10 Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar

10 Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar

Surat lamaran kerja yang sesuai dengan kaidah

10 Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar

Saat akan terjun ke dunia kerja, kamu perlu mempersiapkan berbagai hal untuk melamar kerja. Salah satu hal yang paling harus kamu persiapkan dengan cermat dan teliti adalah surat lamaran kerja. 

Surat lamaran kerja sangat menentukan apakah lamaranmu akan diterima oleh perusahaan yang bersangkutan atau tidak. Jadi, pastikan untuk menyusunnya dengan struktur yang benar. 

Untuk memastikan surat lamaran kerja milikmu sudah tepat, perhatikan contoh struktur surat lamaran pekerjaan yang benar dari Popbela.com berikut ini. 

Struktur surat lamaran kerja

10 Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Benarpexels.com/Cytonn Photography

Sebelum masuk pada pembahasan contoh struktur surat lamaran pekerjaan yang benar, kamu perlu mengetahui apa itu surat lamaran kerja dan strukturnya terlebih dahulu. 

Surat lamaran kerja merupakan dokumen resmi yang dibuat oleh seseorang yang sedang mencari kerja dan ditujukan kepada perusahaan atau institusi yang dituju. 

Kemudian, struktur surat lamaran kerja yang benar berikut ini perlu kamu garisbawahi. Sebab, dokumen ini biasanya dibuat dengan kerangka yang sama.

Adapun struktur tersebut ialah sebagai berikut. 

  • Tempat dan tanggal surat 

Saat akan mengirim surat lamaran kerja, kamu perlu mencantumkan kapan dan di mana tempat surat ditulis (di bagian pojok kanan atas). 

Contoh: Yogyakarta, 20 November 2022

  • Perihal dan lampiran 

Bagian kedua yang perlu kamu cantumkan pada surat lamaran kerja adalah perihal dan lampiran. Kedua bagian ini terletak di sebelah kiri atas. Bagian perihal atau hal diisi dengan 'Lamaran Pekerjaan', sementara bagian lampiran diisi dengan jumlah lampiran jika ada. 

Contoh: 

Hal: Lamaran Pekerjaan 
Lampiran 2 bundel

  • Alamat tujuan surat 

Setelah perihal dan lampiran, jangan sampai kamu lupa untuk mencantumkan kepada siapa surat ditujukan dan ke mana surat akan dikirimkan. Tujuan dan alamat surat ini sangat penting agar dokumen bisa sampai ke tangan yang tepat. 

Contoh: 
Yth. HRD PT Mulia Tama 
Jalan Pringgodani No.3
Yogyakarta

  • Salam pembuka 

Sebelum menyatakan tujuan menulis surat, kamu perlu menuliskan salam pembuka terlebih dahulu. Salam pembuka ini berguna untuk menunjukkan bentuk rasa hormat dan juga untuk mengawali isi surat. 
Contoh: Dengan hormat, 

  • Paragraf pembuka 

Paragraf pembuka biasanya diisi dengan informasi mengenai dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang bersangkutan. Jangan lupa perhatikan bahasa yang kamu gunakan agar terlihat lebih meyakinkan di hadapan rekruter. 

  • Identitas 

Seperti namanya, bagian ini berisi mengenai identitas kamu pribadi sebagai pelamar. Adapun identitas yang perlu dicantumkan dalam surat lamaran kerja ialah sebagai berikut.

- Nama lengkap 
- Tempat dan tanggal lahir
- Pendidikan
- Alamat 
- Email
- No. HP yang bisa dihubungi 

  • Isi 

Selanjutnya bagian identitas disusul dengan isi surat. Di dalam bagian ini, kamu bisa menjelaskan secara singkat mengenai keahlian dan pengalamanmu sebelumnya. Namun, pastikan keahlian dan pengalaman tersebut sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar. 

  • Paragraf penutup

Penutup surat lamaran kerja sangat penting karena akan meninggalkan kesan bagi rekruter. Di dalamnya, kamu bisa menyampaikan harapanmu untuk bisa diterima di perusahaan terkait. 

  • Tanda tangan dan nama terang

Setelah surat selesai ditulis, jangan lupa untuk menyertakan tanda tangan dan nama terang. Sertakan salam penutup sebelumnya. 

Contoh: 
Hormat saya, 
(tanda tangan)
Nana

1. Struktur surat lamaran kerja staf produksi

10 Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Benarwikipedia.web.id

Contoh struktur surat lamaran pekerjaan yang benar yang pertama di atas ditujukan untuk melamar sebagai staf produksi. Seperti yang kamu lihat, surat ini diawali dengan menuliskan tempat dan tanggal surat di pojok kanan atas. 

Kemudian, tidak lupa penulis juga menuliskan tujuan dan alamat surat. Namun, sebelumnya kamu juga bisa melengkapi dengan perihal dan lampiran surat. Baru setelah itu berlanjut kepada salam pembuka dan isi surat. 

2. Struktur surat lamaran kerja bagian marketing

10 Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Benarsijai.com

Lebih lengkap dari sebelumnya, contoh struktur surat lamaran pekerjaan yang benar di atas disertai dengan hal dan paragraf pembuka surat. Pada bagian hal, tujuan surat ini ditulis 'lamaran pekerjaan'. 

Kemudian, bagian paragraf pembuka surat ditulis setelah salam pembuka, yang berisi dari mana kamu mendapatkan informasi lamaran kerja. Setelah itu, kamu bisa menyatakan maksud tujuan kamu untuk melamar di bagian marketing atau yang lainnya. 

3. Struktur surat lamaran kerja social media specialist

10 Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Benarmatapendidikan.com

Struktur surat lamaran kerja sebagai social media specialist di atas sedikit berbeda dari surat lamaran kerja sebelumnya karena bagian perihal dan lampiran terletak di bawah alamat dan tujuan surat. 

Hal itu memang hal yang wajar mengingat struktur surat bisa sangat berbeda-beda antarinstansi. Namun, sebagian besar surat meletakkan perihal dan lampiran sebelum tujuan dan alamat surat supaya lebih mudah dilacak dan dibaca. 

4. Struktur surat lamaran kerja CPNS

10 Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Benartugaskaryawan.com

Untuk menjadi CPNS, kamu perlu mengikuti contoh struktur surat lamaran pekerjaan yang benar sesuai dengan format yang sudah ditetapkan. Biasanya, surat lamaran jenis ini lebih baku dan tidak banyak kata-kata. 

Seperti yang kamu lihat, surat lamaran kerja CPNS di atas diawali dari tempat dan tanggal surat, hal dan lampiran, tujuan surat, salam pembuka, identitas, isi surat, dan yang paling penting adalah daftar berkas yang telah kamu persiapkan. Terakhir, surat lamaran ini diikuti dengan paragraf penutup dan tanda tangan. 

5. Struktur surat lamaran kerja sebagai admin

10 Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Benarnekopencil.com

Biasanya, tempat dan tanggal surat memang diletakkan di pojok kanan atas. Namun, kamu juga bisa meletakkannya di kiri atas seperti surat lamaran kerja sebagai admin ini. Kemudian, ikuti dengan tujuan dan hal surat. 

Hal yang bisa menguatkan surat lamaran kerja kamu agar bisa dilirik HRD adalah cerita tentang pengalaman kerja. Seperti di atas, kamu bisa mengatakan pengalaman kerja yang berkaitan dengan pengalaman yang kamu lamar saat ini. 

6. Struktur surat lamaran kerja perawat

10 Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Benartitikdua.net

Surat lamaran kerja tersebut dibuat untuk orang yang akan melamar sebagai perawat di rumah sakit. Oleh karena itu, kamu juga perlu menyertakan dokumen pendukung yang sesuai dengan posisi yang akan kamu lamar. 

Dokumen pendukung yang perlu disertakan jika kamu ingin melamar sebagai perawat di antaranya adalah surat keterangan lulus uji kompetensi dan juga sertifikat pelatihan. Dokumen tersebut akan membuat surat lamaran dinilai lebih oleh HRD. 

8. Struktur surat lamaran kerja lulusan SMK

10 Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Benarslideshare.net

Contoh struktur surat lamaran pekerjaan yang benar juga dibutuhkan bagi para lulusan SMK. Kamu perlu membuat surat yang lengkap, mulai dari tempat dan tanggal surat, tujuan, hal surat, dan identitas diri. 

Setelah itu, sampaikan isi surat yang berisi tentang dari mana kamu mendapatkan informasi lamaran, apa posisi yang kamu lamar, serta kemampuan yang kamu miliki. Barulah setelah itu, kamu bisa menuliskan berkas apa saja yang dilampirkan dan terakhir penutup serta tanda tangan. 

9. Struktur surat lamaran kerja PT

10 Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Benarmakinmahir.id

Mendaftar untuk bekerja di PT berarti harus menyusun surat lamaran yang benar-benar meyakinkan. Sebab, kamu akan bersaing dengan puluhan bahkan ratusan orang lainnya yang akan mendaftar. 

Jadi, tambahkan kata-kata yang meyakinkan pada bagian penutup surat agar HRD bisa menilai kamu adalah calon pekerja yang tepat. Ceritakan singkat juga mengenai pengalaman yang kamu miliki sebelumnya sesuai dengan posisi yang kamu lamar. 

9. Struktur surat lamaran kerja sebagai editor

10 Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Benarsuratresmi.net

Berikutnya, surat lamaran kerja sebagai staf editor memerlukan ketelitian yang lebih tinggi daripada surat lamaran kerja lainnya. Sebab, kamu perlu merepresentasikan seorang editor yang teliti dalam surat lamaran. 

Jadi, perhatikan ejaan dan tanda baca sebelum kamu menulis surat lamaran kerja. Jangan lupa juga untuk mencantumkan identitas diri serta berkas pendukung lainnya. 

10. Struktur surat lamaran kerja sebagai customer service

10 Contoh Struktur Surat Lamaran Pekerjaan yang Benarnekopencil.com

Contoh struktur surat lamaran pekerjaan yang benar yang terakhir ditujukan untuk orang yang akan bekerja sebagai customer service. Surat di atas sudah ditulis cukup lengkap, tetapi terdapat kekurangan dalam penulisan tempat dan tanggal surat. 

Selain itu, yang terpenting adalah surat lamaran kerja perlu ditulis dengan rapi dengan rata kanan dan kiri. Dengan begitu, rekruter akan lebih mudah untuk membaca surat lamaran tersebut. 

Demikian contoh struktur surat lamaran pekerjaan yang benar. Semoga ulasan di atas membantu ya, Bela!

Baca Juga: 6 Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Pabrik yang Benar

Baca Juga: 10 Contoh Surat Lamaran Kerja di PT agar Lolos dan Diterima

Baca Juga: 10 Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate yang Baik dan Benar 

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

20 Potret Kucing Saat Menjaga Toko Ini Bikin Gemas Maksimal!

20 Potret Kucing Saat Menjaga Toko Ini Bikin Gemas Maksimal!

trending

Trending

7 Aksi Pamer Payudara di Atas Catwalk Terviral

7 Aksi Pamer Payudara di Atas Catwalk Terviral

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Working Life

Pengertian, Tujuan, Gaya Penulisan & Cara Menulis Daftar Pustaka Buku

Pengertian, Tujuan, Gaya Penulisan & Cara Menulis Daftar Pustaka Buku