Para idol K-pop datang dari berbagai lapisan atau latar belakang yang beragam. Ada yang dari aktor cilik, mantan model, melalui street casting (diambil atau audisi di jalan), ditunggu di depan sekolah, hingga merupakan seorang penari latar untuk bintang besar terkenal lainnya.

Mereka yang datang dari sebagai penari latar, menari di luar sorotan dengan caranya sendiri hingga kini menjadi superstar yang dikagumi di berbagai dunia. Talentanya diakui dan karya-karyanya disukai. Siapa sajakah mereka? Dari member BTS hingga solois Chungha, berikut 10 idol K-pop yang pernah jadi penari latar.

1. BTS Jungkook, J-Hope, Jimin, Jin, V dan Suga

Dari V BTS Hingga Chungha, 10 Idol K-Pop Ini Pernah Jadi Penari Latartwitter.com/BTS_twt

Sebelum menjadi member BTS yang kerap memecahkan rekor tangga lagu Billboard, keenam member ini pernah menari untuk artis senior lainnya di bawah agensi mereka. Pada tahun 2012, setahun sebelum debut mereka, Jungkook yang berusia 16 tahun dan J-Hope yang berusia 19 tahun, berdiri di belakang Jo Kwon dari 2am untuk penampilan solonya di lagu “I'm Da One”.

https://www.youtube.com/embed/HWgH0DsD0pQ
https://www.youtube.com/embed/gWwE28qmdfU

Sedangkan Jin, V dan Suga, pernah membuat penampilan spesial di video musik lagu tersebut. Ini bukan satu-satunya saat mereka berdiri di belakang artis senior. Ketika girl grup, Glam memulai debutnya di bawah Hybe (sebelumnya Big Hit Entertainment), pada tahun 2012, Jimin, Suga, Jungkook, dan J-Hope berkumpul sekali lagi dan tampil sebagai penari latar pada debut grup tersebut.

2. Chungha

Dari V BTS Hingga Chungha, 10 Idol K-Pop Ini Pernah Jadi Penari LatarMBC

Chungha yang merupakan mantan member girl group IOI dan kini menjadi diva solo, pernah mengawali karier sebagai penari latar. Dia mengalami beberapa pasang surut di awal kariernya dan menghabiskan tujuh tahun yang panjang sebagai trainee.

Pada tahun 2013, dia menari di sebelah Ulala Session untuk penampilan mereka di acara Immortal Songs: Singing the Legend, sebuah pertunjukan yang turut menampilkan dirinya sebagai artis solo, empat tahun setelah debutnya sebagai penari latar.

Dari V BTS Hingga Chungha, 10 Idol K-Pop Ini Pernah Jadi Penari Latarscmp.com

Bintang berusia 25 tahun ini juga dikenal sebagai teman baik bagi para penarinya, bisa jadi karena pengalaman masa lalunya itu. Ia secara blak-blakan mendukung para penarinya. Di acara radio EBS, Chungha's Listen pada 2019, dia berkata: “Saya benci kata penari cadangan. Bisakah kita mengeluarkan 'punggung' di depan para penari?”

3. Hyoyeon SNSD

Dari V BTS Hingga Chungha, 10 Idol K-Pop Ini Pernah Jadi Penari Latartwitter.com/Hyoyeon_djhyo

Salah satu penari K-pop paling berbakat, Hyoyeon adalah penari utama di girl grup Girls' Generation dan juga debut sebagai salah satu anggota super girl group, GOT the Beat. Tapi, kesuksesannya saat ini setelah ia menghabiskan tujuh tahun sebagai trainee dan menari di belakang banyak artis senior. Salah satunya, sebagai penari latar untuk BoA di Festival Video Musik Mnet KM 2005.

https://www.youtube.com/embed/t4aVEUbNRK0

Idol berusia 32 tahun itu membentuk duet tari dengan Min, mantan anggota girl group Miss A yang sekarang sudah bubar, bernama Little Winners. Penampilan mereka bahkan mendapat perhatian di kancah jalanan dan memenangkan Street Jam Contest 2003.

4. Shownu Monsta X

Dari V BTS Hingga Chungha, 10 Idol K-Pop Ini Pernah Jadi Penari Latarinstagram.com/shownuayo

Masih ingat penari yang memikat di penampilan Lee Hyori di “Bad Girl” pada tahun 2013? Kamu tahu itu siapa? Ya, benar! itu adalah Shownu Monsta X sebelum debutnya bersama dengan enam anggota lain di boy group Monsta X pada tahun 2015.

Dari V BTS Hingga Chungha, 10 Idol K-Pop Ini Pernah Jadi Penari LatarSBS

Menari sebagai pasangan dalam lagu tersebut, Shownu telah mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Lee Hyori berkali-kali di acara hiburan. Menurut Koreaboo, Shownu mengatakan bahwa dia akan mendapatkan makanan dengan para penari setelah pertunjukan, dan bahkan Lee Hyori memberi mereka pemesanan untuk layanan tanning kulit secara gratis.

5. Kang Daniel

Dari V BTS Hingga Chungha, 10 Idol K-Pop Ini Pernah Jadi Penari Latarkangdanieldata.tumblr.com

Sang Center Produce 101 dan Wanna One ini juga sudah dikenal sebagai penari berbakat. Latar belakang breakdance-nya membuat Daniel sangat cocok untuk perannya sebagai pembawa acara program tari populer Street Woman Fighter dan Street Dance Girls Fighter.

Penyanyi berusia 25 tahun itu, juga mencantumkan "penari latar" di resume-nya saat ia mendaftar sebagai peserta Produce 101. Sebelum debutnya, ia menari di samping Cao Lu Fiestar di acara Her Secret Weapon pada tahun 2015.

https://www.youtube.com/embed/gz11TLDtZR4

Cao Lu membawakan lagu "Invitation" bersama Park Sihyun Spica. Dalam sebuah wawancara dengan SBS Access Showbiz Tonight pada tahun 2017, Daniel mengatakan bahwa karena ini adalah pertama kalinya dia menari dengan seorang gadis, dia sangat gugup sehingga tangannya gemetar.

Itulah 10 idol K-pop yang pernah menjadi penari latar untuk senior-seniornya yang sudah terkenal sebelum debutnya sebagai superstar.

Baca Juga: Ada yang Jadi Koki, 12 Kehidupan Idol K-Pop Setelah Pensiun Dini

Baca Juga: 5 Idol K-Pop Ini Bernasib Kurang Beruntung Saat Debut Akting

Baca Juga: Kini Sukses Besar, Ini 10 Kisah Idol K-Pop yang Nyaris Gagal Debut