Jika berbicara tentang Ivan Gunawan, mana yang langsung terlintas di otakmu? Seorang entertainer atau seorang fashion desainer? Yap, keduanya memang benar. Ivan Gunawan Putra adalah seorang entertainer sekaligus desainer busana terkenal. Pria yang kerap disapa Igun ini memulai kariernya sejak tahun 2002 dan terjun dalam dunia akting. Film pertama yang ia bintangi bertajuk 5 Sehat 4 Sempurna garapan Richard Buntario.

Kariernya semakin bersinar dan namanya semakin besar di dunia hiburan. Tak puas hanya berakting, ia pun mencoba peruntungan menjadi seorang pembawa acara hingga pelawak. Sukses berkecimpung di dunia hiburan, Ivan yang merupakan keponakan dari perancang busana Indonesia, Adjie Notonegoro, kembali mencoba peruntungannya dalam bidang perancangan busana.

Tak disangka ia memang memiliki bakat dalam bidang fashion dan kini menjadi salah satu fashion desainer terkenal dengan beberapa brand busananya sendiri. Tapi, tahukah, Bela, Ivan hanya seorang lulusan SMA, lho. Lantas seperti apa perjalanan kariernya? Berikut Popbela ceritakan.

Hanya lulusan SMA, Ivan sudah memantapkan cita-citanya sejak kecil

Kini Jadi Desainer Terkenal, Ini Perjalanan Karier Ivan Gunawaninstagram.com/ivan_gunawan

Pria kelahiran 31 Desember 1981 itu diketahui hanya mengenyam pendidikan hingga SMA saja. Ia tidak berkeinginan melanjutkan kuliahnya kala itu karna takut dirundung karena kepribadiannya yang kemayu.

Namun, sejak kecil ia sudah tahu dan memantapkan cita-cita untuk masa depannya, yaitu menjadi seorang entertainer dan desainer. Saat muda, Ivan pernah menjadi asisten Adjie Notonegoro yang adalah omnya. Dengan niat dan kerja kerasnya, kini cita-cita tersebut telah menjadi nyata.

Memulai karier sebagai aktor

Kini Jadi Desainer Terkenal, Ini Perjalanan Karier Ivan Gunawankapanlagi.com

Berkeinginan menjadi seorang entertainer, Ivan memulai kariernya dengan terjun di dunia akting pada tahun 2002 silam. Film pertamanya adalah 5 Sehat 4 Sempurna di mana ia berperan sebagai Vantje Burhanuddin. Kala itu, ia masih terlihat ramping dengan potongan rambut cepak.

Namanya kian dikenal hingga berhasil bermain dalam beberapa film, yaitu Cinta 24 Karat, Bad Wolves, Coblos Cinta, dan Basahhh... . Dalam salah satu konten YouTube Boy William, Ivan mengungkapkan bahwa Krisdayanti adalah role model-nya.

Melebarkan sayap ke ranah presenter dan komedi

Kini Jadi Desainer Terkenal, Ini Perjalanan Karier Ivan Gunawaninstagram.com/ivan_gunawan

Bakatnya di dunia hiburan tak sebatas akting, ia pun melebarkan sayapnya ke ranah presenter. Terbukti hingga saat ini ia masih wara-wiri di berbagai acara TV dengan bermacam jenis acara mulai dari talkshow, game show, variety show, hingga ajang pencarian bakat dan survival.

Tercatat sudah puluhan acara TV yang ia bintangi, baik sebagai tamu, pembawa acara, bahkan sebagai jurinya. Memiliki kepribadian yang gampang bergaul dan blak-blakan saat berbicara, tak jarang ia menuai gelak tawa para penontonnya. Meski terkadang saat menjadi juri ia tetap terlihat profesional.

Pernah merilis single

https://www.youtube.com/embed/JckDMIWYqNg

Sering menjadi presenter dan juri di ajang pencarian bakat penyanyi dangdut, ternyata Ivan juga memiliki suara yang bagus, lho, Bela. Ia pernah merilis beberapa single di tahun 2019. Salah satunya yang terkenal adalah “Mau Kawin”.

Tak cuma memamerkan suaranya, ia juga menampilkan bakat menarinya dalam video klip “Pelan Pelan”. Di berbagai kesempatan, Ivan juga sering berduet dengan Ayu Ting Ting.

Terjun ke dunia fashion desainer, ternyata diberi modal oleh Rossa

Kini Jadi Desainer Terkenal, Ini Perjalanan Karier Ivan Gunawaninstagram.com/ivan_gunawan

Menjadi desainer terkenal dan diakui, diketahui, Ivan Gunawan kini telah bergabung bersama sejumlah desainer Indonesia lainnya di Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI). Namun, jauh sebelumnya, ia bahkan tidak memiliki banyak uang untuk modal untuk kariernya itu. Ivan memang diketahui sebagai keponakan dari perancang busana, Adjie Notonegoro dan pernah menjadi asistennya, hal itu membuatnya ingin memiliki rancangan dan butiknya sendiri.

Saat memulai karier desainer, Ivan Gunawan yang belum memiliki butik akhirnya bisa menyewa rumah berkat Rossa yang memberikan modal kepadanya sebesar Rp30 juta. Dikutip dari Podcast Pak Igun di kanal YouTube Ivan Gunawan, saat itu Rossa meminta dibuatkan busana video klip dua hari sebelum syuting. Rossa juga memesan busana pengantin seharga Rp30 juta untuk pernikahannya dengan Yoyo.

"Justru aku bisa bikin butik itu dari modalnya dari Rossa, saat itu Ocha married, bikin baju di aku seharga Rp30 juta pada waktu itu 2005," ungkap Ivan Gunawan.

Makin sukses, busana rancangannya kerap dipakai beberapa selebritas dan sabet gelar "Best Dress"

Kini Jadi Desainer Terkenal, Ini Perjalanan Karier Ivan Gunawaninstagram.com/ivan_gunawan

Modalnya bertambah saat dirinya semakin sukses di dunia hiburan. Kini Ivan sudah memiliki butik sendiri bernama Love by Ivan Gunawan yang terletak di kawasan Jakarta Selatan. Berbagai rancangan busananya pun sudah banyak dipakai para selebritas, antara lain Ayu Ting Ting, Rina Nose untuk gaun perikahannya, hingga selebgram dan YouTuber Tasya Farasya.

Gaun rancangan Ivan Gunawan juga pernah dipakai oleh Kevin Liliana di ajang Miss International 2017. Gaun yang dinamai 'Mother of the Sea' itu berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional dengan mendapat gelar "Best Dress" di ajang Miss International 2017.

Miliki banyak bisnis clothing

Kini Jadi Desainer Terkenal, Ini Perjalanan Karier Ivan Gunawaninstagram.com/ivan_gunawan

Kini karier fashion desainer-nya sukses hingga ia Ia memiliki sejumlah brand. Ivan merintis bisnis busana muslim yang ia namai Mandjha By Ivan Gunawan untuk busana muslim perempuan dan Khalif Menswear untuk busana muslim pria. Lebih lagi, ia juga memiliki brand Ivan Gunawan Prive untuk busana perempuan premium eksklusif rancangannya yang lebih ke arah sopan dan muslimah.

Sedangkan mereka lainnya, PU-NYA Ivan Gunawan merupakan clothing brand dengan koleksi pakaian yang lebih modern, trendi, umum, dan anak muda. Bersama Rossa, Igun juga membuat brand clothing anak untuk usia 3 – 10 tahun. Brand tersebut dinamakan Minime Kidz dan bahkan sudah tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

Jadi pengusaha di dunia fashion, kini bertambah ke bisnis kecantikan dan kuliner

Kini Jadi Desainer Terkenal, Ini Perjalanan Karier Ivan Gunawaninstagram.com/ivan_gunawan

Masih berlanjut, selain sukses menjadi entertainer dan desainer, Ivan juga menjadi seorang pengusaha untuk bisnis fashion-nya. Kini usahanya kembali bertambah di bidang kecantikan dan kuliner. Ia memiliki sebuah salon yang diberi nama Ivan Gunawan Studio di daerah Bintaro, Tangerang. Selanjutnya, ia merilis brand kosmetik di bawah label Ivan Gunawan Cosmetics.

Pria yang memiliki julukan Super Duper Mega Bintang itu juga memiliki beberapa usaha kuliner. Seperti usaha minuman Kedjora Coffee yang sudah ada di kawasan Jakarta, Tangerang, Bogor, dan Bandung. Bisnis lainnya adalah Jajanan Mak Igun yang berupa baso aci dan peyek.

Itu dia perjalanan karier dan kesuksesan yang kini telah diraih oleh Ivan Gunawan. Semoga bisnis dan pekerjaannya sukses selalu.

Baca Juga: Potret Before dan After 5 Seleb yang di-Make Over Ivan Gunawan 

Baca Juga: Dari Cover Boy Hingga Entrepreneur, Begini Transformasi Ivan Gunawan

Baca Juga: Ranjangnya Seharga Rp250 Juta, Ini 9 Potret Rumah Mewah Ivan Gunawan