Akhir-akhir ini mulai ramai kembali perbincangan tentang selebritas Korea terkaya dan dengan bayaran tinggi. Mereka bisa mendapat jutaan dollar dari pekerjaan mereka, entah itu sebagai penyanyi atau aktris atau aktor.

Tapi di sisi lain, pundi-pundi pendatapan mereka juga didapatkan dengan berbagai brand yang bekerja sama dengan mereka. Para selebritas ini menunjukkan pengaruh mereka tidak hanya melalui musik dan peran akting mereka, tetapi juga melalui dukungan merek yang dikenal sebagai CF (commercial film) atau film komersial di Korea.

Beberapa aktor dan aktris bahkan dijuluki raja atau ratu CF karena menandatangani kerjasama dengan berbagai merek ternama. Bayaran mereka tentu amat fantastis. Variety show Entertainment Company Live baru-baru ini merilis daftar selebritas yang memperoleh penghasilan paling banyak melalui CF saja tahun 2021 ini.

8. Youn Yuh-jung

Jadi Brand Ambassador, Ini 8 Seleb Korea dengan Bayaran CF Tertinggireuters

Perkiraan penghasilan: 2,1 miliar won (US$1,7 juta)

Aktris veteran Yoon Yuh-jung berada di urutan ke-8 dengan perkiraan penghasilan 2,1 miliar won (sekitar US$1,7 juta), menurut laporan Star Today. Penampilannya di Minari membuatnya memenangkan Academy Award untuk aktris pendukung terbaik awal tahun ini. Hal itu sekaligus menjadikannya wanita Korea pertama dan wanita Asia kedua yang memenangkan Oscar.

Dengan popularitasnya itu, perempuan berusia 74 tahun ini menjadi bintang yang sangat dicari untuk iklan. Dia menarik khalayak luas dan dilaporkan menjadi model untuk tujuh merek tahun ini, mulai dari bir hingga perusahaan peralatan rumah tangga.

7. Lim Young-woong

Perkiraan penghasilan: 2,8 miliar (US$2,3 juta)

Penyanyi trot Lim Young-woong menempati posisi ke-7 dengan perkiraan penghasilan 2,8 miliar won (US$2,3 juta), kembali menurut laporan Star Today. Penyanyi berusia 30 tahun itu menjadi bintang terkenal setelah penampilannya di acara kompetisi musik Mr. Trot pada awal tahun 2020.

Namanya kian meroket menuai popularitas di Korea dan memberinya sejumlah sponsorship dari merek yang menguntungkan. Young Woong menjadi model untuk tujuh merek tahun ini, termasuk produk makanan, merek pakaian, dan perawatan kulit.

Menurut video di balik layar dari sebuah iklan yang diposting di saluran YouTube pribadinya, sang bintang mempelajari produk secara menyeluruh sebelum syuting. Dedikasinya bahkan mengejutkan direktur iklan, jadi tidak heran dia menjadi model dukungan yang dicari.

6. Jennie (BLACKPINK)

Perkiraan penghasilan: 5 miliar won (US$4,1 juta)

Tidak heran ketika nama Jennnie muncul di daftar ini. Berasal dari girl group populer dan Jennie sendiri amat dicintai banyak orang, membuatnya digandeng oleh berbagai merek hingga merek-merek besar dunia.

Menurut Star Today, ia memperoleh 5 miliar won (US$4,1 juta) dari lima merek saja tahun ini. Dia menandatangani tiga endorsement baru yang sebelumnya dipegang oleh "CF Queen", Bae Suzy, dan memperkuat statusnya sebagai endorser yang sedang naik daun, bahkan mungkin "CF Queen" yang baru.

Menjadi brand ambassador bagi merek fashion mewah Chanel, daya jual idol berusia 25 tahun ini melampaui Korea Selatan dan meluas secara global.

5. Son Heung-min

Perkiraan penghasilan: 6 miliar won (US$5 juta)

Superstar sepak bola Korea Selatan dan penyerang untuk klub Liga Premier Tottenham Hotspur ini, berada di posisi ke-5 dengan perkiraan pendapatan 6 miliar won (US$5 juta), menurut News21.

Setelah menandatangani kontrak dengan Tottenham pada tahun 2015 dan menjadi pemain Asia termahal dalam sejarah, tidak mengherankan, jika Son Heung Min membuat gelombang di negara asalnya, terutama dengan sponsorship.

Pemain berusia 29 tahun ini telah mencapai status "kelas dunia" di dunia CF, meskipun hanya memfilmkan enam CF tahun ini, termasuk sampo, pisau cukur, hingga produk makanan.

4. Jo Jung-suk

Perkiraan penghasilan: 7,7 miliar won (US$6,5 juta)

Karena keramahan dan kerendahan hatinya, bintang Hospital Playlist satu ini menjadi bintang favorit untuk berbagai merek. Dia memfilmkan 11 endoserment pada tahun ini saja, serta meraup total perkiraan 7,7 miliar won (US $ 6,5 juta), menurut Zapzee.

Dari meng-endorse layanan pendidikan bahasa Inggris hingga masker, Jungsuk telah membuktikan keserbagunaannya di dunia CF, dan bahkan pemirsa berkomentar bahwa ia membawa rasa keakraban dengan iklannya. Baru-baru ini, aktor berusia 40 tahun itu bahkan diberi penghargaan “model of the year" oleh Asosiasi Iklan Korea.

3. Park Seo-joon

Perkiraan penghasilan: 9,8 miliar won (US$8,2 juta)

Setelah sukses dengan banyak drama seperti What's Wrong with Secretary Kim dan Itaewon Class, aktor satu ini telah menjadi model CF yang sangat dicari selama beberapa tahun terakhir sampai 2021 ini.

Ia diperkiraan telah menghasilkan pundi-pundi total 9,8 miliar won (US$8,2 juta), menurut Star Today, dari CF tahun ini saja. Image dan ketenaran aktor berusia 32 tahun itu menarik bagi khalayak luas, tidak hanya wanita, tetapi juga para pria muda. Bahkan ia juga digandeng untuk CF asing dari luar Korea, seperti satu untuk perusahaan telepon Filipina.

2. Jun Ji-hyun

Jadi Brand Ambassador, Ini 8 Seleb Korea dengan Bayaran CF Tertinggim.vlive.tv

Perkiraan penghasilan: 15 miliar won (US$12,5 juta)

Memasuki posisi ke-2, kamu tentu tak terkejut jika nama aktris berpenghasilan tertinggi Korea, Jun Ji Hyun, muncul di daftar. "CF Queen" Korea yang telah lama berkuasa menjadi model, dan kini ada 15 merek di tahun ini. Dari CF tersebut, Jun Ji Hyun menghasilkan sekitar 15 miliar won (US$12,5 juta), lapor Star Today.

Aktris senior ini selalu menjadi perhatian terlebih saat ia comeback drama yang memang telah lama ditunggu-tunggu, Jirisan. Bahkan Jun Ji Hyun juga ditunjuk sebagai duta besar Korea Selatan pertama untuk merek fashion Alexander McQueen. Termasuk fashion, perhiasan dan bahkan sampo, aktris berusia 40 tahun ini telah menunjukkan pengaruhnya sebagai aktris dan model CF.

1. BTS

https://www.youtube.com/embed/OJ12GwU2KRU

Perkiraan penghasilan: 65 miliar won (US$55,1 juta)

Posisi teratas jatuh ke salah satu grup K-pop terpanas di dunia, BTS, yang memperoleh sekitar 65 miliar won hanya melalui iklan. Memenangkan penghargaan Artist of The Year di American Music Awards tahun ini, dan dinominasikan pada Grammy Award dalam kategori duo/grup pop terbaik, BTS terus membuat sejarah.

Popularitasnya menjadikan mereka model CF paling mahal tahun ini. Dan tentu yang paling menonjol adalah iklan dari merek makanan siap saji, McDonald's x BTS yang menyumbang sekitar 10 miliar won (US$8,5 juta) untuk pendapatan mereka.

Itulah 8 selebritas Korea Selatan dengan bayaran CF tertinggi.

Baca Juga: Jun Ji-Hyun #1, Daftar Artis Korea dengan Bayaran Termahal per Episode

Baca Juga: Lesti Kejora Paling Muda, Ini 7 Penyanyi Dangdut Terkaya di Indonesia

Baca Juga: Dapat Bayaran Termahal di Tahun 2020, Ini 5 Aktris Korea Terbaik