Salah satu proses mendapatkan pekerjaan impian adalah wawancara. Melalui proses ini, kamu harus mempromosikan semua kelebihan dirimu secara maksimal untuk menarik perhatian rekruiter, sehingga mereka memilihmu untuk menjadi karyawan di perusahaan mereka. 

Namun, di masa pandemi ini, ada perubahan yang cukup signifikan dari proses rekrutmen, nih, Bela. Karena masih banyak perusahaan melakukan work from home atau WFH, maka proses wawancara pun juga dilakukan dari rumah melalui aplikasi Zoom. 

Di sesi eksklusif Festival Pulih by Popbela bersama Instaperfect, Group Head of Marketing Paragon Technology and Innovation, Clarissa Gunawan atau yang akrab disapa Sasa membagikan tips wawancara di masa pandemi ini. Apa saja tipsnya? Simak berikut ini.

Pilih koneksi dan lokasi yang kondusif

Bisa Dapat Pekerjaan Impian, Ini Tips Wawancara Kerja di Masa PandemiInstagram.com/Clarissa.gunawan

Saat akan melakukan wawancara secara virtual, menurut Sasa, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah lokasi dan koneksi yang kondusif. Pilih lokasi yang tenang dan tidak berisik. Jangan memilih kafe sebagai lokasi wawancara virtual. Sebab, kamu tidak bisa mengontrol situasi dan kebisingannya. Pilih ruangan yang rapi dengan background yang tidak terlalu ramai.

Selain itu, koneksi yang kondusif juga penting, nih, Bela. Usahakan untuk selalu membuka kamera Zoom saat wawancara virtual. Alasannya, agar rekruiter melihatmu sebagai sosok yang profesional. Oleh karena itu, pastikan kembali koneksi internetmu sebelum memulai wawancara virtual, ya!

Atur posisi kamera dengan angle terbaik

Bisa Dapat Pekerjaan Impian, Ini Tips Wawancara Kerja di Masa PandemiInstagram.com/Pejuangpulih

Tips selanjutnya adalah posisikan kamera dengan angle sebaik mungkin sebelum memulai wawancara virtual. Jangan terlalu jauh, atau terlalu dekat dengan kamera agar rekruiter juga merasa nyaman saat wawancara denganmu. Perhatikan pula suaramu dan disarankan menggunakan headset agar suara terdengar lebih jernih.

Perhatikan penampilan saat akan wawancara virtual

Bisa Dapat Pekerjaan Impian, Ini Tips Wawancara Kerja di Masa PandemiDok. Popbela

Terakhir, pastikan kamu terlihat fresh saat wawancara virtual. Gunakan riasan yang tidak berlebihan, namun tetap membuatmu terlihat segar dan profesional. Misalnya, pilih warna lipstik natural agar kamu tidak terlihat pucat.

Selain itu, perhatikan pula pencahayaan yang baik. Gunakan ring light jika memilikinya atau pilih lokasi yang dekat dengan jendela untuk menggunakan cahaya alami.

Itu tadi tips wawancara virtual yang bisa kamu lakukan di tengah pandemi ini. Semoga hal ini dapat membuatmu mendapatkan pekerjaan impianmu, ya!

Baca Juga: 4 Produk InstaPerfect Ini Cocok untuk Kamu yang Akan Wawancara Kerja!

Baca Juga: 10 Pertanyaan Menjebak Saat Wawancara Kerja dan Cara Tepat Menjawabnya

Baca Juga: Ditanya Soal Ekspektasi Gaji Saat Wawancara Kerja? Ini Cara Jawabnya!