Dewasa ini, semua kebutuhan semakin dipermudah dengan digitalisasi, tak terkecuali layanan perbankan. Sekarang dengan menggunakan telepon genggam dan internet saja kita sudah dapat melakukan transaksi digital. Benar nggak, Bela?

Namun, masih banyak pula lho, masyarakat yang lebih nyaman melakukan kegiatan perbankan secara tatap muka, khususnya untuk mereka yang masih kesulitan dalam penggunaan teknologi dan merasa kurang afdal jika belum bertemu customer service atau teller bank. Itulah mengapa beberapa bank masih tetap mempertahankan kantor cabangnya, di tengah gempuran teknologi digital, salah satunya adalah PermataBank.

Masih mempertahankan kantor cabang

Paperless & Kekinian, PermataBank Ubah Konsep Kantor Cabangdok.PermataBank

Menjawab kebutuhan nasabah dan perkembangan zaman yang kian berubah dengan pesat, PermataBank telah merancang ulang desain cabang-cabangnya dalam konsep Model Branch dan pada Kamis, 22 September 2022, PermataBank mengajak Popbela dan rekan media memperkenalkan PermataBank Cabang Pluit Kencana dengan tampilan, desain, format dan kualitas layanan terkini.

Sebagai salah satu prioritas strategis PermataBank dalam mengedepankan inovasi digital yang terbaru, kehadiran Model Branch di Cabang Pluit Kencana ini semakin memperkuat komitmen kami untuk menjadi bank yang simple, fast & reliable bagi nasabah kami,” ungkap Direktur Utama PermataBank, Meliza M. Rusli dalam acara Grand Opening Model Branch di Cabang Pluit.

Museum atau bank?

Paperless & Kekinian, PermataBank Ubah Konsep Kantor Cabangdok. PermataBank

“Desainnya colorfull dan cozy, seperti layaknya museum bukan bank,” cetus seorang rekan media ketika pertama kali melihat desain Model Branch terbaru PermataBank.

Yap, itu juga yang Popbela rasakan ketika acara Model Branch Tour dilaksanakan. Nasabah yang nantikan akan ke kantor cabang akan disuguhkan beragam digital artwork yang bervariasi menghiasi gedung. Kamu juga akan melihat ruangan yang didesain minimalis. Nantinya kamu nggak akan menemukan jaringan kabel di seluruh gedung. 

Model Branch dengan format baru, tampilan dan desain terkini, fun dan friendly akan menghasilkan pengalaman interaksi perbankan terpadu seperti di kanal digital lainnya,” ungkap Direktur Teknologi dan Operasi PermataBank, Abdy Salimin.

Cabang PermataBank dengan konsep Model Branch ini juga menghadirkan keunikan melalui sentuhan desain interior dan look & feel yang dibuat custom dengan ciri khas daerah dan demografi lokasi cabang masing-masing.

Paperless dengan teknologi inovatif

Paperless & Kekinian, PermataBank Ubah Konsep Kantor Cabangdok. PermataBank

Cabang Pluit Kencana ini merupakan salah satu cabang dari 20 lokasi di Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, dan Medan, yang diperbarui tahun ini. Di cabang baru PermataBank, nasabah akan menemukan pengalaman baru dan berbeda dari cabang konvensional pada umumnya. Apa yang membuatnya berbeda?

Kantor cabang terbaru didesain dengan konsep Model Branch yang menyeluruh paperless. Ketika beberapa bank konvensional lainnya masih membutuhkan kertas antrian dan formulir kertas, di sini kamu tidak membutuhkan itu semua.

Kamu dapat menggunakan QR Code PermataMobile X untuk mengambil nomor antrian. Sistem antrian di semua Cabang telah terintegrasi penuh dengan platform CRM sehingga Customer Experience Officer (CXO) PermataBank bisa langsung mengetahui kehadiran nasabah dengan informasi yang lengkap dan terpadu sehingga layanan bisa dioptimalkan lebih lanjut.

Nasabah juga dapat menggunakan Mobile PIN PermataMobile X, PIN Kartu Debit atau PIN Kartu Kredit untuk melakukan otorisasi sehingga semua transaksi bisa dilakukan secara paperless, aman dan handal. Lebih mudah bukan?

"Bagi nasabah yang tidak memiliki aplikasi PermataMobile X, kartu debit maupun kredit, nasabah hanya perlu menggunakan KTP ataupun nomer telepon yang gesek ke mesin Sistem Qmatic PermataBank. Jangan khawatir mengalami kesulitan karena akan ada petugas yang nantinya akan membantu," ujar Abdy Salimin.

Paperless & Kekinian, PermataBank Ubah Konsep Kantor Cabangdok. PermataBank

Di tengah pemanfaatan digitalisasi dalam perbankan, kantor cabang yang dihadirkan dalam konsep Model Branch ini akan memegang peran esensial dalam strategi distribusi PermataBank dengan memfasilitasi transaksi yang lebih kompleks secara lebih optimal. 

Kami berharap Model Branch baru ini mampu meningkatkan produktivitas, memberikan pelayanan terbaik dan menjangkau semua nasabah kami secara lebih optimal. Perkembangan ini juga konsisten dengan aspirasi kami menjadi universal bank atau bank yang menawarkan produk dan layanan untuk semua segmen dan generasi,” ucap Meliza M. Rusli. 

PermataBank akan terus beradaptasi dan melakukan perubahan serta mendefinisikan ulang peran cabang di zaman evolusi digital, untuk menghasilkan pengalaman bertransaksi yang konsisten seperti menggunakan kanal digital lainnya.

Baca Juga: Tips Healing Tapi Nggak Bikin Kantong Kering dari Bank OCBC NISP

Baca Juga: Bank Neo Commerce Jawab Masalah Finansial dengan Kampanye #BuatSemua

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Nasabah, Bank Jago Segera Luncurkan Aplikasi Syariah