16 Mei menjadi hari ulang tahun IU. Penyanyi sekaligus aktris ini menginjak usia 29 tahun dan telah menghabiskan hampir separuh umurnya berkarier di dunia hiburan. Terjun di dunia hiburan sejak 2008, dengan image polosnya, IU disebut-sebut sebagai Korea's "little sister" atau "The Nation's Sweetheart".

Memiliki banyak penggemar dan sukses, nyatanya tak membuat perjalanan karier IU mulus-mulus saja. Ia beberapa tersandung kontroversi yang membuat namanya panas diperbincangkan serta dikritik pedas hingga dihujat. Berikut beberapa kontroversi IU sepanjang hidupnya.

1. Tuduhan oplas dan operasi pemutihan kulit

Tak Selalu Mulus, Ini Kontroversi IU Sepanjang Hidupnyakoreaboo.com

Korea Selatan dikenal sebagai salah satu negara yang masyarakatnya bahkan para selebritasnya melakukan operasi plastik. IU pun pernah disebut melakukan operasi plastik dan operasi pemutihan kulit. Padahal sebenarnya, perubahan penampilannya itu karena penurunan berat badan dan perubahan gaya rias wajah.

2. Skandal kencan IU dan Eunhyuk Super Junior

Tak Selalu Mulus, Ini Kontroversi IU Sepanjang Hidupnyainternet

Pada bulan November 2012, sebuah foto yang tampak seperti Eunhyuk dan IU bertelanjang dada menyebabkan kegemparan besar-besaran di dunia hiburan, memicu rumor kencan dan bahkan spekulasi pernikahan dan kehamilan.

IU mengakui dalam wawancara selanjutnya bahwa dia telah mengunggah gambar itu secara tidak sengaja, dan menjernihkan rumor kehamilan, namun baik IU maupun Eunhyuk tidak pernah mengakui atau menyangkal menjalin hubungan setelah itu. Pada tahun 2015, Eunhyuk tampak tidak nyaman ketika Shin Dong yup menyebut nama IU di acara Bachelor Party Shin Don yup, tetapi dengan cepat ditutup-tutupi.

3. Dirumorkan menikah dengan idol ganteng dan alami depresi berat

Tak Selalu Mulus, Ini Kontroversi IU Sepanjang Hidupnyatwitter.com/_IUofficial

Pada tahun 2013, IU sempat dikabarkan depresi berat karena rumor yang mengatakan bahwa dirinya akan menikah dengan idol ganteng yang dispekulasikan adalah Eunhyuk Super Junior. Loen Entertainment, agensi yang menaungi IU saat itu pun membantah semua spekulasi tersebut, dengan menyatakan bahwa IU belum menyatakan keinginan untuk menikah dalam waktu dekat. Untungnya,  dalang kekacauan dari rumor ini pun tertangkap.

4. Sikap dingin IU pada Kim Tae woo

Tak Selalu Mulus, Ini Kontroversi IU Sepanjang Hidupnyanetizenbuzz.com-kkd

IU pernah mengungkap bahwa dirinya begitu kagum pada penyanyi Kim Tae woo. Keduanya akhirnya bertemu dalam sebuah program. Sayangnya, para penggemar dan Kim Tae woo cukup kecewa dengan sikap IU yang terbilang dingin saat mereka muncul bersama. Kim Tae woo pun menjelaskan pada SBS Strong Heart, bahwa sebenarnya IU bukan menyukainya tapi menghormatinya, dan itu cukup membuat sedikit luka di hatinya.

5. Minta ditraktir makanan mahal

Tak Selalu Mulus, Ini Kontroversi IU Sepanjang Hidupnyanetizenbuzz.com-kkd

Pasangan milky couple dari drama Dream High, Wooyoung 2PM dan IU cukup terkenal kala itu. IU juga sering berkata kalau idol JYP itu pernah mentraktir dirinya makanan mahal, sehingga membuat keduanya terlihat akrab. Namun, dalam sebuah acara, Wooyoung mengaku bahwa IU sendirilah yang meminta dirinya untuk membelikannya makanan.

Kala itu masih dalam masa-masa awal keduanya saling mengenal dan berusaha dekat untuk kelancaran syuting mereka. Meski akhirnya harus membayar tagihan hingga $600 dollar yang dibagi antara Woo young pribadi dengan agensinya, akhirnya keduanya saling dekat dengan itu. IU diketahui mengirimkan banyak SMS pada Wooyoung dan mengatakan apa yang dikatakannya bercanda, meminta maaf, serta berniat untuk membayar makanan tersebut. 

6. Berbohong menghubungi Simon D

Tak Selalu Mulus, Ini Kontroversi IU Sepanjang Hidupnyanetizenbuzz.com-kkd

Dalam suatu acara, IU tiba-tiba bilang kalau dirinya pernah menghubungi rapper Simon D tapi tak dihiraukan atau tak dibalas. Tapi setelah digali lebih dalam, ternyata itu semua hanya bercanda dan IU mengaku kalau dirinya nggak punya nomor telepon alias nggak punya HP. Sontak, hal tersebut membuat warganet bingung hingga menghujat IU.

7. Dikritik karena aktingnya

Tak Selalu Mulus, Ini Kontroversi IU Sepanjang Hidupnyaasianwiki.com

IU pernah dikritik habis-habisan oleh warganet karena aktingnya yang dinilai buruk dalam drama The Producers pada tahun 2015. Meski begitu, drama tersebut meraih rating yang cukup tinggi. Pada tahun 2018, ia kembali mendapat kritik untuk aktingnya dalam drama My Ahjussi.

8. Berkencan dengan pria yang terpaut usia jauh darinya

Tak Selalu Mulus, Ini Kontroversi IU Sepanjang Hidupnyakpopsquad.com

Kabar kencan paling panas dan tak terduga adalah ketika IU dan Jang Ki ha menyatakan hubungannya ke publik. Terpaut usia 11 tahun, keduanya ternyata sudah menjalin hubungan spesial sejak 2013 silam dan diketahui pada 2015 lalu. Pada 2017 keduanya pun memilih mengakhiri hubungan mereka.

9. Kontroversi lagu “Zeze”, liriknya dinilai mengandung pedofilia

https://www.youtube.com/embed/zfRs5hJuh98

Album ketujuh IU yang bertajuk Chat-Shire dirilis pada 23 Oktober 2015 lalu dan membuatnya tersandung skandal. Di album tersebut, IU menciptakan lagu berjudul “Zeze” yang terinspirasi dari buku berjudul Sweet Orange Tree.

Lagu tersebut disebut menjurus ke arah pedofilia. Di buku Sweet Orange Tree karya José Mauro de Vasconcelos, menceritakan seorang bocah berusia lima tahun yang sudah mengalami banyak kekerasan. Sementara di lagu yang ditulisnya, lirik di dalamnya menggambarkan kenakalan Zeze yang menjurus ke arah sensualitas.

Tak Selalu Mulus, Ini Kontroversi IU Sepanjang Hidupnyai-u.fandom.com

IU pun meminta maaf pada publik jika lagunya menimbulkan ketidaknyamanan, ia mengatakan sama sekali tak bermaksud menulis lirik yang menjurus ke arah sensualitas seperti yang dituduhkan padanya.

Ia mengatakan kalau dia sama sekali tidak menggambarkan sosok Zeze yang berusia 5 tahun, “Aku bersumpah aku nggak menulis lirik mengenai seksual untuk anak yang berusia 5 tahun. Zeze di laguku adalah bagian ketiga dari fiksi yang dibuat dan diambil dari motif di dalam novel asli,” katanya.

10. Video klip diduga plagiat Lolita

https://www.youtube.com/embed/42Gtm4-Ax2U

Pada video klip lagu “Twenty Three” di album yang sama dengan sebelumnya, kontroversi juga mencuat. Video klip tersebut diduga plagiat film Lolita. Film Lolita sendiri merupakan hasil adaptasi dari novel berjudul sama karya Vladimir Nabokov, yang bercerita tentang seorang pria dewasa yang jatuh cinta kepada seorang anak perempuan di bawah umur.

Beberapa alasan kuat terkait plagiat yang dilontarkan warganet adalah karena beberapa pose IU di video klip tersebut mirip dengan aktris di film Lolita. Selain itu, IU juga menggunakan beberapa pose yang menggambarkan BDSM, seperti adegan makanan dan minuman anjing namun tak menampilkan hewan.

11. Foto konsep album yang sensual

Tak Selalu Mulus, Ini Kontroversi IU Sepanjang Hidupnyapinterest.com

Selain video klip dan lirik lagu, foto konsep untuk album Chat-Shire juga menuai kritik pedas dari warganet. Foto konsep yang dinilai sensual itu dianggap memperkuat IU sengaja mengangkat tema sensualitas dan tema pedofelia di albumnya.

Foto ini memperlihatkan IU yang sedang berbaring dengan tubuh tertutup selimut putih, sementara di atas kepalanya terdapat beberapa buku yang merujuk pada seksualitas. Salah satunya buku berjudul Leon, yang mengacu pada sebuah film yang diketahui juga menggunakan konsep Lolita atau pedofilia.

12. Adanya diskriminasi penggemar untuk film dokumenternya

Tak Selalu Mulus, Ini Kontroversi IU Sepanjang Hidupnyatwitter.com/_IUofficial

IU sedang mempersiapkan film dokumenternya untuk para penggemarnya UAENA, yang bertajuk Pieces: Winter of a 29-year-old. Namun, muncul kontroversi yang menyebutkan bahwa beberapa penggemar mendapat perlakuan khusus untuk film tersebut. mereka dihubungi secara khusus untuk wawancara terkait film tersebut dan hanya memilih mereka yang ternama.

Agensi IU, EDAM Entertainment memberi tanggapannya terkait rumor yang beredar itu. Pihak agensi mengatakan bahwa, penulis dokumenter memang benar menghubungi beberapa penggemar berdasarkan penilaian pribadi mereka dan melakukan wawancara untuk mendapatkan beberapa informasi yang diperlukan untuk pertemuan pendahuluan selama proses pemilihan perusahaan produksi.

Tak Selalu Mulus, Ini Kontroversi IU Sepanjang Hidupnyatwitter.com/_IUofficial

Namun penulis tersebut keluar dari proyek sebelum produksi dokumenter dan konten yang dikumpulkan tidak termasuk dalam film dokumenter. Agensi juga meminta maaf karena membuat kekhawatiran.

“Perusahaan kami dan tim produksi outsourcing dari film dokumenter tersebut juga tidak menerima pemberitahuan terkait masalah ini sebelumnya. Kami dengan tulus meminta maaf kepada semua UAENA yang pasti sangat khawatir karena kesalahpahaman ini.”

Namun, penggemar lain tetap melontorkan kritik pada agensi karena dianggap lalai dengan produksi film tersebut.

Itulah beberapa kontroversi IU sepanjang hidupnya yang berhasil Popbela rangkum.

Baca Juga: Sempat Tertunda, Syuting Film 'Dream' Park Seo Joon & IU Telah Rampung

Baca Juga: Masih Muda Banget, Ini Alasan Kenapa IU Disegani di Korea Selatan

Baca Juga: IU dan 3 Seleb Muda Korea Lain Ungkap Alasan Tidak Kuliah