Adaptasi Kebiasaan Baru menjadi istilah pengganti new normal. Tidak ada yang berbeda, karena hal preventif untuk mencegah penularan COVID-19 masih sama ketika istilah tersebut masih dalam bahasa Inggris. Mulai dari wajib menggunakan masker, mengurangi kegiatan yang melibatkan kerumunan ramai, hingga sekolah yang berbasis pembelajaran jarak jauh atau online.

Tapi, nggak hanya itu, Bela. Berikut ini, ada lima kegiatan yang bisa mengisi waktu luangmu saat beradaptasi dengan kebiasaan baru. Apa saja?

1. Bercocok tanam

5 Kegiatan Produktif untuk Hadapi Adaptasi Kebiasaan BaruUnsplash.com/Huy Phan

Pasti sudah banyak di antara kamu yang mulai membeli tanaman di masa karantina kemarin bukan? Beragam jenis bibit tanaman pun mudah kita beli secara online. Mulai dari tanaman hias hingga tanaman yang bisa dikonsumsi. Bercocok tanam ternyata adalah salah satu kemampuan bertahan hidup yang sebaiknya kita miliki, lho.

Kalau kamu tertarik untuk memelihara tanaman, sekarang masih belum terlambat kok untuk mencobanya. Kamu bisa memilih tanaman monstera atau sanseviera sebagai percobaannya. Alasannya, perawatan dua jenis tanaman tersebut cukup mudah.

2. Mendesain masker sendiri

5 Kegiatan Produktif untuk Hadapi Adaptasi Kebiasaan BaruUnsplash.com/Vera Davidova

Masker kini menjadi benda wajib. Sama seperti pakaian, kini masker bisa dibuat sendiri sesuai dengan keinginan dan kreativitas kita. Jika kamu bisa mendesain atau menggambar dan ingin menjadikan karyamu sebagai motif masker, kamu hanya perlu memanfaatkan jasa printing kain atau produsen masker yang bisa membuat masker sesuai desain keinginanmu. Jasa printing dan produsen masker ini kini mudah ditemukan di berbagai media sosial, salah satunya di toko The Storecerer ini.

3. Menonton serial di platform video on demand

5 Kegiatan Produktif untuk Hadapi Adaptasi Kebiasaan BaruUnsplash.com/Jens Kreuter

Bekerja atau sekolah yang kini dilakukan dari rumah membuat waktu lebih efisien. Kita tidak perlu terkena macet di jalan, sehingga kita punya banyak waktu luang. Untuk mengisi waktu senggang ini, kita bisa mencoba memulai menonton serial drama Korea atau Hollywood yang sudah lama tertunda. 

Kalau kamu sebelumnya tidak suka menonton serial, mungkin ini waktu yang tepat untuk memulainya. Terlebih saat ini, banyak penyedia jasa layanan platform video on demand yang menyajikan banyak film dan serial yang seru.

4. Mendekorasi ulang ruangan di rumah

5 Kegiatan Produktif untuk Hadapi Adaptasi Kebiasaan Baruaufeminim.com

Supaya betah di rumah, tentu kondisi ruangan juga harus mendukung. Selama masih memiliki waktu luang, tak ada salahnya untuk mendekorasi ulang ruangan di rumah. Kamu bisa mencontek inspirasi desain ruangan di Pinterest, serial yang kamu tonton, atau platform media sosial lainnya. Manfaatkan juga e-commerce atau online shop untuk membeli perabotan baru yang kamu butuhkan untuk dekorasi rumahmu.

5. Belajar lewat kelas online

5 Kegiatan Produktif untuk Hadapi Adaptasi Kebiasaan BaruUnsplash.com/Kari Shea

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan waktu luang ini dengan menambah kemampuan baru. Belajar lewat kelas online bisa menjadi pilihanmu. Bingung kelas mana yang ingin kamu ikuti? Kamu bisa mencoba Traveloka Xperience yang sudah dapat diakses di aplikasi Traveloka.

Traveloka Xperience ini merupakan kategori produk terbaru dari unit bisnisnya yang berfokus di sektor lifestyle. Menampilkan beragam individu yang unggul di bidangnya masing-masing, Online Xperience merupakan salah satu wujud nyata Traveloka dalam mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi oleh pelaku UKM dan Pemerintah. Dapat diakses melalui kanal Traveloka Xperience, Online Xperience dirancang untuk mendorong pengguna agar tetap aktif dan mengasah keterampilannya di era adaptasi kebiasaan baru.

“Pemanfaatan teknologi serta kolaborasi antar berbagai pihak menjadi krusial demi mempercepat adaptasi serta pemulihan industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Telah sama-sama kita ketahui bahwa industri ini merupakan salah satu sektor yang paling terdampak selama pandemi COVID-19 dan inisiatif seperti Online Xperience dapat memberikan kontribusi positif, baik bagi masyarakat maupun pelaku industri. Ini juga sejalan dengan gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk tetap berkarya di tengah situasi menantang ini,” ungkap Joshua Simanjuntak selaku Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dalam acara peluncuran produk Online Xperience pada sesi siaran langsung (live stream) Traveloka LIVEstyle pada Jumat (26/06).

Sebelumnya, data gabungan dari Kemenparekraf dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada bulan Mei mencatat terdapat 44.295 pekerja seni dan pekerja kreatif yang terdampak pandemi COVID-19.

Dapat diakses sejak 15 Juni 2020 lalu, Online Xperience menawarkan konten eksklusif yang kreatif, inspiratif, dan edukatif dari para pelaku kreatif Indonesia. Pengguna dapat mengikuti program interaktif memasak, kesenian, gaya hidup sehat, hingga keterampilan usaha. Keistimewaan yang ditawarkan oleh produk ini adalah konten yang eksklusif, yakni setiap sesinya disiarkan langsung oleh para host tanpa direkam terlebih dahulu.

Di tahap awal peluncurannya, Traveloka Xperience berkolaborasi dengan para individu yang ahli di bidangnya, seperti Mikael Jasin, pemenang Indonesian Barista Championship (IBC) 2019 & 2020 dan peraih peringkat keempat World Barista Championship 2019; Brian Sumito, fotografer makanan ternama Indonesia; Gloria Susindra, pemilik restoran Mother Monster yang sebelumnya merupakan head chef ST ALi Jakarta; dan banyak individu menarik lainnya. 

Sesi Online Xperience ditawarkan dengan harga yang beragam, mulai dari Rp45.000 hingga Rp573.000, tergantung pilihan kelas dan tingkat kerumitannya. Harga sesi tertentu juga termasuk pembelian dan pengiriman material yang akan diuji coba selama sesi, dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan masing-masing host.

Di edisi perdana Online Xperience, Traveloka Xperience memberikan program Early Bird dengan potongan harga mulai dari 50% untuk pilihan sesi tertentu dan potongan harga 20% jika menggunakan kartu debit Bank Mandiri hingga 31 Juli 2020.

Pengguna juga akan mendapatkan Traveloka Points pada setiap pemesanan produk Online Xperience, yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran untuk melakukan pemesanan produk Traveloka lainnya di kemudian hari.

Lumayan, kan, Bela? Kapan lagi kita bisa menambah skill yang kita punya dengan harga terjangkau dan belajar dari sang ahlinya langsung. Coba, yuk!

Baca Juga: Hari Pertama Masuk Kantor, Ini OOTD New Normal Kita!

Baca Juga: Sensasi Berbeda, Ini Pengalaman Minggu Pertama WFO Setelah Karantina

Baca Juga: Terapkan 4 Kebiasaan Ini Supaya Keuangan Stabil Di Era New Normal