Artis atau selebritas adalah figur publik yang selalu tersorot hingga ke kehidupan pribadinya. Terlebih di Korea, mereka yang hendak menjadi figur publik harus memiliki perilaku yang bersih dan tak bercela di saat ini bahkan di masa lalu.

Satu skandal saja, bisa sangat berpengaruh pada karier mereka. Mereka bisa saja tak dapat tawaran pekerjaan, bahkan kariernya hancur dan kehilangan kepercayaan masyarakat. Sanksi sosial yang berlaku pada selebritas Korea bisa sangat berat dan tak jarang hingga mengalami mengganggu mental.

Nah, berbicara mengenai kontroversi dan skandal, 9 selebritas Korea ini kini sepi job lantaran terlibat kontroversi. Mereka yang tadinya menjadi bintang dan banyak dibicarakan, kian meredup karena kasus yang menimpanya.

1. Lee Seung Yeon

10 Artis Korea Ini Sepi Job & Meredup Karena Terlibat Kontroversiasianwiki.com

Artis Korea satu ini populer di era 90-an. Popularitasnya dimulai setelah menjadi juara ketiga Miss Korea, mewakili Korea Selatan di ajang Miss World 1993 dan masuk top 10. Mantan pramugari ini pun terjun ke dunia hiburan menjadi pembawa acara berita dan ke dunia akting.

Ia membintangi sejumlah drama dan film, seperti Love is in Your Embrace, Hotel, Icing, Wedding Dress, First Love, Piano Man, Change dan Saturday. Puncaknya pada 1998 saat Ia memiliki talkshow sendiri bertajuk Lee Seung-yeon's Say Say Say.

Namun, berbagai kontroversi mewarnai kariernya, antara lain ketahuan memakai SIM (Surat Izin Mengemudi) palsu dan yang paling menghebohkan adalah pada 2004, saat dia menjadi model pemotretan erotis tentang comfort women. Nah, Comfort women sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk perempuan yang dipaksa menjadi budak seks pada masa Perang Dunia II.

Ia pun banyak menerima protes dan meyampaikan permintaan maaf dengan bersimpuh di depan perempuan yang pernah menjadi 'comfort women’ dan dijuluki sebagai kriminal. Tahun 2013, ia terlibat kontroversi lagi karena menggunakan obat-obatan terlarang. Namun, ia mengaku kalau obat tersebut didapatnya sesuai resep dokter untuk mengatasi tulang retak yang dialaminya.

Setelah berbagai kasus tersebut, karier Lee Seung-yeon meredup dan sepi tawaran pekerjaan. Dia hanya menjadi pemeran pembantu di beberapa drama dan sering membagikan aktivitasnya di Instagram dan mendapatkan endorse sejumlah produk.

2. Naeun APRIL

10 Artis Korea Ini Sepi Job & Meredup Karena Terlibat Kontroversiinstagram.com/betterlee_0824

Menjadi salah satu member girl group yang populer karena kecantikannya, Naeun APRIL mendapat banyak cinta dan tawaran pekerjaan untuk mengisi acara hingga bermain drama. Ia terkenal sebagai idol-aktris yang membintangi drama hit, seperti Extraordinary You dan A-Teen series. Ia juga menjadi host untuk program musik Inkigayo bersama Minhyuk Monsta X dan Jaehyun NCT.

Bahkan banyak tawaran lagi untuk bermain drama baru dan menjadi brand ambassador. Tapi, karier solo maupun grupnya harus redup dan sepi job lantaran skandal bullying di grup. Ia dan teman-teman dalam grupnya diduga melakukan bully terhadap salah satu mantan anggotanya, Hyunjoo.

K-Netz (panggilan untuk warganet Korea) juga menuduh bahwa dirinya juga diperlakukan istimewa oleh agensinya. Bahkan keluarganya pun turut terlibat dalam kasus tersebut. Hingga saat ini, proses hukum masih berlanjut dan belum ada keputusan resmi mengenai kebenaran kasus bully tersebut.

3. Han Ji Sun

10 Artis Korea Ini Sepi Job & Meredup Karena Terlibat Kontroversiasianwiki.com

Aktris satu ini juga sepi job dan namanya meredup setelah terlibat kasus penyerangan. Ia dikabarkan menyerang seorang sopir taksi, penumpangnya dan polisi pada 2019 lalu. Menurut Channel A, Han Ji Sun diduga menampar dan menendang seorang sopir taksi yang berusia 61 tahun setelah bertengkar dengannya di Seoul Selatan.

Ketika polisi tiba di tempat kejadian, Ji Sun disebut menyerang mereka juga, mengklaim bahwa pengemudi taksi itu tidak pergi ke arah yang dia inginkan. Ji Sun juga melontarkan perkataan kasar dan berbicara dengan bahasa informal. Polisi mengatakan bahwa ketika itu Ji Sun sangat mabuk.

Akibat perbuatannya itu, ia pun harus dikeluarkan dari dramanya, The Secret Life of My Secretary dan didenda sebesar 5 juta won atau setara dengan Rp60 juta. Han Ji Sun sendiri sebelumnya debut dalam drama Sweet Stranger and Me pada tahun 2016, lalu membintangi Man to Man hingga Black Knight pada tahun 2017.

4. Lee Seo Won

10 Artis Korea Ini Sepi Job & Meredup Karena Terlibat Kontroversiasianwiki.com

Terkenal sebagai adik Suzy di drama Uncontrollably Fond, lalu membintangi drama Hospital Ship dan menjadi host Music Bank. Nama Lee Seo Won begitu populer di tahun 2016 sampai 2017 lalu. Namun, kariernya pun harus meredup dan diambang kehancuran setelah ia terlibat skandal pelecehan dan intimidasi.

Pada 2018 lalu, Lee Seo Won terbukti bersalah atas kasus pelecehan seksual yang dilakukannya. Peristiwa itu terjadi saat ia dalam keadaan mabuk berat dan melecehkan seorang selebritas perempuan. Ia bahkan sempat mengancam sang korban dengan senjata tajam. Ia mengaku saat kejadian itu, dirinya tidak dapat mengontrol diri.

Ia pun dijatuhi hukuman penjara 1 hingga 2 tahun selagi menjalani wajib militernya. Kini dirinya baru menyelesaikan wajib militer dan menyatakan mundur dari industri hiburan.

5. Kangin Ex-Super Junior

10 Artis Korea Ini Sepi Job & Meredup Karena Terlibat Kontroversiinstagram.com/kanginnim

Kangin memutuskan hengkang dari Super Junior pada tahun 2019 lalu, setelah lama hiatus dari grup karena sejumlah kontroversi. Setelah memutuskan untuk hengkang dari Super Junior pada tahun 2019, kini ia terlihat sepi job dan jarang muncul di dunia hiburan.

Proyek terakhirnya adalah dalam sebuah web series What Happened to Mirae? Pada tahun 2019, sekaligus mendapat penghargaan Best Actor di ajang Seoul Webfest Awards 2019. Warganet bahkan sempat simpati dengan kondisi kesehatan Kangin karena terlihat kurus.

Kontroversi yang pernah membelit namanya, antara lain kasus perkelahian, tabrak lari, mabuk, mangkir dari wajib militer, hingga kekerasan pada perempuan.

6. Jisoo

10 Artis Korea Ini Sepi Job & Meredup Karena Terlibat Kontroversiinstagram.com/actor_jisoo

Aktor Jisoo menjadi salah satu aktor yang terlibat skandal bullying dan pelecehan seksual yang ramai pada awal tahun lalu. Akibatnya ia harus terdepak dari drama Korea yang dibintanginya, River Where The Moon Rises dan digantikan oleh Na In Woo.

Di awal kasus, ia sempat meminta maaf pada siapapun yang pernah ia sakiti dan mengatakan akan merenungi perbuatannya di masa lalu. Namun, setelah penyelidikan lebih dalam, ternyata ada beberapa unggahan yang melenceng dari fakta sebenarnya.

Pihak Jisoo pun akhirnya melaporkan orang-orang yang menggunggah informasi palsu mengenai dirinya. Ia mengajukan pengaduan pidana atas pencemaran nama baik untuk mengoreksi informasi palsu dan mengungkap kebenaran.

Hingga saat ini namanya belum kembali muncul di dunia hiburan atau terdengar mengambil proyek terbaru.

7. Kang Ji Hwan

10 Artis Korea Ini Sepi Job & Meredup Karena Terlibat Kontroversiasianwiki.com

Kang Ji Hwan merupakan salah satu aktor produktif yang membintangi drama tiap tahunnya. Pada 2019 lalu, ia seharusnya menjadi bagian dari drakor Joseon Survival, namun karena skandal pelecehan seksual menimpanya, ia harus dikeluarkan dari drama tersebut.

Kang Ji Hwan ditangkap atas tuduhan pelecehan seksual terhadap dua wanita yang merupakan staf agensinya. Aktor 43 tahun ini sempat membantah tuduhan tersebut tapi akhirnya dia mengakuinya.

Kasus ini masih bergulir di pengadilan dan tak hanya membuat citranya jelek di mata publik tapi juga dihentikan kontrak kerjanya oleh agensi. Ia juga divonis 2,5 tahun penjara dengan tiga tahun masa percobaan.

8. Kim Hyun Joong

10 Artis Korea Ini Sepi Job & Meredup Karena Terlibat Kontroversiinstagram.com/hyunjoong860606

Aktor satu ini dikenal dalam perannya di Boys Before Flowers dan Playful Kiss. Meski beberapa dramanya populer, namun kariernya tidak semulus itu. Ia beberapa kali harus berhadapan dengan hukum. Salah satu kasus yang membuatnya meredup dari dunia hiburan adalah kasus penganiayaan terhadap kekasihnya.

Namun, mantan pacarnya itu terbukti melakukan rekayasa kehamilan dan dituntut pada 2018 lalu. Ia juga mulai merintis kembali kariernya yang meredup karena skandal tersebut.

"Dia dengan hati-hati mencoba untuk memulai dari awal. Tidak ada lagi yang dapat kami sampaikan sejauh ini. Tidak ada tawaran drama atau variety show yang ia dapat saat ini," ungkap agensi Kim Hyun Joong, dilansir dari Koreaboo.

Dilihat dari Instagramnya, ia juga aktif bermusik dan membuat saluran YouTube resminya untuk membagikan aktivitas bermusik serta vlog pribadinya.

9. Son Seung Won

10 Artis Korea Ini Sepi Job & Meredup Karena Terlibat Kontroversihancinema.com

Son Seung Won pernah membintangi beberapa drama yang cukup populer seperti Hello, My Twenties! dan Welcome to Waikiki. Namun, kariernya terguncang saat ia terlibat dalam kasus mengemudi di bawah pengaruh alkohol dan tanpa lisensi pada Desember 2018. Ia juga menabrak mobil lain dan melarikan diri dari tempat kecelakaan.

Karena itu, ia pun dijatuhi hukuman satu tahun enam bulan penjara, dan bebas pada bulan Mei 2020 lalu. Hingga kini, ia masih belum muncul ke dunia hiburan. Ia hanya beberapa kali aktif di akun Instagram pribadinya, yang kini menghilang.

10. Kim Seon Ho

10 Artis Korea Ini Sepi Job & Meredup Karena Terlibat KontroversiKdramastars.com

Berita yang masih hangat dan sangat mengecewakan penggemar adalah rumor pemaksaan aborsi oleh aktor K terhadap mantan pacar, yang baru saja diakui oleh Kim Seon Ho. Pada 18 Oktober lalu, ramai diberitakan tentang unggahan anonim yang membongkar masa lalu seorang aktor populer berinisial K. Setelah sempat menghilang dan agensinya mengeluarkan pernyataan untuk menggali rumor tersebut lebih jauh, hari ini (20/10/2021) Kim Seon Ho mengakui perbuatannya melalui surat terbuka. 

Skandal ini kontan membuat kontraknya dengan beberapa film dan drama serial dibatalkan, berikut dengan kontrak iklan yang sedang berlangsung dan di masa mendatang. Baru saja penggemar terbuai dengan konklusi manis dari kisah Hong Du Shik di Hometown Cha-Cha-Cha, penggemar pun harus dikecewakan dengan skandal ini. Dijamin Kim Seon Ho akan menghilang dalam waktu lama nih, Bela.

Itulah 10 selebritas Korea yang sepi job dan meredup karena terlibat kontroversi dan skandal. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi artis Korea lainnya untuk tidak melakukan hal serupa ya, Bela.

Baca Juga: Kim Seon Ho Akui Rumor Aborsi, Film & Acara Ini Melepas Kontraknya

Baca Juga: Kim Seon Ho Minta Maaf Soal Skandal Pacar Aborsi, Ini Isi Suratnya

Baca Juga: Rentetan Imbas yang Diterima Kim Seon Ho Akibat Skandal "Aktor K"