.

"Mengambil konsep stakeholder capitalism, people/manusia dan planet adalah inti dari sebuah bisnis. Jika planet tidak sehat, apa pun yang kita capai tidak akan dapat dinikmati apalagi oleh generasi penerus kita," jelasnya.

"Kedua adalah manusia. Termasuk organisasi, customer, supplier, farmers, dan masyarakat secara keseluruhan. Kita harus memikirkan dan menjadikan people sebagai bagian penting dan terdepan dari apa pun yang kita lakukan," katanya.

Winston berharap tema utama yang diangkat dalam Fortune Summit 18-19 Mei ini tak hanya menjadi ajang diskusi terbuka melainkan juga dapat menjadi wujud dan aksi nyata, atau dapat direalisasikan.

Sandiaga Uno: "Pariwisata tulang punggung ekonomi dan beragam potensi."

FORTUNE Indonesia Summit 2022 Resmi Dibuka oleh Dua Menteri IndonesiaDok. IDN Media

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan sejumlah pencapaian sektor pariwisata dan ekonomi kreatif termasuk potensinya yang masih besar.

Menurut Sandiaga, ekonomi kreatif perlahan menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Sektor usaha ini memiliki peluang untuk tumbuh dengan lebih baik lagi ke depan.

"Karena sektor inilah yang terbukti bertahan dalam menghadapi segala dinamika, termasuk pandemi COVID-19," kata Sandiaga dalam sambutannya di acara dimaksud.

Mengutip data kajian strategis Kemenparekraf, Sandiaga mengatakan, ekonomi kreatif menyumbang sekitar Rp1.273 triliun terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia tahun lalu.

Dia pun optimistis dengan peluang serta keunggulan sektor usaha ini yang akan menjadi penggerak perekonomian nasional kelak.

"Tentunya akan berkolaborasi dengan sektor lain," katanya.

Berdasarkan data dari laporan Rencana Strategis Deputi bidang Kebijakan Strategis Baparekraf 2020 sampai 2024, tahun lalu kontribusi sektor pariwisata terhadap PDB mencapai 4,2 persen. Sedangkan, pada 2024 mendatang, sumbangsih lapangan usaha ini ditaksir meningkat menjadi 4,5 persen terhadap PDB.

Sementara, nilai ekspor produk ekonomi kreatif tahun lalu mencapai US$17,45 miliar atau lebih dari Rp255 triliun. Angka ekspor tersebut juga diprediksi bakal melaju menjadi US$27,53 miliar atau setara Rp403 triliun.

Menteri Perdagangan ungkap neraca perdagangan Indonesia alami surplus selama 24 bulan

FORTUNE Indonesia Summit 2022 Resmi Dibuka oleh Dua Menteri IndonesiaDok. IDN Media

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan saat ini perekonomian dan perdagangan global masih mengalami ketidakpastian akibat dari krisis multidimensi. Sebab dari ketidakpastian tersebut, IMF pun merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi global menjadi 3,6 persen, atau turun 0,8 persen dari prediksi Januari lalu.

Pernyataan Mendag ini disampaikan dalam FORTUNE Indonesia Summit 2022 yang digelar di The Westin Jakarta, Rabu (18/5). 

"Krisis pangan dan energi global yang sedang terjadi saat ini merupakan salah satu penyebab perlambatan pemulihan ekonomi. Inflasi di beberapa negara bahkan tumbuh tidak terkendali," katanya.

Kendati ekonomi global mengalami perlambatan pemulihan, Lutfi menyebut Indonesia patut bersyukur. Sebab, pada triwulan I-2022, ekonomi Indonesia berhasil tumbuh 5,01 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Kemudian, inflasi Indonesia pada Januari-April 2022 tercatat cukup terkendali sebesar 2,15 persen atau di bawah asumsi makro yang ditetapkan pada APBN tahun 2022.

Selain itu, Lutfi pun menyebut Indonesia mencatatkan neraca perdagangan yang sangat positif.  

"Kinerja neraca perdagangan Indonesia juga pada tren surplus berkelanjutan 24 bulan berturut-turut. Surplus pada Januari-April 2022 mencapai US$16,89 miliar yang ditopang oleh surplus ekspor non migas sebesar US$24,6 miliar," ujarnya.

Di tengah berbagai tantangan yang dihadapi saat ini, Lutfi menyebut Indonesia membutuhkan multistakeholder platform yang dapat mensinergikan seluruh potensi Indonesia ke depan.

"Oleh karena itu saya mengapresiasi penyelenggaraan Fortune Indonesia Summit 2022 yang mengangkat tema impact, sustainability, dan growth. Saya meyakini FORTUNE Indonesia dapat menjadi platform informasi yang akurat dan kredibel bagi dunia bisnis Indonesia," ujarnya.

Untuk kamu yang ketinggalan acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 hari pertama, tenang saja, Bela. Kamu masih bisa mengikutinya besok, 19 Mei 2022 secara offline. Jika kamu tidak bisa hadir secara langsung, kamu bisa mengikuti acara ini secara online melalui aplikasi IDN Media.

Baca Juga: Mengenal Gekrafs, Institusi Pendukung Pelaku Ekonomi Kreatif

Baca Juga: L’Oréal Paris & Stellar Women Dukung Perempuan untuk Memajukan Ekonomi

Baca Juga: IDN Media Akan Luncurkan FORTUNE® di Indonesia