Wendy Red Velvet resmi debut sebagai solois pada Senin, 5 April 2021. Debut solonya menjadi obat rindu para penggemar setelah hiatus selama satu tahun. Main vocal dari girl group Red Velvet ini merilis album solo perdananya yang berjudul Like Water. Dalam album tersebut akan terdapat dua lagu yang menjadi title track.

Wendy juga menggelar showcase dan konferensi pers online untuk perilisan mini album solo pertamanya itu. Joy pun turut hadir dalam konferensi tersebut dan dipilih menjadi pembawa acara dalam showcase yang digelar. Menjadi debut yang ditunggu-tunggu penggemar serta member pertama yang debut solo, berikut deretan fakta yang harus kamu ketahui tentang debut solo Wendy!

1. Comeback setelah hiatus

Wendy Red Velvet Resmi Debut Solo, Ini 6 Fakta di Baliknyatwitter.com/RVsmtown

Pada Desember 2019 lalu, Wendy mengalami kecelakaan saat berlatih untuk penampilan Red Velvet di acara SBS Gayo Daejeon 2019. Ia jatuh dari ketinggian 2,5 meter yang menyebabkan muka, pergelangan tangan, dan panggulnya cedera serius. Ia harus hiatus dari kegiatan grupnya untuk fokus menjalani pengobatan dan pemulihan.

Kini Wendy kembali menyapa para penggemar bukan sebagai Red Velvet, namun sebagai solois perempuan.

2. Banjir dukungan dari sesama member serta rekan seagensi

Wendy Red Velvet Resmi Debut Solo, Ini 6 Fakta di Baliknyatwitter.com/RVsmtown

Wendy mengaku awalnya ia sempat ragu dalam mempersiapkan debut solonya. Namun, dukungan para member lain dan orang-orang sekitarnya memberikan motivasi baginya untuk menyelesaikan pembuatan album dengan penuh rasa tanggung jawab dan semangat.

Tak hanya dari member, para rekan seagensi juga memberikan selamat serta dukungan pada Wendy melalui akun media sosial masing-masing antara lain, Yesung Super Junior, Taeyeon dan Yoona SNSD, Seulgi, Joy, dan Yeri, dan Doyoung NCT. Idol lain yang berteman dekat dengan Wendy, Kim Sejeong juga turut memberikan dukungannya.

3. Berpromosi dengan dua title track

Wendy Red Velvet Resmi Debut Solo, Ini 6 Fakta di Baliknyatwitter.com/RVsmtown

Di debut solonya, Wendy akan mempromosikan mini album tersebut dengan membawakan dua lagu yang menjadi highlight albumnya yang berjudul “Like Water” dan “When This Rain Stops”. Album Like Water sendiri memiliki lima lagu yang memperlihatkan vokal yang kuat dari Wendy. Fakta menarik dari lagunya yang bertajuk “When This Rain Stops” diakui Wendy direkam selama 15 jam.

Wendy berharap albumnya dapat memberikan rasa hangat bagi para penggemar. “Seluruh album ini menyerupai ceritaku dan memiliki getaran emosional yang hangat. Aku ingin membantu orang memahami dan mendapatkan kenyamanan dari suaraku,” ungkap Wendy.

4. Kolaborasi dengan Seulgi

Wendy Red Velvet Resmi Debut Solo, Ini 6 Fakta di BaliknyaDok. Internet

Selain kedua lagu yang berjadi title track, dalam mini album tersebut juga terdapat lagu kolaborasinya dengan Seulgi yang berjudul “Best Friend”. Lagu tersebut memiliki makna sangat dalam mengenai persahabatan. Joy pun mengaku meneteskan air mata saat mendengar lagu tersebut dan cemburu karna tak ikut berpartisipasi di dalamnya.

Awalnya lagu tersebut dibuat untuk dinyanyikan Wendy saja. Namun.,ia meminta Seulgi untuk menyanyikannya bersama. Ia berharap lagu tersebut dapat menunjukkan rasa syukur untuk sahabat dan sebagai cara mengekspresikan perasaan sahabat satu dengan lain.

5. Masuk dalam Top 5 penjualan tertinggi

Wendy Red Velvet Resmi Debut Solo, Ini 6 Fakta di Baliknyatwitter.com/RVsmtown

Dalam waktu seharu setelah debut, Wendy telah mencetak prestasi yang mengesankan. Album Like Water berhasil masuk dalam Top 5 album milik solois wanita dengan penjualan tertinggi dalam waktu sehari setelah perilisan di chart Hanteo. Album tersebut telah terjual sekitar 68,225 eksemplar. Tak hanya itu, title track “Like Water” pun berhasil menempati posisi ke 2 di Bugs Chart dan nomor 7 di Genie Chart setelah perilisannya.

Kehadirannya yang kuat juga dibuktikan dengan menyapu puncak tangga lagu global setelah debut solonya.  Album itu kini berada di peringkat teratas iTunes Top Albums Chart di 30 wilayah dan negara. Hal itu merupakan rekor tertinggi untuk album artis solo perempuan Korea.

6. Project sebelumnya

Wendy Red Velvet Resmi Debut Solo, Ini 6 Fakta di Baliknyatwitter.com/RVsmtown

Sebelum debut solo, Wendy sering terlibat banyak project solo maupun kolaborasi. Ia sering mengisi soundtrack di berbagai drama Korea seperti “Return” untuk drama Who Are You: School 2015, "Two Words" di drama Start Up, serta “What If Love” dalam drama Touch Your Heart.

Wendy juga turut berpartisipasi dalam project SM Station yang berkolaborasi dengan solois ternama lainnya seperti Eric Nam dalam lagu “Spring Love” dan Baek A Yeon dalam lagu “The Little Match Girl”. Bahkan salah satu kolaborasi tak terlupakan dalam lagu “Written In The Stars” yang dibawakan oleh Wendy bersama John Legend.

Itulah deretan fakta menarik debut solo Wendy Red Velvet. Sukses terus untuk Wendy!

Baca Juga: Red Velvet hingga Suzy, Nikmati 15 Lagu di Playlist OST 'Start-Up'

Baca Juga: Ini 5 Film Horor Rekomendasi Seulgi Red Velvet

Baca Juga: Jadi Sosok Pekerja Keras, 7 Fakta Lain Film Debut Irene Red Velvet