Sudah tak asing lagi bahwa bulan Ramadan menjadi momentum besar bagi para pegiat bisnis untuk meraup banyak keuntungan sebelum Lebaran.

Pasalnya, menurut penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Brawijaya, menjelang akhir Ramadhan umumnya tren konsumsi akan terus bergerak mencapai puncak seiring dengan adanya tunjangan hari raya (THR) yang diterima hampir seluruh tenaga kerja.

Selain itu, menurunnya angka kasus COVID-19 juga berdampak pada projeksi konsumsi rumah tangga. Dikutip dari Danareka Research Institute (DRI), projeksi konsumsi rumah tangga pada kuartal I-2022 berpotensi tumbuh hingga 4,12% dan terus berlanjut ke kuartal II. Tingginya potensi ini disebabkan oleh perilaku konsumsi masyarakat selama Ramadan.

Fasilitasi Perempuan Berbisnis, Stellar Women Hadirkan Stellar MarketDok. Stellar Women

Menanggapi tingginya potensi tersebut, Stellar Women menghadirkan Stellar Market sebagai wadah bagi para perempuan untuk memasarkan bisnis mereka di bulan Ramadan 2022. Acara ini juga merupakan salah satu bentuk perwujudan visi Stellar Women sebagai komunitas yang mendukung para perempuan untuk mengembangkan bisnis dan memperluas koneksi untuk mendapat dukungan bisnis dari sesama pengusaha perempuan. 

Stellar Market dilaksanakan pada Jumat, 22 April 2022 sampai dengan Minggu, 24 April 2022 bertempat di Brizola Restaurant, Jakarta Selatan. Selama acara berlangsung, para tamu yang hadir bisa menikmati berbagai macam produk bisnis yang disajikan oleh member Stellar Women dengan harga terjangkau. Mulai dari produk fashion, kesehatan, kosmetik, baju muslim, mukena, hingga mainan anak yang menjadi pilihan hampers menarik untuk sahabat, kolega, dan keluarga saat lebaran.

Selaras dengan semangat Ramadan, Stellar Women menghadirkan sesi networking bagi para member-nya di Stellar Market dengan acara buka bersama yang dihadiri oleh para pengusaha perempuan. Diantaranya Putri Andamdewi (Co-Founder & Creative Director of Sare Studio), Amira Alaydroes (Co-Founder of The People of Asia), Amandha Brahmana (Founder of LARE), Lani Rahayu (GM Telkomsel), dan 19 pengusaha perempuan lainnya.

Fasilitasi Perempuan Berbisnis, Stellar Women Hadirkan Stellar MarketDok. Stellar Women

Tak hanya itu, Stellar Women juga bekerjasama dengan Brizola Restaurant untuk menyediakan kelas Training Digital Marketing yang dipandu oleh Meta Team dan juga kelas kecantikan yang dipandu oleh Ellery sebagai brand kosmetik yang mendukung terlaksananya acara Stellar Market. Para tamu berkesempatan mendapatkan training digital marketing selama 2 hari dan mengikuti live demo makeup look for night dan makeup look for day yang dipandu oleh Ellery.

Hadirnya Stellar Market merupakan bentuk upaya Stellar Women untuk mendukung perempuan Indonesia mengembangkan bisnis mereka sekaligus mendapat pembekalan ilmu bisnis untuk memperkuat mereka menjadi bagian dari roda ekonomi Indonesia. Selaras dengan misi tersebut, acara Stellar Market juga menandai rilisnya program belajar Stellar Women Academy yang didesain khusus oleh Stellar Women untuk memfasilitasi para pengusaha perempuan di Indonesia dalam mengakses pengetahuan bisnis sebanyak-banyaknya.

Dalam program belajar ini Stellar Women menghadirkan materi belajar seputar bisnis dan pekerjaan yang didesain khusus sesuai kebutuhan industri saat ini. Setiap materi yang disajikan dilengkapi dengan video pembelajaran, kuis dan tugas mandiri, serta buku saku materi yang bisa diunduh oleh para pelajar.

Fasilitasi Perempuan Berbisnis, Stellar Women Hadirkan Stellar MarketDok. Stellar Women

Hal menarik yang menjadikan program ini lebih unggul dibanding yang lain adalah, Stellar Women Academy merupakan program belajar yang bisa diakses selama 1 tahun penuh oleh pelajar. Dengan masa aktif yang lebih panjang ini, harapannya banyak perempuan Indonesia yang bisa mengakses pengetahuan dengan mudah kapan pun dan dimana pun mereka mau.

Berikut materi yang bisa diakses pelajar dalam program edukasi Stellar Women Academy:

  • Mastering Sales Negotiation dipandu oleh Aliya Amitra (Co-Founder Tinkerlust & Stellar Women)
  • Pricing Strategy dipandu oleh Debora Gondokusumo (CEO of Herbilogy and Co-Founder of Stellar Women)
  • Investment Readiness dipandu oleh Dinda Hervi (Venture Partner at Moonshot Ventures - Indonesia Women Empowerment Fund)
  • Lessons Learned of Leadership dipandu oleh Elisabeth Kurniawan (Founder Snugg)
  • Strategizing Content Using Editorial Plan dipandu oleh Judithya Pitana (Editor-In-Chief of Popbela)
  • Starting Modest Fashion Line dipandu oleh Hanna Faridl (Founder of Modestalk)
  • F&B Business Operation dipandu oleh Sylvia Surya (Co-Founder of Kopi Soe & Menantea)
  • Side Hustle Success dipandu oleh Puty Puar (Illustrator, Content Creator, Book Author & Founder of 'Buibu Baca Buku')
  • Step-by-Step Product Development dipandu oleh dr Sari Chairunnisa (Vice President of Research & Development at Paragon Technology And Innovation).
Fasilitasi Perempuan Berbisnis, Stellar Women Hadirkan Stellar MarketDok. Stellar Women

Bagi kamu yang ingin mendapat pengetahuan bisnis dan memperluas koneksi dengan pengusaha perempuan lainnya, kamu bisa daftar menjadi member Stellar Women dan pilih program member sesuai kebutuhanmu. Ada banyak kelas bisnis Stellar Women yang bisa kamu pelajari dan puluhan networking events yang bisa kamu hadiri untuk memperluas koneksi bisnismu!

Siap mengembangkan bisnismu, Bela?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bisnis Franchise 2022, Yuk Cari Cuan!

Baca Juga: Mau Jalani Bisnis? Ini Tips Membuat Business Plan Bagi Pemula

Baca Juga: Agar Tidak Gulung Tikar, Simak 7 Tips untuk Memulai Bisnis Rumahan