Keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina sedang berbahagia, pasalnya putra kedua mereka baru saja lahir pada Jumat (26/11/2021) kemarin. Kabar kelahiran ini pun disambut hangat dan bahagia oleh warganet dan trending hingga saat ini.

Bernama Rayyanza, bayi ini dijuluki pangeran Andara ke dua setelah kakaknya, Rafathar. Raffi Ahmad sendiri memang dikenal dengan Sultan Andara (Andara adalah nama tempat tinggal mereka). Tak heran anak-anaknya pun ‘kecipratan’ aura sultan dari sang ayah.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memang banyak disebut sebagai power couple dengan kekayaan fantastis. Dari acara TV, YouTube, hingga beragam bisnis dilakoni mereka. Berikut pendapatan dan Bisnis Raffi Ahmad hingga per 1 Desember 2021.

Estimasi kekayaan per 1 Desember 2021

Raup Ratusan Miliar, Ini Pendapatan Raffi Ahmad Hingga Tahun 2021instagram.com/raffinagita1717

Mengutip dari Popnable.com, pekriraan kekayaan bersih Raffi Ahmad yang diperbarui 1 Desember 2021 ini sekitar US$191,3 ribu atau setara Rp2,7 Miliar. Dari sumber lainnya, Digital Net Worth, Raffi diperkirakan memiliki net worth 2021 sebesar US$2 juta – US$3,5 juta atau setara dengan Rp28,7 miliar dengan penghasilan US$200 ribu – US$700 ribu.

Celeb Age Wiki memperkirakan kekayaan Raffi sebesar US$1 - US$5 juta. Sementara Popular Bio mengestimasi net worth Raffi di tahun 2021 sebesar US$10 - US$220 juta. Angka-angka tersebut masih berupa kisaran berdasarkan evaluasi yang dihasilkan oleh informasi publik tentang sponsorship atau sumber lain yang ditemukan di internet.

Secara pastinya tidak ketahui berapa total kekayaannya, tapi setidaknya Raffi telah mengantongi puluhan hingga ratusan miliar selama 2021 ini, yang berdasar dari pekerjaannya selama di layar kaca serta berbagai bisnis dan endorse atau sponsorship.

Pundi-pundi dari Rans Entertainment yang beraset Rp1,5 triliun

https://www.youtube.com/embed/YPYdtpqlz9Q

Raffi dan Nagita diketahui merupakan pendiri perusahaan yang bergerak di bidang rumah produksi bernama Rans Entertaiment. Sempat ingin dibeli sahamnya sekitar 60% oleh Eko Patrio, akhirnya Raffi menolak tawaran Eko.

Namun, tolakan tersebut justru membawa keuntungan, kekayaan perusahaannya itu malah naik 3 kali lipat hingga tahun 2021 dengan angka sekitar Rp1,5 triliun. Rans Entertainment sendiri sudah berdiri sejak 2015 dengan menggunakan platform YouTube.

Ada beragam jenis konten yang tersedia, mulai dari Vlog, musik, kuliner, perjalanan, permainan dan hiburan, animasi, siniar atau podcast dan konten agama. Mengutip dari Social Blade, estimasi pendapatan tahunan channel YouTube Rans Entertainment adalah sebesar US$393,3 ribu - US$6,3 juta atau setara dengan Rp5,6 miliar – Rp90 miliar dan belum termasuk dari sponsor.

Rumah Produksi RA Pictures

Raup Ratusan Miliar, Ini Pendapatan Raffi Ahmad Hingga Tahun 2021instagram.com/raffinagita1717

Raffi Ahmad bersama Fransen Susanto memiliki bisnis rumah produksi, RA Pictures yang telah menghadirkan banyak film Indonesia, seperti Dimsun Martabak yang dibintangi oleh Ayu Ting Ting dan Boy William serta film Ajari Aku Islam yang dibintangi oleh pasangan selebriti muda Cut Meyriska dan Roger Danuarta.

Label Musik Rans

https://www.youtube.com/embed/SX7SaPJ74aU

Raffi Ahmad bersama sang istri Nagita juga mendirikan label rekaman musik bernama Rans Music pada 2019 lalu. RANS Music berdiri dengan unit usaha yang terdiri dari Label Musik, Produksi Musik, Management Artis, Studio Rekaman dan studio latihan, serta menyediakan konten digital.

Beberapa artis seperti Element, lulusan Indonesian Idol hingga Betrand Peto pernah tampil di YouTube Rans Music. Kembali mengutip dari Social Blade, estimasi pendapatan tahunan YouTube Rans Music adalah US$7,9 ribu - US$127,1 ribu atau Rp11 juta hingga Rp1,8 miliar. Ini belum termasuk dengan penjualan album fisik secara offline.

Klub sepak bola dan olahraga lainnya

Raffi diketahui telah membeli klub sepak bola Cilegon FC yang saat ini bernama RANS Cilegon FC pada 31 Maret 2021 lalu. Tak hanya itu, Raffi juga memiliki klub basket bernama RANS PIK Basketball dan Moto2 World Championship, Indonesia Pertamina Mandalika SAG Team.

Dalam unggahan di Instagramnya, Raffi baru saja melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking untuk RANS Prestige Sportainment PIK 2 bersama dengan CEO Prestige Corp, Rudy Salim, Dito Ariotedjo, Pihak Agung Sedayu sebagai Developer PIK 2, Roofi Ardian sebagai Presiden RANS CFC, dan Jeremy Imanuel sebagai Presiden RANS PIK Basketball.

Ia memohon doa pada semua penggemar dan warganet agar pembangunan berjalan lancar dan diperkirakan menuju pertengahan tahun depan, 2022 bisa dibuka untuk umum sebagai sarana olahraga dan komersial bagi masyarakat se-Jabodetabek. Raffi juga memiliki klub olahraga digital yang diberi nama Rans eSport dengan akun YouTubenya yang sudah mencapai tiga ribu subcribers.

Endorsement dan brand ambassador

Raup Ratusan Miliar, Ini Pendapatan Raffi Ahmad Hingga Tahun 2021instagram.com/raffinagita1717

Raffi Ahmad diketahui kerap kali meng-endorse beberapa merek-merek ternama, baik produk kecantikan, fashion, elektronik, makanan, e-commerce, tempat perbelanjaan serta lainnya. Tarifnya pun fantastis, dalam sebuah perbincangan ia membeberkan bahwa tarif endorse di Instagramnya naik selama 2021 ini.

Dalam kanal YouTube Diaz Hendropriyono pada Januari lalu, Raffi membenarkan jika tarif sekali endorsement di akun Instagram-nya bervariasi mulai dari Rp40 hingga Rp100 juta namun bisa lebih atau kurang, atau bahkan ia tidak mematok atau tanpa bayaran sekalipun untuk para UMKM yang sedang merintis.

Bayaran fantastis untuk pekerjaan di layar kaca

Raup Ratusan Miliar, Ini Pendapatan Raffi Ahmad Hingga Tahun 2021instagram.com/raffinagita1717

Raffi mengawali karier sebagai entertainer. ia adalah penyanyi, aktor, sekaligus pembawa acara. Dari pekerjaan ini, ia diperkirakan berpendapatan Rp6 miliar per bulan. Pada awal tahun lalu terbongkar bahwa bayarannya sebagai pembawa acara langsung selama 2 jam adalah Rp450 juta hingga Rp475 juta.

Itulah perkiraan kekayaan Raffi Ahmad per 1 Desember 2021 yang berkisar hingga ratusan miliar rupiah, dengan aset mencapai triliunan rupiah.

Baca Juga: Makin Mewah, ini 9 Potret Terkini Rumah Raffi Ahmad Usai Renovasi

Baca Juga: Raffi Ahmad Youtuber Terkaya? Eits! Ditikung Deddy Corbuzier, nih!

Baca Juga: 10 Penampakan Rumah Masa Kecil Raffi Ahmad, Banyak Kenangan!