Kabar tentang Ayu Ting Ting seolah tak ada habisnya. Belakangan ini, nama Ayu kembali mencuat setelah ia melaporkan Kartika Damayanti yang telah menghina dirinya dan putri semata wayangnya, Bilqis Khumairah Rozak.

Tak hanya melaporkan, orangtua Ayu bahkan sampai menyambangi kediaman Kartika di Bojonegoro. Sayangnya, orangtua Ayu hanya bisa menemui orangtua Kartika. Sebab, yang bersangkutan berada di luar negeri untuk bekerja.

Abdul Rozak, ayah Ayu pun berjanji akan terus mengusut kasus ini karena tidak terima anak dan cucunya dikomentari dengan begitu jahat oleh Kartika. Ayah Rozak, panggilan akrabnya, bahkan sampai meminta bantuan KBRI Singapura agar bisa memulangkan Kartika untuk menyelesaikan masalah ini secara hukum.

Terlepas dari masalah Ayu dan Kartika, belakangan mencuat kembali petisi untuk mencekal Ayu dari layar kaca Indonesia. Petisi yang dibuat pada tahun 2018 dan ditanda tangani lebih dari 1500 orang itu tak ada kejelasannya lagi sampai saat ini.

Ayu memang dikenal sebagai artis yang cukup sukses saat ini. Di balik kesuksesannya, ada kontroversi yang membuat namanya tak lepas dari berita negatif. Apa saja kontroversi Ayu Ting Ting? Berikut rangkumannya.

1. Pernikahan singkat dengan Enji

5 Kontroversi Ayu Ting Ting Hingga Membuat Warganet Ajukan PetisiDok. Internet

Pada Juli 2013, Ayu memutuskan untuk menikah dengan Hendri Baskoro Hendarso alias Enji. Pernikahan mereka mengejutkan publik karena terkesan mendadak dan keduanya baru saja dekat pada awal 2013. 

Tak berhenti sampai di situ, tiga bulan setelah menikah, Ayu memutuskan bercerai dari Enji karena masalah yang sampai saat ini belum pernah disebutkan secara detail oleh Ayu. Bahkan, Ayu semakin banyak dibicarakan publik saat ia melahirkan anak pertamanya di bulan Desember 2013.

2. Membuat bisnis clothing line dengan Luna Maya berujung masalah

5 Kontroversi Ayu Ting Ting Hingga Membuat Warganet Ajukan PetisiDok. Luna Habit

Pada tahun 2016, Ayu Ting Ting bekerja sama dengan Luna Maya untuk membuat koleksi terbaru Luna Habit, brand clothing line milik Luna dengan nama Luna Habit X Ayu Ting Ting. Sayangnya, kerja sama mereka nggak berjalan dengan baik dan berujung masalah.

Luna memutus kontrak Ayu secara sepihak, pada Oktober 2016. Padahal dalam surat perjanjian, kontrak Ayu berakhir pada November 2016. Luna memutuskan kontrak karena ia mengetahui Ayu akan merilis clothing line-nya sendiri pada Desember 2016. 

Akibat masalah ini persahabatan Luna dan Ayu retak. Bahkan, Luna enggan dekat lagi dengan Ayu dan mengatakan jika Ayu tidak memiliki etika bisnis yang baik.

3. Dituduh jiplak bisnis kue Nagita Slavina

5 Kontroversi Ayu Ting Ting Hingga Membuat Warganet Ajukan PetisiInstagram.com/Ayutingting92

Pada tahun 2017, bisnis kue artis menjamur di seluruh Indonesia. Ayu pun tak ketinggalan. Ia juga ikut membuat bisnis kue kekinian berbentuk bolu dengan nama Kuenya Ayu. 

Bisnis kue milik Ayu rilis setelah Gigieat Cake, milik Nagita Slavina, rilis. Karena hal tersebut, banyak warganet yang beranggapan bahwa bisnis kue Ayu menjiplak Nagita. Meskipun secara konsep serupa, namun dari tampilan dan jenis kue yang dijual sangat berbeda. 

Bisnis kue Ayu ini tidak bertahan lama. Hadir di tahun 2017, pada 2018, bisnis Kuenya Ayu ini sudah tidak terdengar gaungnya lagi.

4. Disebut terlalu frontal dan kasar saat tampil di televisi

5 Kontroversi Ayu Ting Ting Hingga Membuat Warganet Ajukan PetisiInstagram.com/Ayutingting92

Ayu juga pernah mendapat kritikan pedas dari warganet karena dinilai tidak dapat menjaga sikap dan perkataannya saat berada di depan kamera. Bahkan karena dianggap low attitude, warganet sampai membuat petisi agar Ayu dicekal dari televisi. Petisi yang dibuat pada tahun 2018 itu memang sudah ditanda tangani hingga 1500 orang. Namun, tidak ada kejelasan sampai saat ini bagaimana kelanjutan dari petisi tersebut.

5. Kedekatan Ayu dengan Raffi Ahmad

5 Kontroversi Ayu Ting Ting Hingga Membuat Warganet Ajukan PetisiDok. Internet

Kedekatan Ayu dan Raffi Ahmad pernah menjadi gosip cukup panas yang banyak diperbincangkan warganet di media sosial. Hal ini bermula di tahun 2014 saat Raffi akan menikah dengan Nagita. Dalam sebuah acara televisi, terlihat Ayu menangis saat Raffi mengutarakan niat menikahnya itu. Warganet menduga, tangisan Ayu tersebut merupakan bentuk kehilangan Ayu kepada Raffi yang selama ini dekat dengan dirinya.

Pasca menikah dengan Nagita, Raffi dan Ayu masih terus dikabarkan dekat. Bahkan di salah satu segmen dalam acara Pesbuker, Ayu sempat mendoakan Nagita dan Raffi bercerai. Meski omongan Ayu saat itu hanya bercanda, namun tak sedikit yang mengaitkannya dengan kedekatan Ayu dengan Raffi.

Karena kabar kedekatan mereka berdua, membuat hubungan Ayu dan Nagita menjadi berubah. Baik Nagita maupun Ayu tak pernah lagi bertegur sapa ketika keduanya tak sengaja bertemu di sebuah acara yang sama.

Itulah tadi deretan kontroversi Ayu Ting Ting. Ada lagi yang kamu tahu? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Masuk Nominasi Wanita Tercantik, Begini Potret Memukau Ayu Ting Ting

Baca Juga: Sampai Belasan Juta, Ini Perkiraan Tarif Endorsement Ayu Ting Ting 

Baca Juga: Disinidir Ayah Rozak, Adu Cantik Nagita Slavina vs Ayu Ting Ting