Nama Jung Eun hye menjadi perbincangan hangat setelah muncul di episode 14 drama Korea Our Blues. Jung Eun hye berperan sebagai kakak dari Lee Young ok (Han Ji min), Lee Young hui. Yang membuatnya menarik sekaligus diapresiasi adalah fakta bahwa Jung Eun hye merupakan seorang dengan Down Syndrome tapi bisa dengan baik melakukan akting.

Dalam cerita, Jung Eun hye memerankan Lee Young hui, kakak Young ok dengan down syndrome yang datang ke Pulau Jeju untuk mencari Young ok. Dia adalah satu-satunya anggota keluarga Young ok yang tersisa setelah orang tua mereka meninggal.

Episode yang tayang pada 22 Mei lalu pun sontak banjir air mata dan Eun hye mendapat pujian atas aktingnya. Lantas bagaimana sosok Jung Eun hye yang menjadi aktris pertama Korea Selatan dengan Down Syndrome? Berikut faktanya.

Peran Jung Eun hye di Our Blues

Muncul di Our Blues, Jung Eun hye Aktris Pertama dengan Down Syndromekbizoom.com

Eun hye mengambil peran Lee Young Hui, yang digambarkan sebagai orang penderita Down Syndrome yang tinggal di fasilitas untuk orang cacat di Seoul. Young Hui memiliki hobi merajut dan menjadi anak yang rajin membantu di fasilitas tersebut.

Meski menderita Down Syndrome, Young Hui tetap bisa bekerja paruh waktu di sebuah kedai kopi. Our Blues menjadi debut akting Eun hye dalam sebuah drama. Peran Young hui dalam drama ini juga merupakan orang yang bercita-cita menjadi seorang pelukis.

Merupakan seorang seniman

Muncul di Our Blues, Jung Eun hye Aktris Pertama dengan Down Syndromekbizoom.com

Darah seni memang sudah mengalir di tubuh Eun hye. Di dunia nyata, perempuan kelahiran 1990 itu merupakan seorang seniman aktif yang telah melukis selama delapan tahun, melansir dari KBIZoom. Jung Eun-hye adalah seorang seniman yang menandatangani kontrak dengan Jamsil Creative Studio dari Seoul Cultural Foundation.

Ia sudah mulai melukis potret atau karikatur di Pasar Sungai Munho di Yangpyeong, Provinsi Gyeonggi, pada tahun 2016, menggambar wajah 4.000 orang dan menjadi terkenal sebagai pelukis "Your Face". Dia juga berbagi kehidupan sehari-harinya sebagai pelukis melalui saluran YouTube “Your Face Eun hye.”

Memiliki gejala skizofrenia yang hilang setelah menggambar

Muncul di Our Blues, Jung Eun hye Aktris Pertama dengan Down Syndromekbizoom.com

Dalam wawancara sebelumnya, sang ibu, Jang Cha hyun, yang merupakan artis kartun “Ttori's House” mengatakan bahwa Eun hye sempat menunjukkan kemunduran dan gejala gangguan psikologi, termasuk skizofrenia. Dengan kata lain, kisah Young hui, yang menunjukkan gejala skizofrenia dalam drama, sebenarnya adalah kisah Jung Eun-hye.

“Setelah lulus dari sekolah, orang dewasa dengan cacat perkembangan tidak punya tempat untuk pergi. Eun hye, yang tinggal di rumah, mulai mengalami kemunduran, dan dia juga menunjukkan gejala tic, gejala obsesif-kompulsif penglihatan, dan skizofrenia,” kata Jang Cha hyun.

Muncul di Our Blues, Jung Eun hye Aktris Pertama dengan Down Syndromekbizoom.com

“Aku mendirikan studio di depan sekolah dan memberi Eun hye pekerjaan pembersihan, tapi dia mulai menggambar setelah melihat anak-anak lain menggambar. Saat dia mulai fokus menggambar, gejala tic dan skizofrenia menghilang, dan dia melanjutkan hidupnya sebagai seseorang dengan kehadiran yang benar-benar normal di masyarakat,” tambahnya.

Kisahnya dibuat dalam film dokumenter

Muncul di Our Blues, Jung Eun hye Aktris Pertama dengan Down Syndromekbizoom.com

Kembali melansir dari KBIZoom, kisah Jung Eun hye juga dibuat menjadi film dokumenter berjudul “Your Face”. Film ini memenangkan Excellence Award di Seoul Environmental Film Festival tahun lalu. Film dokumenter Eun hye dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 23 bulan depan.

Itulah fakta-fakta seputar Jung Eun hye, aktris Down Syndrome pertama di Korea Selatan yang berhasil mengambil hati penonton di serial Our Blues. 

Baca Juga: Berlatar Pulau Jeju, Ini 7 Karakter Pemeran Drama Korea 'Our Blues'

Baca Juga: Jimin BTS Debut Jadi Pengisi OST Drama 'Our Blues'

Baca Juga: Belum Tayang, Alur Cerita 'Our Blues' Diterpa Kontroversi Serius