Perusahaan rintisan di bidang Teknologi Edukasi (EduTech), RevoU menerbitkan laporan 15 perusahaan dengan karyawan paling bahagia pada kuartal III 2021. Dalam riset tersebut, RevoU kami mengumpulkan 54 perusahan yang beroperasi di Indonesia baik di bidang tech dan non-tech.

"Perusahaan yang ada di daftar sudah lolos kualifikasi dengan minimal 5 ulasan di masing-masing platform," tulis RevoU dalam keterangan tertulis yang dilansir dari IDNTimes.com, Rabu (13/10/2021).

Apa saja daftar perusahaan tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

1. Daftar 15 perusahaan dengan karyawan paling bahagia

15 Perusahaan dengan Tingkat Kebahagiaan Karyawan Paling Tinggi di RIDok. RevoU

Ke-15 perusahaan termasuk dalam kategori tech yang dibagi atas industrinya, yakni: Ecommerce (4 perusahaan), Fintech (3 perusahaan), SaaS (2 perusahaan) Travel (2 perusahaan), Edutech (2 perusahaan), Hail Riding (1 perusahaan) dan Furniture (1 perusahaan).

"Ada 4 perusahaan yang berasal dari luar Indonesia, yaitu RedDoorz, Zalora, Quipper dan Grab, serta 5 perusahaan memiliki jumlah karyawan di atas 1000 yaitu RedDoorz, Tiket.com, Tokopedia, Zalora, dan Grab," tulis RevoU.

Daftar 15 perusahaan dengan karyawan paling bahagia tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Gudang Ada
  2. Payfazz
  3. HappyFresh
  4. Mekari
  5. DANA
  6. RedDoorz
  7. Tiket
  8. HarukaEDU
  9. Tokopedia
  10. ZALORA
  11. Quipper
  12. DOKU
  13. Grab
  14. Moka
  15. Dekoruma

Dari daftar di atas, ada perusahaan impian tempatmu bekerja, nggak, Bela?

2. Shopee jadi perusahaan dengan jumlah karyawan baru terbanyak di kuartal III

15 Perusahaan dengan Tingkat Kebahagiaan Karyawan Paling Tinggi di RIDok. RevoU

Riset RevoU juga melaporkan bahwa Shopee menjadi perusahaan yang jumlah karyawan selama tiga bulan terakhir meningkat sangat pesat dibanding yang lain, yaitu 3.046 karyawan, diikuti Grab dengan pertambahan 763 karyawan.

"Perlu diketahui bahwa dua perusahaan ini beroperasi di tingkat Regional," tulis RevoU.

Sedangkan untuk persentase kenaikan karyawan tertinggi diduduki oleh Zenius di 21,57%, disusul oleh Shipper di 13.48% dan Agate di 12,73%.

"Sementara 10 dari 54 perusahaan di daftar justru mengalami pengurangan karyawan kuartal 3 tahun 2021," kata RevoU.

Meski demikian, Grab masih merajai jumlah karyawan terbanyak sebanyak 35.404 karyawan diikuti Shopee dengan 31.698 karyawan, Gojek 23.724 karyawan, Lazada 14.589 karyawan dan Group M 8.664 karyawan.

3. Strategi perusahaan untuk employee branding & engagement

15 Perusahaan dengan Tingkat Kebahagiaan Karyawan Paling Tinggi di RIIDNTimes.com/Besse Fadhilah

Dalam risetnya, RevoU memaparkan ada lima strategi yang dilakukan perusahaan tekno untuk employee branding & engagement. Strategi tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki akun media sosial khusus employee branding. Di akun media sosial ini, ada berbagai jenis konten yang dipublikasikan. Antara lain, pengumuman lowongan kerja dan tentang pencapaian perusahaan, membuat video pendek tentang pengalaman kerja, membagikan tips dari company expert dan tips terkait mental health, memfitur profil karyawan, sampai mengumumkan event virtual yang bisa dihadiri khalayak umum.
  2. Memberi nama panggilan untuk karyawan perusahaan. Ada berbagai nama panggilan untuk karyawan seperti GADA Troops untuk karyawan GudangAda, Nakama untuk karyawan Tokopedia, Mekarians untuk karyawan Mekari, T-Fam untuk karyawan tiket.com, dan temanDANA untuk karyawan DANA.
  3. Membuat Podcast dengan karyawan sebagai bintang tamu. "People at Tiket" diluncurkan pada April 2020. Ada 2 program yang diluncurkan; pertama adalah “Tiket to Inspire” tentang tips dari berbagai expert yang bekerja sebagai karyawan Tiket.com dan kedua adalah “Nyasar bareng X” tentang pengalaman traveling dari para karyawan Tiket.com.
  4. Membuat Blog seputar karyawan dan dunia kerja. Dengan tajuk "Life at Mekari" dan "Life at GudangAda", kedua perusahaan ini memiliki blog di platform Medium yang khusus membahas soal dunia pekerjaan. Dalam blog tersebut termasuk topik fitur kisah karyawan, liputan aktivitas employee engagement, serta berbagai tips behavioral skill untuk karier.
  5. Employee engagement dengan self-development program. Tiket juga membuat program 'Leader as Coach' berkolaboarasi dengan Loop Indonesia yang memfasilitasi virtual workshop selama tiga hari agar para leader perusahaan dapat membangun hubungan dan menunjukkan empati sesama anggota tim.

Itulah tadi daftar perusahaan dengan tingkat kebahagiaan karyawan paling tinggi di Indonesia. Apakah ada perusahaan tempatmu bekerja? Atau mungkin, apakah ada perusahaan impianmu?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "15 Perusahaan dengan Tingkat Kebahagiaan Karyawan Paling Tinggi di RI" ditulis oleh Helmi Shemi

Baca Juga: Daftar 10 Perusahaan Indonesia Paling Bernilai, Brand Value Terbesar!

Baca Juga: 12 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental, Ada yang Bisa Diakses Gratis!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Harus Lebih Memerhatikan Kesehatan Mental