Hari ini, Jumat (28/1/2022) DSP Media mengeluarkan pernyataan resminya yang singkat untuk mengumumkan pembubaran girl grup APRIL. Setelah hiatus satu tahun lebih pada 2020 lalu, akhirnya APRIL resmi disband.

Pernyataan ini juga dikeluarkan tak lama setelah berita DSP Media diakuisisi oleh agensi RBW dan akan mengambil alih agensi tersebut pada akhir Maret. APRIL sendiri menjadi salah satu girl group yang cukup besar fandomnya.

Debut pada tahun 2015, nama APRIL makin turun dan redup setelah kontroversi bullying mencuat pada awal 2021 lalu. Berikut rekam jejak perjalanan girl group APRIL.

1. Debut tahun 2015 dan dijuluki idola murni

Resmi Bubar, Ini Rekam Jejak Perjalanan Girl Group APRILkdramastars.com

Pembentukan APRIL pertama kali diumumkan oleh DSP Media pada 9 Februari 2015. Di awal, grup tersebut beranggotakan enam orang yang terdiri dari, Somin, Chaewon, Hyunjoo, Naeun, Yena, dan Jinsol. APRIL resmi debut pada 24 Agustus 2015 dengan mini album Dreaming dan lagu utama "Dream Candy".

'APRIL' sendiri bermakna 'gadis-gadis terbaik dan cantik', setelah debut mereka mulai dipanggil penggemar dengan 'Chung-jeong-dol' (청정 돌, idola murni). Penampilan perdana mereka di acara musik The Show pada 25 Agustus 2015 atau sehari setelah mereka debut.

2. Kepergian sang leader, Somin

Resmi Bubar, Ini Rekam Jejak Perjalanan Girl Group APRILkkul-jaem.blogspot.com

Beberapa bulan setelahnya, berita tak baik datang dari APRIL, sang leader, Somin, mengumumakan pengunduran dirinya dari grup pada 9 November. Ia mengaku bahwa dia tidak nyaman dengan konsep yang akan dikejar grup tersebut.

Somin pun mengambil jalan kariernya sendiri dan bergabung dengan grup KARD. Lima anggota yang tersisa merilis album single, Boing Boing, dengan title track "Muah!" dan B-side "Glass Castle" pada 25 November. Disusul dengan album spesial Natal berjudul Snowman, dirilis pada 21 Desember.

3. Konser pertama dan dapat penghargaan

Resmi Bubar, Ini Rekam Jejak Perjalanan Girl Group APRILwikipedia.com

Pada 12 Februari 2016, DSP Media mengumumkan nama klub penggemar APRIl yang disebut dengan "Fineapple" (Hangul:  파인에플). Pada 14 Februari, grup tersebut mengadakan konser mini bertajuk "Konser Romantis Everland" untuk Hari Valentine.

Semakin bersinar, pada tanggal 18 Februari, APRIL memenangkan penghargaan Girl Group Rookie of the Year di Penghargaan Seni Hiburan Korea ke-22. Mereka juga merilis mini album kedua mereka yang berjudul Spring pada 27 April 2016.

Resmi Bubar, Ini Rekam Jejak Perjalanan Girl Group APRILmfdicekone.tistory.com

Dalam album tersebut, berisi enam lagu termasuk single utama, "Tinkerbell". Selama promosi Spring, salah satu anggotanya, Hyunjoo mengambil jeda sementara dari grup karena masalah kesehatan, dan APRIL pun berpromosi sebagai grup dengan 4 anggota.

Konser solo pertama mereka diadakan pada 21 Agustus 2016, bertajuk Dream Land, di Aula Seni Baek Am di Seoul, sekaligus merayakan ulang tahun pertama mereka. Konser lain diadakan di Tokyo, Jepang, pada tanggal 15 Oktober. Yoon Chae-kyung juga berpartisipasi dalam kedua konser tersebut sebagai anggota tamu.

4. Perubahan line-up di tahun 2016

Resmi Bubar, Ini Rekam Jejak Perjalanan Girl Group APRILkoreajoongangdaily.joins.com

Setelah mengumumkan rehat karena masalah kesehatan selama promosi Spring atau sekitar 7 bulan, pada 29 Oktober, Hyunjoo mengumumkan kepergiannya dari APRIL. Kepergiannya dengan alasan untuk mengejar karier akting. Anggota grup baru pun dikonfirmasi pada bulan November, yaitu Chaekyung, yang sebelumnya muncul sebagai anggota tamu, dan Rachel.

5. Awal baru APRIL, rilis album dan program realitas

Resmi Bubar, Ini Rekam Jejak Perjalanan Girl Group APRILdbkpop.com

Setelah perubahan line up anggota, APRIL kembali hadir sebagai girl group yang lebih bersinar. Mereka merilis mini album ketiga, Prelude sebagai grup beranggotakan enam orang pada 3 Januari 2017, dengan title track "April Story". Grup ini juga mengadakan pertunjukan showcase comeback mereka untuk Prelude pada hari yang sama.

Kegiatan mereka pun semakin banyak, mulai dari menampilkan cover dari lagu Apink, "Luv" untuk episode ke-100 The Show, tampil di M Countdown dengan lagu "Wow" pada 16 Februari, dan merilis single digital "So You" pada 26 Februari.

Tak hanya itu, pada 20 Maret, APRIL mengadakan fan meeting kedua mereka di Jepang yang bertajuk "[#April JAPAN FANMEETING 2017 ~ April Story~]" di Shinagawa Intercity Hall, Tokyo. Di bulan berikutnya, mereka juga merilis video musik untuk single "Sting" pada 4 April.

Resmi Bubar, Ini Rekam Jejak Perjalanan Girl Group APRILwikimedia.org

APRIL juga membuat program realitas mereka bernama A-IF-Ril yang ditayangkan selama lima episode, di mana video musik “Sting” tayang di episode pertamanya. Pada 8 Mei, program reality kedua grup tahun ini, April Secret, mulai ditayangkan di Naver TV.

Album single hingga mini album ke-4 pun ramai menghiasi tahun 2017. Sampai ditutup pada konser solo Jepang pada 10 Desember 2017 dan konser di Korea pada Hari Natal bertajuk "2017 SPECIAL CHRISTMAS APRIL EVE".

6. Debut Jepang di tahun 2018

Resmi Bubar, Ini Rekam Jejak Perjalanan Girl Group APRILdbkpop.com

Pada 30 Januari 2018, DSP Media melalui Twitter grup tersebut mengungkapkan single rahasia mendatang yang akan dirilis pada 7 Februari. Sehari setelahnya, agensi mengungkapkan bahwa single tersebut akan menjadi bagian dari album unit khusus. Pada tanggal 1 Februari, terungkap bahwa subunit mendatang yang terdiri dari anggota Jinsol dan Naeun akan merilis lagu "My Story".

Mereka juga comeback dengan mini album kelima The Blue bersama dengan lagu utama "The Blue Bird". Semakin memperluas popularitas dan pasar, pada 22 Maret, DSP Media mengumumkan bahwa April akan melakukan debut Jepangnya pada bulan berikutnya.

Resmi Bubar, Ini Rekam Jejak Perjalanan Girl Group APRILdbkpop.com

Debut Jepang mereka diadakan pada 25 April 2018 dengan merilis versi Jepang dari single 2016 mereka "Tinkerbell". Single ini juga berisi versi Jepang dari lagu b-side "Yes, Sir!" serta versi instrumental dari kedua lagu tersebut. Single ini dipromosikan melalui penampilan di acara TV dan serangkaian pertemuan penggemar di berbagai kota di Jepang.

Setelah debut Jepang, mereka juga kembali menyapa penggemar dengan comeback bersama EP keenam mereka, The Ruby. Album tersebut dirilis pada 16 Oktober, bersama dengan judul lagu "Oh! My Mistake".

7. Hello Summer jadi comeback terakhir

Resmi Bubar, Ini Rekam Jejak Perjalanan Girl Group APRILdbkpop.com

Tahun 2019 dan 2020 juga masih menjadi tahun yang bersinar untuk APRIL. Mereka merilis single Jepang dan single "Magic Dream" untuk drama televisi My Strange Hero. Setelah virus corona menyebar, pada 11 Maret 2020, DSP Media mengumumkan penundaan comeback yang seharusnya bulan Maret ke bulan April.

Comeback mini album ke 7 mereka pada 22 April ini, kembali membawa karier APRIL semakin cerah. Album berjudul Da Capo itu memuncak di nomor lima di Gaon Album Chart, sementara singlenya, "Lalalilala" memuncak di nomor 40 di Gaon Digital Chart, menjadi rilisan charting tertinggi mereka hingga saat ini.

Pada 14 Juli 2020, DSP Media mengumumkan bahwa April akan melakukan comeback musim panas dengan album single spesial Hello Summer pada 29 Juli, dengan lagu utama "Now or Never". Comeback ini menjadi comeback terakhir mereka sebelum hiatus lama.

8. Kontroversi bullying dan mulai redup

Resmi Bubar, Ini Rekam Jejak Perjalanan Girl Group APRILpinterest.com

Awal tahun 2021 menjadi tahun yang paling menegangkan di dunia hiburan Korea. Pasalnya banyak selebritas yang terseret isu bullying dan begitu juga pada APRIL. Pada 28 Februari 2021, sebuah unggahan dibuat di forum online oleh seseorang yang mengaku sebagai saudara lelaki Hyunjoo, mantan anggota APRIL.

Dalam postingan tersebut, dia mengklaim bahwa kepergian Hyunjoo dari grup bukanlah karena dia ingin belajar akting, tetapi karena dia telah dipaksa keluar karena diintimidasi oleh anggota lain, hingga pada satu titik bahkan mencoba bunuh diri. Bullying kepada Hyunjoo dikatakan terjadi sejak lama saat debut mereka.

Hal ini pun menjadi kontroversi dan menuai pro-kontra di kalangan penggemar dan warganet. Ada yang percaya dan tidak, terlebih banyak video-video, foto, serta bukti lain yang semakin mengukuhkan adanya bullying, serta juga bagaimana Hyunjoo tetap mengikuti acara survival sebagai calon idol dan debut bersama UNI.T.

Resmi Bubar, Ini Rekam Jejak Perjalanan Girl Group APRILgoogle news

Mendengar tuduhan itu, DSP Media membantah bahwa terjadi intimidasi, dan mengumumkan bahwa mereka akan melakukan tindakan hukum terhadap Hyunjoo dan keluarganya, serta pihak yang mencemarkan nama baik, walau saat itu Hyunjoo masih di bawah naungan DSP.

Nama APRIL dan DSP Media pun semakin memburuk dan mendapat reaksi keras dari masyarakat. Salah satu anggota yang memiliki lebih banyak aktivitas di dunia akting, Naeun, juga ikut terseret dan dikeluarkan dari berbagai sponsor serta projek yang harusnya dibintanginya.

Resmi Bubar, Ini Rekam Jejak Perjalanan Girl Group APRILpinterest.com

Hyunjoo pun kemudian mengunggah pernyataan di instagram pribadinya pada 18 April 2021 yang mendukung klaim yang dibuat oleh dua warganet yang membuat tuduhan tersebut. Dia juga menyatakan bahwa label, DSP Media, tidak mengizinkannya untuk mengakhiri kontrak eksklusifnya dengan mereka. Ia secara pribadi juga sedang menghadapi proses hukum terkait kontroversi tersebut. 

Persaingan sengit saling membuktikan fakta dan ketidak bersalahannya pun terus menerus berlangsung. Para warganet pun sampai lelah dengan ‘drama’ tersebut. Kedua pihak bersikukuh memegang bahwa mereka benar dan tak bersalah. Bahkan hingga menyeret anggota keluarga dari pada member untuk terlibat dan turun tangan. Hingga kini, belum ada penyelesaian atau akhir dari kasus tersebut.

9. Umumkan disband

Resmi Bubar, Ini Rekam Jejak Perjalanan Girl Group APRILpinterest.com

Dalam kasus kontroversi bullying yang masih belum selesai itu, DSP Media tepat hari ini, 28 Januari 2022 memberikan pernyataan resminya bahwa APRIL resmi bubar. Pernyataan singkat itu berbunyi:

"Halo, ini DSP Media.

Kami menginformasikan bahwa artis kami APRIL telah bubar.

Setelah diskusi panjang dengan masing-masing anggota APRIL, agensi telah mengambil keputusan untuk membubarkan grup sehingga para anggota dapat berjalan di jalur masing-masing mulai sekarang.

Kami meminta dukungan dan perhatian yang berlimpah kepada 6 anggota yang sekarang akan memulai jalan mereka sendiri, bukan sebagai anggota APRIL.

Selanjutnya, kami ingin menggunakan waktu ini untuk dengan tulus berterima kasih kepada para penggemar yang telah mendukung para gadis APRIL selama 6 tahun terakhir."

Pembubarannya tersebut menimbulkan beragam reaksi dan spekulasi dari warganet. Banyak yang mempertanyakan kejelasan kasus, hingga sudah menduga bahwa mereka akan bubar dan tak sanggup untuk comeback. Belum lagi, kini DSP Media telah diakuisisi oleh agensi lain.

Itulah rekam jejak perjalanan APRIL dari debut, kontroversi, hingga memutuskan untuk bubar hari ini. Bagaimana pendapatmu Bela?

Baca Juga: Buntut Isu Bullying APRIL, DSP Media Ajukan Tuntutan ke Pihak Hyunjoo

Baca Juga: Populer dan Menawan, 7 Girlgroup Ini Jadi Ikon Center Agensinya!

Baca Juga: Alasan Mengapa Boyband dan Girlgrup Indonesia Mulai Kalah Pamor