Perhelatan final ajang Miss Universe 2020 telah selesai dilaksanakan pada 16 Mei 2021 waktu setempat, di Seminole Hard Rock Hotel and Casino di Florida, AS. Miss Mexico, Andrea Meza, resmi menjadi Miss Universe 2020.

Berprestasi, cantik dan percaya diri merupakan hal umum yang harus dimiliki oleh para kontestan, termasuk juga Andrea. Namun apa yang membuat Andrea Meza lebih menonjol dan berhasil membawa mahkota tersebut? Simak fakta-fakta tentang Andrea Meza, berikut ini!

1. Keturunan Tionghoa

7 Fakta Andrea Meza, Seorang Insinyur Penyabet Miss Universe 2020instagram.com/andreamezamx

Andrea Meza lahir pada 13 Agustus 1994 di Kota Chihuahua, Meksiko. Ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara dan memiliki keturunan Tionghoa. Ia berasal dari keluarga yang besar dan memiliki 40 sepupu secara total.

2. Miliki gelar dalam bidang yang didominasi pria

7 Fakta Andrea Meza, Seorang Insinyur Penyabet Miss Universe 2020instagram.com/andreamezamx

Andrea memiliki gelar akademik di bidang rekayasa perangkat lunak dan lulus pada tahun 2017 dari Autonomous University of Chihuahua. Ia mengatakan sangat bangga dapat lulus dalam bidang studi yang didominasi pria.

"Bangga menjadi perempuan yang lulus dalam bidang studi yang didominasi pria," menurut biografi Miss Universe-nya.

3. Insinyur perangkat lunak hingga model bersertifikat

7 Fakta Andrea Meza, Seorang Insinyur Penyabet Miss Universe 2020instagram.com/andreamezamx

Andrea juga seorang penata rias dan model bersertifikat. Setelah lulus kuliah pada 2017 lalu, ia bekerja di Meksiko sebagai insinyur perangkat lunak disamping kariernya sebagai model.

 Ia juga terpilih sebagai Duta Merek Pariwisata untuk kota Chihuahua, kota kelahirannya di Meksiko. Tak sampai di situ, Andrea bahkan memiliki brand pakaiannya sendiri yang diberi nama  “Andrea Meza Activewear”.

4. Aktivis hak-hak perempuan

7 Fakta Andrea Meza, Seorang Insinyur Penyabet Miss Universe 2020instagram.com/andreamezamx

Andrea bekerja sama dengan Municipal Institute for Women (INMUJERES), sebuah program internasional yang berlokasi di Meksiko. Hal-hal yang menjadi titik fokusnya adalah mempromosikan dan memelihara kondisi non-diskriminasi, kesetaraan kesempatan dan perlakuan antar gender, pelaksanaan penuh hak-hak perempuan dan kesetaraan partisipasi bagi perempuan dalam kehidupan politik, budaya, ekonomi dan kehidupan sosial negara.

5. Menggemakan body positivity

7 Fakta Andrea Meza, Seorang Insinyur Penyabet Miss Universe 2020instagram.com/andreamezamx

Pernyataan terakhirnya dalam pernyataan Miss Universe 2020 adalah tentang standar kecantikan masyarakat yang harus diikuti oleh perempuan. Ia menegaskan bahwa cantik tidak harus dari penampilan namun keindahan yang memancar dari jiwa, hati dan perilaku. Ia juga mengatakan bahwa semua orang berharga.

“Kita hidup dalam masyarakat yang lebih dan lebih dari sekadar maju, dan seiring kita maju sebagai masyarakat, kita juga maju dengan stereotip,” kata Andrea. “Saat ini kecantikan bukan hanya penampilan kita. Bagi saya, keindahan memancar tidak hanya dalam jiwa kita, tetapi juga dalam hati kita dan cara kita berperilaku. Jangan pernah mengizinkan seseorang memberi tahu Anda bahwa Anda tidak berharga," tambahnya.

6. Suka bernyanyi dan seorang vegan

7 Fakta Andrea Meza, Seorang Insinyur Penyabet Miss Universe 2020instagram.com/andreamezamx

Menurut profil Miss Universe-nya, Andrea suka menyanyi karena menurutnya itu adalah cara yang sangat ampuh untuk menunjukkan emosinya. Selain bernyanyi, ia juga menyukai olahraga ekstrim seperti rappel dan sandboarding. Satu lagi, ia merupakan seorang vegan!

7. Dari Miss Mexico kini Miss Universe

7 Fakta Andrea Meza, Seorang Insinyur Penyabet Miss Universe 2020hollywoodlife.com

Karier dalam kontes kecantikan dimulainya pada 2016 lalu ketika ia terpilih mewakili kota kelahirannya di ajang Miss Mexico 2016. Setelah mencapai lima besar, Andrea menjadi salah satu dari dua kontestan yang dianugerahi mahkota dan dinobatkan sebagai Miss Mexico 2017. Ia juga diberi kesempatan mewakili Meksiko di Miss World 2017.

Dalam ajang Miss World 2017, ia ditempatkan sebagai runner-up pertama di belakang pemenang Manushi Chhillar dari India. Selain sebagai runner-up pertama, Andrea juga dinobatkan sebagai Miss World Americas, menempatkannya di Miss World Continental Queens of Beauty 2017.

Berlanjut di tahun 2020, ia dinobatkan sebagai Mexicana Universal 2020. Sebagai Mexicana Universal, Andrea mewakili Meksiko di Miss Universe 2020 dan kini telah resmi memiliki titel Miss Universe 2020.

7 Fakta Andrea Meza, Seorang Insinyur Penyabet Miss Universe 2020instagram.com/missuniverse

Selamat untuk Andrea Meza dan selamat bertugas!

Baca Juga: Miss Universe 2020 Sukses Digelar, Ini Daftar Pemenangnya

Baca Juga: Deretan Kostum Unik Sepanjang Masa di Panggung Miss Universe

Baca Juga: Tak Hanya Jadi Desainer, Begini Keterlibatan Ivan Gunawan Selama Miss Universe Berlangsung