Setelah dirilis pada 24 Juni 2022 kemarin, lagu Charlie Puth kolaborasi dengan Jungkook BTS “Left and Right” langsung merajai berbagai tangga lagu. Lagu tersebut berhasil mendominasi tangga lagu iTunes di seluruh dunia.

Lagu yang akan masuk dalam album terbaru Charlie itu telah mencapai No. 1 di tangga lagu iTunes Top Songs, di setidaknya 93 wilayah yang berbeda, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Denmark, Swedia, dan Prancis.

https://www.youtube.com/embed/a7GITgqwDVg

Video musiknya juga telah mengumpulkan penayangan dengan kecepatan yang mengesankan, berhasil melampaui 10 juta penayangan hanya dalam 12 jam dan 16 menit setelah dirilis. Kini sudah mencapai 30 juta penayangan di YouTube saat artikel ini ditulis.

Nah, berbicara tentang lagu “Left and Right” pada Sabtu (25/6/2022) kemarin, Charlie membagikan beberapa fakta menarik di balik lagu tersebut dalam Billboard Take Over di Instagram Billboard. Apa saja itu, berikut 5 hal di balik lagu “Left and Right” yang berhasil Popbela rangkum.

1. Bunyi gitar di bagian awal ternyata dari piano

5 Hal di Balik Lagu “Left And Right” Charlie Puth feat. Jungkook BTSinstagram.com/charlieputh

Saat kita memutar lagu “Left and Right” melodi pertama yang kita dengar adalah alunan gitar. Ternyata itu adalah alunan gitar palsu. Bukan gitar asli, suara gitar tersebut merupakan suara gitar yang dimainkan dari piano oleh Charlie Puth.

2. Bernada awal D major

5 Hal di Balik Lagu “Left And Right” Charlie Puth feat. Jungkook BTStwitter.com/charlieputh

Fakta menarik lainnya tentang “Left and Right” adalah bahwa lagunya ada di D mayor, yang mana itu sangat penting bagi Charlie dalam membentuk nada berikutnya. Ia mengungkap bahwa nada D mayor membantunya untuk memiliki snare drum sepertiga mayor. Jadi dari F tajam ke D mayor ketiga, dan seperti itulah jalannya lagu tersebut yang benar-benar catchy di telinga.  

3. Melodi terus terngiang

5 Hal di Balik Lagu “Left And Right” Charlie Puth feat. Jungkook BTSinstagram.com/charlieputh

Charlie mengungkap bahwa ia terus terngiang sebuah melodi bahkan setelah ia kembali tidur. Hingga akhirnya ia sadar bahwa melodi tersebut harus menjadi sesuatu (lagu). Lalu ia pun pergi ke pianonya dan mulai memainkan nada. Kemudian beat lainnya langsung tercipta dan saat ia mulai memainkan snare drum-nya, semua lirik untuk bagian chorus tercipta. Wah, benar-benar musisi jenius, ya, Bela.

4. Ingin lagu-lagunya familiar

5 Hal di Balik Lagu “Left And Right” Charlie Puth feat. Jungkook BTStwitter.com/charlieputh

Charlie juga mengungkap bahwa harapannya untuk album terbarunya, Charlie adalah agar semua orang bisa familiar dengan lagu-lagu yang ada di dalamnya saat mereka rilis nanti. Ia berharap bahwa lagu-lagu tersebut terasa seperti sudah pernah didengar dan ramah di telinga. Tak heran lagu “Left and Right” sendiri benar-benar enak dan terus berputar di kepala.

5. Pilih Jungkook karena suka dengan suaranya

Setelah kolaborasinya dengan Jungkook di MGA 2018, MBC Plus X Genie Music Awards membawakan cover "We Don't Talk Anymore", keduanya lancar menjalin hubungan. Mereka masih sering membagikan musik-musik kesukaan mereka dan akhirnya berteman.

Dalam wawancara di Morning Mash Up, Charlie mengatakan dia yang mengajak Jungkook untuk berkolaborasi dalam salah satu lagu di album terbarunya. Ia juga mengatakan bahwa ia sangat menyukai suara Jungkook dan kepribadiannya yang menarik.

Selain itu, ia juga berpendapat bahwa suara ia dan Jungkook mirip, sehingga ketika digabungkan akan sangat melengkapi satu sama lain, menjadi perpaduan yang sangat menarik dan indah. Well, suara mereka memang sangat cocok untuk satu sama lain, kan, Bela.

Itulah 5 hal di balik lagu “Left And Right” Charlie Puth feat Jungkook BTS. Kalau kamu, mana part favoritmu, Bela?

Baca Juga: Lirik Lagu "Left and Right" - Charlie Puth & Jungkook BTS

Baca Juga: Tambah Tato Persahabatan, Ini Tato Jungkook BTS & Makna di Baliknya

Baca Juga: Lirik Lagu BTS "Yet To Come", Harapan Momen Terbaik yang akan Datang