Academy Awards ke-94 atau Oscar 2022 telah berlangsung pada 28 Maret 2022 waktu Indonesia. Acara tersebut digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat. Dengan masih menerapkan protokol COVID-19, acara digelar sedikit berbeda tahun ini.

Para nominasi dan pemenang pun cukup menarik perhatian. Nominasi dari acara yang diselenggarakan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences itu, kini lebih beragam dan cukup mendapat pujian. Tak hanya itu, berikut ada beberapa hal menarik lainnya dari perhelatan Oscar 2022.

1. Nominasi lebih beragam

Chris Rock Ditampar Will Smith, Ini 10 Highlight Oscar 2022hollywoodinsider.com

Di tahun ini, Oscar menampilkan nominasi yang lebih beragam. Layanan streaming dapat membawa pulang piala untuk Film Terbaik, misalnya. Academy Awards sendiri sering dikritik karena kurangnya keragaman dalam nominasinya. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, para nominasi telah menjadi perayaan inklusivitas.

2. Berlangsung dipandu tiga pembawa acara

Chris Rock Ditampar Will Smith, Ini 10 Highlight Oscar 2022variety.com

Melansir dari CNBC, trio Regina Hall, Amy Schumer dan Wanda Sykes menjadi pembawa acara selama upacara penghargaan tersebut. Selama tiga tahun terakhir, acara tersebut tidak memiliki pembawa acara.

3. Dibuka dengan penampilan kuat dari Beyoncé

Chris Rock Ditampar Will Smith, Ini 10 Highlight Oscar 2022twitter.com/anthunesarth

Academy Acards ke-94 dibuka dengan kuat dan meriah oleh penyanyi Beyoncé. Ia bersama sejumlah penari yang mengenakan pakaian hijau seperti bola tenis dan menggebrak Oscar dengan penampilan mereka yang membuat pemirsa terpaku pada layar. Ikon R&B itu membawakan lagu nominasinya dari film King Richard, “Be Alive”. Bukan di atas panggung Dolby Theatre, Beyonce membawakan lagu tersebut secara virtual.

https://www.youtube.com/embed/4aeDlZOD-B0

4. Ariana DeBose buat sejarah

Chris Rock Ditampar Will Smith, Ini 10 Highlight Oscar 2022twitter.com/TheAcademy

Aktris Ariana DeBose membuat sejarah sebagai Afro Latina pertama dan perempuan kulit berwarna pertama yang memenangkan Academy Award untuk akting. Ia memenangkan kategori Best Supporting Actress untuk perannya sebagai ikonik Anita dalam West Side Story versi Steven Spielberg.

5. Troy Kotsur pria tuli pertama yang menang Best Supporting Actor

Chris Rock Ditampar Will Smith, Ini 10 Highlight Oscar 2022twitter.com/TheAcademy

Tak hanya DeBose, ada aktor lain yang juga membuat sejarah di Oscar 2022. Ia adalah Troy Kotsur, pria tunarungu pertama yang memenangkan Academy Award untuk kategori Best Supporting Actors untuk perannya di Coda.

Dalam pidatonya, Kotsur mendedikasikan pialanya untuk komunitas Tuli, Coda dan komunitas disabilitas. Kotsur menjadi bukti bahwa menjadi tunarungu bukanlah sebuah hambatan untuk sukses di panggung dan di layar, ia sekaligus memberi motivasi untuk penyandang disabilitas lainnya untuk tetap semangat dan berkarya.

6. Mengheningkan cipta untuk rakyat Ukraina

Chris Rock Ditampar Will Smith, Ini 10 Highlight Oscar 2022GettyImages

Di tengah kemeriahan, Academy Awards juga tak lupa untuk mengheningkan cipta dan menghormati rakyat Ukraina yang sedang mengalami penderitaan karena serangan oleh pasukan Rusia.

“Kami ingin mengheningkan cipta untuk menunjukkan dukungan kami kepada rakyat Ukraina yang saat ini menghadapi invasi, konflik, dan prasangka di dalam perbatasan mereka sendiri,” tulis pernyataan di layar.

7. Will Smith pukul Chris Rock karena lelucon tentang Jada Pinkett-Smith

Chris Rock Ditampar Will Smith, Ini 10 Highlight Oscar 2022twitter.com/itsmathewturner

Will Smith tersinggung dengan lelucon yang dibuat oleh Chris Rock di panggung Academy Award hari Minggu (27/3/2022) waktu Amerika itu. Ketika Chris membuat lelucon yang menyinggung nama Jada, Will sempat tertawa, namun ketika menyadari leluconnya menyinggung, ia kemudian berjalan ke arah Chris dan menamparnya di tengah presentasi penghargaan untuk film dokumenter terbaik.

Tamparan melayang karena Chris membuat lelucon kepala botak Jada, yang dikarenakan penyakit alopecia. Lelucon 'G.I Jane 2' itu rupanya tak cocok dengan Will. Jada sendiri secara terbuka berbicara tentang memiliki kondisi alopecia yang sempat sangat membuatnya terpukul. Setelah Will memukulnya, Rock berkata: “Akankah Smith memukulku begitu saja.”

Aktor King Richard tersebut berulang kali berteriak pada Rock untuk “Jauhkan nama istriku dari mulutmu -----.” Ini bukan pertama kalinya Chris mengolok-olok pasangan itu. Dia membuat jab publik tentang keputusan mereka untuk memboikot Oscar 2016 karena kurangnya keragaman dalam nominasi. 

Karena perbuatannya di panggung Oscar yang sentimental itu, Will sempat mendapat kritik dari warganet. Rekan aktornya, Tyler Perry dan Denzel Washington juga terlihat berusaha menenangkan dan berbicara dengan Will saat waktu istirahat iklan Oscar.

Chris Rock Ditampar Will Smith, Ini 10 Highlight Oscar 2022instagram.com/rollingstone

Scott Feinberg, seorang kritikus Reporter Hollywood yang hadir pada upacara tersebut, menuliskan di Twitter bahwa “selama jeda iklan, Will Smith ditarik ke samping dan dihibur oleh Denzel Washington dan Tyler Perry, yang memberi isyarat padanya untuk menepisnya. Will tampak menyeka air mata dari matanya saat dia duduk kembali dengan Jada, dengan Denzel menghibur Jada dan perwakilan Will di sisinya.”

8. Terpilih jadi Best Actor, Will Smith nangis dan minta maaf

Chris Rock Ditampar Will Smith, Ini 10 Highlight Oscar 2022twitter.com

Will Smith menangis ketika dia menerima penghargaannya untuk Best Actor. Kemenangannya datang kurang dari satu jam setelah dia menampar presenter Chris Rock karena membuat lelucon tentang istrinya Jada Pinkett-Smith.

Smith mengatakan dia adalah “pembela yang ganas” dari keluarganya, seperti karakternya Richard Williams dalam King Richard. Dia meminta maaf kepada Academy of Motion Picture Arts and Sciences serta sesama nominasi, dengan mengatakan “Saya ingin menjadi wadah untuk 'cinta' dan 'cinta' akan membuat Anda melakukan hal-hal gila.” Dia tidak menyebut Rock.

Chris Rock Ditampar Will Smith, Ini 10 Highlight Oscar 2022twitter.com/itsmathewturner

“Saya telah dipanggil dalam hidup saya untuk mencintai orang dan untuk melindungi orang dan menjadi sungai bagi orang-orang saya dan saya tahu untuk melakukan apa yang kami lakukan, Anda harus dapat menerima pelecehan, Anda harus dapat melakukannya. Biarkan orang berbicara gila tentang Anda, Anda harus bisa membuat orang tidak menghargai Anda dan Anda harus tersenyum dan berpura-pura tidak apa-apa,” katanya, seolah merujuk pada insiden dengan Rock.

9. Dune jadi pemborong piala Oscar

Film Dune memenangkan empat kategori yang sekaligus menjadi pemenang terbanyak piala Oscar 2022. Kategori tersebut termasuk, Best Production Design, Best Film Editing, Best Original Score dan Best Sound.

Keempat kategori ini termasuk dalam delapan kategori yang diputuskan diumumkan lebih dulu di luar sesi siaran langsung dengan alasan durasi acara. Keputusan ini menuai banyak protes dan petisi dari para professional Hollywood, karena kategori tersebut berhak mendapat penghargaan dan pengakuan yang sama dengan keahlian lain.

10. Penampilan unik khas dari Jason Mamoa

Chris Rock Ditampar Will Smith, Ini 10 Highlight Oscar 2022people.com

Kehadiran Jason Momoa memang menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu karena selalu membawa bakat fesyen khasnya ke karpet merah Academy Awards. Aktor dan presenter 42 tahun itu, tidak pernah takut untuk bermain dengan warna-warna berani, pola atau penampilan cantik yang berani.

Chris Rock Ditampar Will Smith, Ini 10 Highlight Oscar 2022people.com

Di perhelatan Oscar 2022, ia mempertahankan ansambelnya yang klasik dan chic, sekaligus menyematkan sapu tangan biru dan kuning, sebagai bentuk dukungan para warga di Ukraina. Sedangkan untuk rambutnya, Momoa bereksperimen dengan menguncirnya menjadi gaya rambut kepang Prancis yang diikat di ujungnya dengan ikat rambut pink, warna kegemarannya.

Itulah highlight dari Oscar 2022 yang penuh hal mengejutkan hingga buat sejarah baru. Kamu sudah nonton acaranya, Bela? 

Baca Juga: Mengintip Isi Goodie Bag Oscars 2022 yang Bernilai Rp2 Miliar

Baca Juga: Perdana Masuk Nominasi Oscars, Ini Ungkapan Bahagia Billie Eilish

Baca Juga: Billie Eilish Sabet Oscar, ini Daftar Lengkap Pemenang Academy Awards