Hayo ngaku deh berapa banyak tabs di browser kamu yang terbuka saat sedang bekerja? Sepuluh? Lima belas? Atau bahkan lebih? Membuka banyak tabs di browser memang bisa memudahkan pekerjaan saat kita sedang mencari banyak bahan, namun di saat yang sama ternyata bisa menyebabkan kita mudah stres di tempat kerja lho.

Berikut ini ada lima alasan mengapa membuka terlalu banyak tabs bisa menyebabkan stres. Apa saja?

5 Alasan Mengapa Membuka Terlalu Banyak Tabs Bisa Sebabkan Stres?

Tabs di browser yang terbuka bukan hanya sekadar menampilkan informasi yang sedang kita cari dan butuhkan. Mereka juga memerlukan perhatian kita untuk dapat menyortirnya apakah benar hal tersebut yang sedang kita cari atau bukan. Kamu yang tidak terbiasa multitasking atau membaca cepat, membuka terlalu banyak tabs bisa membuatmu cepat lelah dan pusing.

5 Alasan Mengapa Membuka Terlalu Banyak Tabs Bisa Sebabkan Stres?

Setiap situs yang kamu buka di satu tabs akan terus aktif jika kamu tidak mematikan notifikasinya. Terlebih jika yang kamu buka adalah situs media sosial atau sesuatu yang kamu suka. Notifikasi yang muncul akan menarik perhatianmu dan tanpa kamu sadari, kamu akan membuka notifikasi tersebut hanya untuk mengeceknya. Kamu yang tadinya sedang fokus mengejar deadline, malah teralih sedikit karena tabs yang menyala tersebut.

5 Alasan Mengapa Membuka Terlalu Banyak Tabs Bisa Sebabkan Stres?

Terlanjur membuka banyak tabs dalam satu waktu yang sama ternyata bisa menyita waktumu lebih banyak. Tabs yang terabaikan bisa menumpuk bersama dengan tabs yang sedang benar-benar kamu butuhkan. Jika kamu keluar sebentar dari browser dan masuk kembali, kamu bisa membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk mencari tabs penting tersebut di antara tumpukan tabs lainnya. Solusinya, yuk coba tutup tabs jika kamu sudah selesai membacanya supaya tidak menumpuk.

5 Alasan Mengapa Membuka Terlalu Banyak Tabs Bisa Sebabkan Stres?

Supaya tabs yang kamu buka lebih terkontrol, kamu bisa mencoba mengatur jumlah tabs di browser-mu. Misalnya maksimal sepuluh tabs dalam waktu yang sama. Jadi jika kamu ingin membuka tabs baru, kamu harus menutup yang lainnya terlebih dulu.

5 Alasan Mengapa Membuka Terlalu Banyak Tabs Bisa Sebabkan Stres?

Jika kamu tidak ingin dibatasi dalam jumlah tabs yang terbuka, kamu bisa mencoba mengaktifkan penutup tabs otomatis. Fitur ini menggunakan waktu. Jadi, jika ada satu tabs yang sudah tidak aktif kamu buka selama 15 menit terakhir, ia akan dengan sendirinya menutup. Dengan begini, kamu tidak akan capek-capek memilah tabs mana yang harus tutup kan?

Baca Juga: Ini 8 Tips Untukmu Si Workaholic Supaya Bekerja Lebih Fun