Sebelum kamu membaca artikel ini, siap-siap tahan deg-degan, ya. Karena, pasti bikin kamu pencinta Kpop dan drama Korea tak kuasa menarik napas panjang.

Korea Selatan mewajibkan setiap warga laki-lakinya untuk mengikuti program wajib militer. Persyaratan utamanya adalah mereka yang sehat dan berusia 18 – 35 tahun. Pelaksanaan tersebut dilakukan selama kurun waktu dua tahun. Karena berlaku untuk setiap warga laki-laki Korea Selatan, maka para aktor dan idol yang berkewarganegaraan Korea pun harus rela untuk hiatus sementara demi menjalani tugas negara.

Tapi tahukah Bela, beberapa aktor dan idol ini tetap berprestasi bahkan saat mereka wajib militer. Sejumlah selebritas Korea ini memiliki pangkat dan bahkan cukup tinggi. Siapa sajakah mereka? Ini dia daftarnya.

Aktor Korea berpangkat saat wajib militer

1. Ji Chang Wook

11 Idol & Aktor Korea Ini Berpangkat Tinggi Saat Wajib Militertwitter.com/theseoulstory

Ji Chang Wook memulai wajib militernya pada 14 Agustus 2017 lalu. Ia ditempatkan di Markas Infanteri 3 di Cheorwon yang diketahui sebagai markas pasukan terhebat di Korea Selatan. Menariknya lagi, dalam waktu satu bulan saja Ji Chang Wook mampu ditunjuk sebagai pimpinan peleton berpangkat Kopral. Sebelum diberhentikan pada 27 April 2019, ia menyandang pangkat Sersan.

2. Kim Soo Hyun

11 Idol & Aktor Korea Ini Berpangkat Tinggi Saat Wajib Militertwitter.com/loeymae61_

Awalnya Kim Soohyun ditempatkan di bagian pelayanan publik karena ia pernah menjalani operasi. Namun, ia meminta untuk melakukan tes fisik ulang dan akhirnya diizinkan bertugas sebagai tentara. Selama bertugas, ia merupakan seorang prajurit di Batalyon Pengintaian. Ia juga dipromosikan untuk menjadi seorang Sersan lebih awal dari seharusnya. Hanya 10% prajurit yang bisa mendapatkan kesempatan tersebut. Wow!

3. Kang Dong Won

11 Idol & Aktor Korea Ini Berpangkat Tinggi Saat Wajib Militerkpopmap.com

Saat wajib militer, Kang Dong Won dipercaya untuk menjadi pemimpin peleton. Hal ini terlihat dari penghargaan yang didapatnya sebagai ‘Best Platoon Leader' seperti melansir dari Allkpop. Ia dikenal dengan sikap yang agresif dan tanggap saat menjalani wamil.

4. Lee Seung Gi

11 Idol & Aktor Korea Ini Berpangkat Tinggi Saat Wajib Militersoompi.com

Bertugas selama 21 bulan, Lee Seung Gi masuk wajib militer pada Februari 2016 lalu. Ia bergabung menjadi tentara aktif dalam unit Komando Perang Khusus. Sebelum menutup pelatihannya, Lee Seung Gi menampilkan hal mengagumkan dengan berhasil melompat dari atas helikopter Chinook CH-47 dari ketinggian 500 sampai 600 meter.

Bahkan setelah menyelesaikan wajib militernya, Seung Gi tak bisa 'move on' dari kehidupannya selama menjadi tentara dan selalu membicarakannya di berbagai acara yang ia bintangi.

5. Joo Won

11 Idol & Aktor Korea Ini Berpangkat Tinggi Saat Wajib Militersoompi.com

Aktor lainnya yang juga berpangkat saat wamil adalah Joo Won. Awalnya ia lulus ujian untuk bertugas di departemen kepolisian, namun memutuskan untuk bertugas sebagai tentara tugas aktif. Setelah menerima nilai yang sangat tinggi selama pelatihan dasar militernya, ia dipromosikan menjadi asisten instruktur di divisi batalion penyerangan. Divisi itu  merupakan bagian dari resimen infanteri ke-23 dari unit kerangka.

6. Yoo Seungho

11 Idol & Aktor Korea Ini Berpangkat Tinggi Saat Wajib Militerdispatch

Memutuskan wajib militer pada usia 19 tahun kala di puncak karier, tak menghentikan Yoo Seungho untuk terus menorehkan prestasi. Ia terpilih menjadi salah satu prajurit terbaik dan dipromosikan menjadi Asisten Instruktur selama masa pelatihan dasar.

Idol Korea berpangkat saat wajib militer

7. Taecyeon 2PM

11 Idol & Aktor Korea Ini Berpangkat Tinggi Saat Wajib Militertwitter.com/ohudushi

Saking cintanya pada Tanah Airnya, Taecyeon rela melepaskan green card Amerika-nya dan memilih menjalani wamil. Ia sudah mendaftar wajib militer di tahun 2013 dan ditugaskan di bagian pelayanan publik karena keadaan fisiknya yang pernah mengalami cedera. Karena menginginkan bertugas menjadi seorang tentara, Taecyeon pun menunda wajib militernya hingga tahun 2017 dan melakukan operasi di bahunya.

Akhirnya, Taecyeon ditugaskan sebagai Asisten Instruktur Militer di Divisi 9 Angkatan Bersenjata Provinsi Gyeonggi. Tak lama kemudian, ia diangkat menjadi Sersan lebih cepat dari waktunya karena kinerja yang luar biasa. Selain itu ia juga diangkat sebagai Prajurit Kelas Khusus oleh komandan di divisinya.

8. Eunkwang BTOB

11 Idol & Aktor Korea Ini Berpangkat Tinggi Saat Wajib Militermatamatamusik.com

Di balik tingkah kocak dan random Eunkwang, ia ternyata berhasil mendapat penghargaan karena mendapat skor sempurna dalam pelatihan. Saat wajib militer, Eunkwang menjadi prajurit teladan dan dipindahtugaskan ke bagian Komando Perang sebagai Tentara Pasukan Khusus. Hal ini didapatkannya setelah meraih skor luar biasa dalam tes menembak, ketahan fisik dan mental, serta pelatihan tempur.

9. Yoon Dojoon Highlight

11 Idol & Aktor Korea Ini Berpangkat Tinggi Saat Wajib Militernaver

Selanjutnya adalah leader boy grup Highlight, Yoon Dojoon. Memulai tugas negaranya pada 24 Agustus 2018, tujuh bulan setelahnya ia dipromosikan untuk menjadi seorang kopral. Dojoon sendiri bertugas sebagai seorang tentara di Departemen Militer Divisi 12.

10. Yunho TVXQ

11 Idol & Aktor Korea Ini Berpangkat Tinggi Saat Wajib MiliterIlgansports

Saat wamil, Yunho dilantik sebagai angkatan bersenjata dan terpilih menjadi leader di pasukannya pada masa pelatihan dasar. Ia bahkan mendapat penghargaan dalam kategori “best recruit” serta dianugerahi status sebagai Prajurit Kelas Khusus.

Hal ini karena ia menjadi salah satu peserta yang mendapat nilai yang tinggi dalam kekuatan fisik dan mental, penembakan, serta pelatihan tempur. Yunho bahkan mengaku bahwa ia pernah ditawarkan untuk menjadi tentara tetap, namun ia menolaknya.

11. Minho Shinee

11 Idol & Aktor Korea Ini Berpangkat Tinggi Saat Wajib Militerosen

Minho Shinee dikenal sebagai orang yang jujur, bersemangat ​​dan jiwa bersaing yang tinggi. Saat wajib milite,r ia rela tidak mengambil jatah cuti dan menolak untuk keluar wamil lebih awal. Ia memilih untuk menghabiskan hari-harinya itu untuk membantu melatih anggota baru alias junior-juniornya.

Tak hanya itu, ia juga mendapat penghargaan saat kelulusannya. Bahkan cara ia memberi salam sesuai dengan pangkatnya pada sang ibu pun menjadi perbincangan penggemar. Minho masuk dalam Divisi 1 Korps Marinir sebagai anggota unit penembakan cepat dan berpangkat Sersan.

Itulah deretan aktor dan idol Korea yang berpangkat tinggi serta berprestasi saat mengikuti wajib militer. Mana yang paling bikin lututmu lemas, Bela?

Baca Juga: BTS Bisa Menunda Wamil demi "Kepentingan Nasional" Korea Selatan

Baca Juga: Tahun 2021, 16 Artis & Idol KPop Ini Akan Selesai Wamil 

Baca Juga: 9 Potret Aktor Korea Ketika Jalani Wajib Militer, Makin Gagah!