Menyusul kebakaran yang terjadi di Gedung Cyber di Jalan Kuningan Barat Raya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, sejumlah server aplikasi dan website mengalami gangguan atau down. Kebakaran tersebut terjadi pada Kamis (2/12/2021) siang akibat dari hubungan arus pendek listrik.

Kebakaran terjadi di Gedung lantai 2, jenis bangunan menengah seperti yang dikatakan oleh Humas Gulkarmat DKI Jakarta, Mulat Wijayanto. 22 unit mobil pemadam kebakaran dengan 100 personel akhirnya berhasil memadamkan api setelah 30 menit terjadi.

Kebakaran tersebut pun memakan dua korban jiwa dan sejumlah aplikasi serta website mengalami gangguan. Berikut daftar website dan aplikasi yang mengalami gangguan pasca kebakaran Gedung Cyber.

1. BMKG

Gedung Cyber Kebakaran, 8 Aplikasi & Website Ini Alami Gangguanbmkg.go.id

Website BMKG sempat down sesaat setelah terjadi kebakaran Gedung Cyber. Hal itu dikonfirmasi oleh Prakirawan BMKG Juanda Surabaya, Ary Pulung. Masyarakat dialihkan ke call center atau sosial media BMKG. Namun, pagi ini terpantau website sudah dapat diakses kembali.

2. Niagahoster

Website Niagahoster juga sempat mengumumkan bahwa server website mengalami down akibat kebakaran Gedung Cyber. Dalam keterangannya melalui cuitan, gangguan tersebut sudah diperbaiki dan kini sudah bisa diakses kembali.

3. Ajaib Investasi

Aplikasi Ajaib Investasi juga mengalami gangguan setelah sejumlah pengguna mengeluhkan error. Pihak aplikasi kemudian membuka suara melalui Twitter yang mengatakan memang ada gangguan sementara dalam bertransaksi.

4. IPOT

Aplikasi keuangan milik PT Indo Premier Sekuritas, IPOT, juga mengalami gangguan. Dalam keterangan yang disampaikan pihak IPOT, dampak dari kebaran tersebut adalah gangguan jaringan data beberapa sekuritas termasuk IPOT dan kini sedang dalam perbaikan. Kini, Jumat (3/12/2021) pagi, layanan sudah kembali normal.

5. Call Center BPBD Jakarta

Layanan lainnya yang juga terdampak adalah Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta. Mengutip dari akun Twitter resminya, BPBD Jakarta mengatakan bahwa untuk sementara layanan call center Jakarta Siaga dengan nomor 112 tidak dapat dihubungi. Tapi, kini call center sudah kembali normal dan dapat dihubungi.

6. Rumah Web Indonesia

Layanan hosting lainnya yang mengalami eror adalah Rumah Web Indonesia. Gedung Cyber sendiri menjadi Gedung yang digunakan Rumah Web Indonesia sebagai data center. Dalam utas yang dibagikan di akun Twitter, pihak Rumah Web Indonesia memberikan langkah mitigasi bagi para pelanggannya selagi memberi update perbaikan server.

7. Aplikasi M TIX

Aplikasi pemesanan tiket bioskop m.tix juga mengalami kendala. Dalam pernyataannya di cuitan Twitter resminya, m.tix memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan sedang berupaya mengatasinya. Pagi ini, layanan aplikasi sudah berhasil diatasi dan kembali normal.

8. Shopee

Dengan kebakaran tersebut, aplikasi Shopee juga sempat mengalami kendala di beberapa layanan Shopee dan juga layanan Mitra Shopee. Namun, terhitung pagi ini, kendala sudah berhasil di atasi dan layanan sudah kembali berjalan normal.

Itulah 8 website dan aplikasi yang mengalami gangguan akibat kebakaran Gedung Cyber dan kini beberapa sudah kembali normal.

Baca Juga: Kocak! Ini 7 Meme Lucu Pengguna Indihome Setelah Bisa Nonton Netflix

Baca Juga: Dijamin Berguna, 8 Website Bermanfaat yang Tidak Banyak Orang Tahu

Baca Juga: Ada yang dari Harvard & MIT, Ini 9 Situs Online Learning Terpopuler!