Aktris cilik yang kini menjadi aktris papan atas Korea Selatan, Park Shin Hye, hari ini resmi menikah. Setelah membagikan kabar bahagia bahwa dirinya sedang hamil dan akan segera menikah pada November 2021 lalu, akhirnya tepat 22 Januari 2022 ia resmi menyandang status sebagai istri dari aktor Choi Tae Joon.

Penuh dukungan dari penggemar dan rekan selebritas lainnya, pernikahan mereka berlangsung tertutup walau tak mengurangi sukacitanya. Melejit sebagai Cha Eun Sang di The Heirs, Park Shin Hye kian menarik perhatian hingga proyek terakhirnya di film The Call dan #Alive.

Untuk kamu yang ingin mengenalnya lebih jauh, berikut ada 9 fakta Park Shin Hye, aktris dengan pengalaman akting hampir dua dekade, yang resmi menikah.

1. Memulai debutnya pada usia 13

Si Ratu Amal, Ini Fakta Park Shin Hye yang Hari Ini Resmi Menikahpinterest.com

Park Shin Hye memulai kariernya di usia yang masih muda. Ia debut pada usia muda 13 tahun berkat penyanyi veteran Lee Seung-hwan dan guru gerejanya. Suatu hari, guru gerejanya kebetulan melihat foto Park Shin hye yang diambil di sebuah studio foto. Gurunya kemudian mengirimkan beberapa gambar ke Dream Factory, sebuah agensi hiburan yang didirikan oleh penyanyi Lee Seung-hwan.

Setelah melihat foto-foto tersebut, Lee Seung-hwan memutuskan untuk memilih Park Shin Hye sebagai model untuk video musiknya. Dia secara resmi memulai debutnya di video musiknya untuk “Do You Love Me!”. Kemudian, dia muncul lagi di video musik yang berjudul “Flower”.

https://www.youtube.com/embed/JGVZM59OwHg

Setelah debutnya pada tahun 2003, Lee Seung-hwan ingin Park Shin Hye menjadi seorang penyanyi. Dia bahkan meminta Tablo Epik High membuat lagu yang cocok dengan Park Shin Hye. Dan akhirnya muncullah “Fly”. Namun, Shin Hye menolak debut sebagai penyanyi dan mengambil jalur akting. Park Shin Hye memulai debut aktingnya dalam drama Stairway to Heaven pada tahun 2003.

2. Memenangkan Best Child Actress Award pada tahun 2003

Si Ratu Amal, Ini Fakta Park Shin Hye yang Hari Ini Resmi Menikahpinterest.com

Stairway to Heaven menjadi drama debutnya dan menjadi drama yang membuatnya memenangkan penghargaan. Meskipun usianya masih muda dan kurang dalam pengalaman akting, ia berhasil membuat penonton terkesan dengan penampilannya yang luar biasa. Ia pun memenangkan Best Child Actress Award di SBS Drama Awards 2003.

3. Memiliki suara yang bagus

https://www.youtube.com/embed/Jf_tQ0joKoc

Tak hanya dikenal dengan bakat aktingnya, Shin Hye juga memiliki suara yang bagus. Bakatnya inilah yang menjadi alasan mengapa Lee Seung-hwan ingin Park Shin Hye menjadi seorang penyanyi. Tak tanggung-tanggung, ia juga pandai bermain gitar, lho, Bela.

Shin Hye berpartisipasi dalam beberapa OST untuk drama terkenal. Lagu-lagunya termasuk “Story” di The Heirs, “Love Is Like A Snow” di Pinocchio, dan “Pitch-Black” di Flower Boy Next Door. Pada tahun 2014, ia merilis lagu berjudul “My Dear” yang juga ikut dalam penulisan lagunya.

4. Si "social butterfly"

Park Shin-hye dikenal karena jaringan luas teman-teman selebritinya, dan dia bahkan mendapatkan julukan "Ratu Koneksi Pribadi" atau yang kini banyak disebut social butterfly. Sebut saja aktor Lee Jong-suk, penyanyi sekaligus aktor Lee Hong-gi, aktor-idol Ok Taec-yeon, dan aktris Lee Sung-kyung yang pernah menjadi teman satu drama.

Park Shin-hye lulus dari Universitas Chung-ang, dan dia terdaftar di Departemen Studi Teater dan Film. Beberapa alumni dari universitas dan jurusan yang sama antara lain Kim Soo-hyun, Kang Ha-neul, dan Kim Bum.

5. Bercita-cita jadi polisi

Si Ratu Amal, Ini Fakta Park Shin Hye yang Hari Ini Resmi Menikahinstagram.com/ssinz7

Pada 2020 lalu, aktris 31 tahun itu mengungkapkan bahwa dia pernah bermimpi menjadi seorang perwira polisi ketika masih muda. Saat ia berada di kelas satu, rumahnya pernah kerampokan. Saat itu, perampok mencuri sekitar KRW800.000 (US$671.64) di dompet ibunya. Hal itu membuatnya ingin menjadi seorang polisi. Tapi, akhirnya ia melepaskan mimpi itu saat kelas enam dan kini ia berubah menjadi seorang aktris yang sukses.

6. Suka olahraga

Si Ratu Amal, Ini Fakta Park Shin Hye yang Hari Ini Resmi Menikahinstagram.com/ssinz7

Jangan tertipu oleh penampilannya yang lemah lembut, sopan dan seperti dewi ini, faktanya Park Shin-hye merupakan seorang yang cukup tomboy dan gemar olahraga untuk menjaga tubuhnya tetap aktif.

Tak segan-segan, ia melakukan olahraga seperti kickboxing dan bersepeda. Pada tahun 2013, Park Shin-hye tampil di Top Gear Korea, sebuah acara hiburan yang diadaptasi dari program Inggris dengan nama yang sama.

Di Top Gear Korea, selebriti berkumpul untuk meninjau mobil terbaru dengan pergi berkendara. Ada segmen yang disebut Star Lap, di mana selebriti diberi waktu dan peringkat menurut kecepatan mereka. Park Shin-hye berada di tempat pertama di antara para pemeran perempuan, dan ketiga secara keseluruhan!

Si Ratu Amal, Ini Fakta Park Shin Hye yang Hari Ini Resmi Menikahinstagram.com/ssinz7

Ia juga merupakan penggemar berat KIA Tigers, tim bisbol profesional Korea. Park Shin Hye diberi julukan "Randy-Shin-hye" saat dia melempar dengan tangan kirinya, seperti pelempar baseball profesional Randy Johnson, selama musim Liga KBO (Organisasi Bisbol Korea) 2006.

Lemparannya menjadi sensasi karena pelempar kidal tidak biasa seperti pelempar tangan kanan. Park Shin Hye berhasil mempertahankan pose yang sempurna saat melempar, dan kepercayaan diri serta atletisnya membuat penonton terkejut.

7. Buka restoran untuk orangtuanya dengan tabungannya

Park Shin-hye dikenal sebagai anak yang berbakti pada orangtua. Dia bahkan membuka restoran babat daging sapi untuk orangtuanya dengan tabungan pribadinya. Restoran orangtuanya menjadi dikenal luas oleh publik ketika dia mengungkapkannya di Three Meals a Day, sebuah reality show Korea.

Ketika dia tampil sebagai tamu di Three Meals a Day, Lee Seo-jin, Ok Taec-yeon, dan kru produksi terkesan dengan keterampilan memasaknya. Park Shin Hye kemudian berbagi bahwa dia akan membantu orangtuanya di restoran kapan pun dia bisa.

8. Sang ratu amal

Si Ratu Amal, Ini Fakta Park Shin Hye yang Hari Ini Resmi MenikahMBC

Selain menjadi anak yang berbakti, Park Shin-hye juga dikenal sebagai "malaikat donasi" yang kerap membagikan miliknya kepada orang lain yang membutuhkan. Penampilannya di film dokumenter MBC, Humanimal, menyentuh hati banyak pemirsa saat ia menyumbangkan seluruh biaya penampilannya ke Elephants Without Borders, sebuah organisasi perlindungan gajah.

Pada tahun 2009, Park mendirikan "Pusat Shinhye" di Ghana, yang mencakup perpustakaan dan aula audio visual. Pusat kedua dibangun di Manila, Filipina pada tahun 2016. Dia memiliki anak yang disponsori bernama Abanne. Sejak 2011, Park Shin Hye juga diketahui telah mendirikan Starlight Angel Project, mempelopori kegiatan untuk membantu anak-anak baik di dalam maupun di luar negeri.  

9. Terima banyak penghargaan dan jadi duta

Si Ratu Amal, Ini Fakta Park Shin Hye yang Hari Ini Resmi Menikahinstagram.com/ssinz7

Semasa kariernya yang lebih dari dua dekade itu, aktris dengan julukan Nation Little Sister ini juga mendapat beragam penghargaan dari acara penghargaan stasiun televisi. Tapi tak hanya itu, dia juga pernah masuk dalam daftar Korea Power Celebrity oleh Forbes Korea, di peringkat ke-33.

Shin Hye juga menerima Penghargaan Perdana Menteri di Penghargaan Budaya Populer Korea atas kontribusinya pada Hallyu. Sederet status duta yang pernah disematkan padanya, yaitu;

  • PR Ambassador of Seoul International Cartoon and Animation Festival (SICAF) (2009)
  • PR Ambassador of 17th Jeonju Film Festival (2010)
  • PR Ambassador for 'Stop Hunger' campaign (2011)
  • PR Ambassador of 49th Grand Bell Awards (2012)
  • PR Ambassador for Anti-Counterfeit Good Campaign (2013)
  • Chung-Ang Ambassador (2014).
Si Ratu Amal, Ini Fakta Park Shin Hye yang Hari Ini Resmi Menikahinstagram.com/ssinz7

Itulah fakta-fakta Park Shin Hye yang resmi menikah dengan Choi Tae Joon hari ini 22 Januari 2022. Selamat untuk keduanya, bahagia dan sukses selalu!

Baca Juga: Park Shin Hye dan 8 Artis Korea yang Umumkan Kehamilan pada 2021

Baca Juga: Potret Dulu Hingga Kini Park Shin Hye yang Siap Menikah di Tahun 2022 

Baca Juga: 12 Rekomendasi Drama dan Film Terbaik Park Shin Hye