Melalui laman resminya dan pesan broadcast di Whats App, Alexa.com dan Amazon mengumumkan akan menutup atau memberhentikan layanan Alexa.com atau Alexa Internet. Penyedia web traffic ini direncanakan akan berhenti beroperasi pada 1 mei 2022 mendatang.

Dalam pernyataan resmi tersebut, tim Alexa.com mengucapkan terima kasih pada para pelanggan yang telah setia menggunakan layanan tersebut. Berikut ini ada pernyataan resmi dari Alexa.com.

Berdiri selama 25 tahun, Alexa.com akan segera berhenti

Penyedia Web Traffic, Alexa.Com Akan Tutup Pada 1 Mei 2022 Mendatangalexa.com

Didirikan pada tahun 1996 silam dan diakuisisi Amazon pada 1999 lalu, Alexa.com dengan pertimbangan yang sulit memutuskan untuk memberhentikan layanan tersebut.

Dua puluh lima tahun yang lalu, kami mendirikan Alexa Internet. Setelah dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau, dan mengonversi audiens digital Anda, kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022. Terima kasih telah menjadikan kami sumber daya Anda untuk penelitian konten, analisis kompetitif, penelitian kata kunci, dan banyak lagi.

 

Kami bangga melayani Anda sebagai pelanggan.

 

Terima kasih dengan tulus,

 

Tim Alexa.com

Tidak lagi menerima pelanggan baru

Penyedia Web Traffic, Alexa.Com Akan Tutup Pada 1 Mei 2022 Mendatangalexa.com

Alexa.com tidak akan lagi menerima pelanggan baru. Dikutip dalam laman resminya, Alexa.com berhenti menawarkan langganan baru pada 8 Desember 2021. Pelanggan dengan langganan yang ada akan terus memiliki akses ke langganan mereka hingga 1 Mei 2022.

Langganan yang ada akan tetap aktif hingga 1 Mei 2022. Setelah itu, pelanggan tidak lagi memiliki akses ke Alexa.com. Untuk tanggal penagihan langganan yang sudah ada, tanggal penagihan langganan terakhir adalah sebelum 1 April 2022. Pelanggan akan terus memiliki akses ke Alexa.com hingga 1 Mei 2022.

Layanan informasi web API Alexa.com juga akan turut dihentikan pada 8 Desember 2022. Pelanggan dapat mengekspor data penting mereka sebelum layanan dihentikan. Selain itu, pelanggan juga bisa menghapus akun Alexa.com.

Apa itu Alexa.com atau Alexa Internet?

Penyedia Web Traffic, Alexa.Com Akan Tutup Pada 1 Mei 2022 Mendatangalexa.com

Alexa Internet, Inc atau Alexa,com adalah sebuah anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California, dan menyediakan data komersial terkait traffic web. Didirikan sebagai sebuah perusahaan independen pada tahun 1996, Alexa kemudian diakusisi oleh Amazon pada tahun 1999.

Toolbar yang diciptakan oleh Alexa mengumpulkan data berupa kebiasaan berselancar penggunanya di internet dan mengirimkannya ke pusat data Alexa, di mana data-data tersebut disimpan dan di analisis, sehingga menjadi dasar dari laporan web traffic yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya.

Sebagaimana tercatat pada tahun 2014, Alexa menyediakan data traffic, ranking situs web secara global maupun dalam satu negara tertentu, dan berbagai informasi lainnya pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar.

Itulah kabar terbaru dari Alexa.com yang akan tutup atau berhenti beroperasi 1 Mei 2022 mendatang.

Baca Juga: Ada yang dari Harvard & MIT, Ini 9 Situs Online Learning Terpopuler! 

Baca Juga: Lindungi Data Pribadimu, Ini 10 Tips Aman Berinternet dari Google

Baca Juga: 11 Rekomendasi Merek Provider Internet di Indonesia