Resmi ditahan oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus suap RAPBD dan dugaan gratifikasi, membuat Zumi Zola harus merasakan dinginnya lantai penjara. Masalah seolah tak berhenti sampai di situ. Sang istri, Sherrin Tharia menceraikan Zumi dan kini Zumi yang terkena diabetes yang mulai mengganggu penglihatannya.

Bagaimana kondisi Zumi Zola saat dibui hingga saat ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Saat dibui, Zumi sulit melihat akibat diabetes yang dideritanya

Begini Kondisi Terkini Zumi Zola Saat Dibui Karena Kasus Suap RAPBDkompas.com

Merangkum dari berbagai sumber, Zumi telah mengidap diabetes sejak tahun 2007. Namun, kondisinya memburuk saat ia mulai masuk dan menjalani hukuman di rutan KPK.

Menurut pengacaranya, Muhammad Farizi, kondisi Zumi memang cenderung stabil, berat badannya juga naik, namun penglihatannya terganggu akibat penyakit diabetes tersebut. Zumi pun mengajukan jadwal berobat secara rutin ke dokter spesialis untuk mengatasi penyakitnya ini.

Zumi ditahan sejak April 2018 karena kasus suap

Begini Kondisi Terkini Zumi Zola Saat Dibui Karena Kasus Suap RAPBDInstagram.com/zumizola.official

Tahun 2018 Zumi ditangkap oleh KPK karena kasus suap RAPBD Provinsi Jambi dan dugaan gratifikasi untuk sejumlah proyek di Jambi sebesar Rp44 miliar. Karena perbuatannya, Zumi disangkakan pasal 12 huruf B Undang undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Zumi menerima hukuman penjara dengan masa kurungan selama enam tahun. Aktor yang pernah bermain dalam film Merah Putih itu telah ditahan oleh KPK di Rutan C1 KPK Jakarta sejak 9 April 2018.

Dinonaktifkan sebagai Gubernur Jambi dan dipecat dari partai

Begini Kondisi Terkini Zumi Zola Saat Dibui Karena Kasus Suap RAPBDInstagram.com/zumizola.official

Setelah tertangkap karena masalah kasus suap ini, Zumi secara otomatis langsung dinonaktifkan sebagai Gubernur Jambi. Tak hanya itu, ia juga dipecat dari PAN, partai yang menaunginya hingga bisa merebut jabatan sebagai Gubernur Jambi pada tahun 2016.

Bercerai dengan sang istri

Begini Kondisi Terkini Zumi Zola Saat Dibui Karena Kasus Suap RAPBDInstagram.com/zumizola.official

Setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap, masalah tak berhenti sampai di situ. Zumi digugat cerai oleh sang istri, Sherrin. Lewat sidang putusan yang digelar secara online pada 12 Agustus 2020, hakim mengabulkan permohonan Sherrin. Mereka akhirnya resmi bercerai dengan syarat hak asuh anak jatuh ke tangan Sherrin dan Zumi diwajibkan memberikan biaya perawatan anak sebesar Rp20 juta per bulan.

Menjalani masa tahanan tanpa mengeluh

Begini Kondisi Terkini Zumi Zola Saat Dibui Karena Kasus Suap RAPBDInstagram.com/zumizola.official

Kini sudah dua tahun dari enam tahun total masa hukuman yang harus dijalani Zumi. Menurut sang pengacara, Farizi, Zumi tak banyak mengeluh. Zumi kini minta dibawakan Alquran, buku agama, dan buku sejarah serta baju ganti untuk mengisi waktunya selama berada di rutan.

Itu dia kabar terkini Zumi saat dibui karena kasus suap RAPBD. Semoga kondisinya segera pulih dan dapat beraktivitas seperti biasa.

Baca Juga: Digugat Cerai Istri, Ini 5 Kontroversi Kisah Cinta Zumi Zola

Baca Juga: Sebelum Berbaju Oranye, Zumi Zola Ternyata Fokus Hibur Netizen

Baca Juga: Disebut "Kacung" dan Minta Bubar, Ini 7 Kronologi Kasus Jerinx dan IDI