Adakah di antara kamu yang ingin mendirikan sebuah bisnis? Mendirikan sebuah perusahaan dan menjalankan bisnis tentu bukan sesuatu yang mudah. Begitu pun yang dirasakan oleh pendiri perusahaan-perusahaan yang namanya sudah sering kita dengar. 

Bahkan, untuk merintis perusahaan ada yang memulainya dari garasi rumah, maupun sebuah gudang. Namun, dengan tekad serta strategi kuat, nama merek dagang mereka pun kiat mencuat. Untuk menapaktilas dan melihat bagaimana perusahaan besar pada saat awal mereka berdiri, Popbela merangkum 20 foto lawas perusahaan saat awal mereka didirikan. Simak terus artikel berikut, ya!

1. Adidas, 1949

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, dezeen.com

Didirikan oleh Adi Dassler yang saat itu berusia 49 tahun, merek dagang Adidas pertama kali didaftarkan dengan nama  “Adi Dassler adidas Sportschuhfabrik”. Didirikan pada Agustus 1949, Adi memulai pabrik sepatu dengan mempekerjakan sekitar 47 karyawan di sebuah kota kecil Herzogenaurach, Jerman. 

2. Nokia, 1865

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, purso.fi

Produk yang kita kenal dari Nokia adalah ponsel. Tetapi tahukah kamu kalau Nokia awalnya memproduksi kertas? Pendirinya insinyur Fredrik Idestam, yang pada tahun 1865 mendirikan pabrik kertas di Tammerkoski Rapids, Finlandia. Selang enam tahun, Fredrik Idestam kembali membuka pabrik kertas di tepi sungai Nokianvirta, Finlandia. Dari situlah nama Nokia terinspirasi, dan sudah menjadi nama merek dagang hingga saat ini.

3. Dunkin' Donuts, 1948

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, wideopeneats.com

Sebelum dikenal dengan nama Dunkin' Donuts, Bill Rosenberg membuka Open Kettle pada tahun 1948, sebuah restoran yang menjual donat dan kopi di Quincy, Massachusetts, dan mengubah nama pada tahun 1950 menjadi Dunkin' Donuts setelah berdiskusi dengan para eksekutif perusahaan.

4. Amazon, 1999

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, expressandstar.com

Pendiri Amazon, Jeff Bezos, meninggalkan pekerjaannya sebagai wakil presiden DE Shaw & Co., sebuah firma Wall Street untuk mencoba dan membuat perusahaannya sendiri. Bezos kemudian memulai sebuah perusahaan di garasi rumahnya yang dia sebut "Cadaver".

Tetapi beberapa bulan kemudian ketika dia mendengar seorang pengacara salah mengucapkan nama Cadaver, ia memutuskan untuk mengubahnya. Nama barunya adalah Amazon, yang dipilihnya karena merupakan tempat yang “eksotis dan berbeda”.

5. Nintendo, 1889

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, wikimedia.com

Awalnya, perusahaan Nintendo yang didirikan pada tahun 1889 oleh pengrajin Fusajiro Yamauchi ini memproduksi kartu remi. Setelah merambah ke berbagai lini bisnis, Nintendo berhasil mendistribusikan konsol video game pertamanya, Color TV-Game, pada tahun 1977.

Setelah produknya laku keras Nintendo berfokus pada produksi konsol seperti Game Boy, Super Nintendo Entertainment System, Nintendo DS, Wii, dan Switch, serta merilis video game yang diakui secara internasional. Sebut saja Donkey Kong dan Mario Bross yang terkenal.

6. McDonald's, 1940

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, eatthis.com

Restoran McDonald's pertama dibuka pada tahun 1940. Pendirinya adalah dua orang sepupu bernama Richard dan Maurice McDonald's. Membuka McDonald's pertama di 1398 North E Street di West 14th Street di San Bernardino, California, AS dan diresmikan pada 15 Mei 1940.

7. Samsung, 1938

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanbooking.com, town.daangn.com

Apakah kamu pengguna barang elektronik dari perusahaan Samsung? Tahukah kamu kalau produk pertama yang dikeluarkan Samsung adalah mi? Ya, sebelum akhirnya Samsung Sanyo Electronics–sekarang. Samsung Electronics didirikan pada tahun 1969, perusahaan yang dikepalai oleh  Lee Byung-chu awalnya mencoba berbagai macam bidang yang berbeda, termasuk pengolahan makanan, tekstil, asuransi, sekuritas, dan ritel.

Pada 1960-an, Samsung memasuki industri elektronik dan masuk ke konstruksi dan pembuatan kapal pada 1970-an. Samsung Electronics, salah satu afiliasi industri grup yang paling terkenal, dengan perusahaan teknologi informasi, pembuat elektronik konsumen, dan pembuat chip terbesar di dunia pada tahun 2017.

8. Wendy’s, 1969

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, eatthis.com

Pada tanggal 15 November 1969, Dave Thomas membuka restoran Wendy's Old Fashioned Hamburger pertama di Columbus, Ohio. Impian masa kecilnya menjadi kenyataan. Nama Wendy sendiri diambil dari nama anak Dave Thomas. Logo yang sangat ikonik dari Wendy’s juga terinspirasi dari anaknya, Wendy Thomas.

9. Disneyland, 1955

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, visitanaheim.org

Disneyland awalnya dibuka di Anaheim, California pada 17 Juli 1955 dengan hanya memiliki total 18 atraksi di dalamnya. Harga tiket masuk saat itu adalah hanya USD$1, dengan lebih dari 84 juta bando telinga Mickey Mouse telah terjual sejak Disneyland dibuka. 

Pada Desember 2018, Disneyland memiliki jumlah pengunjung terbesar dibanding taman hiburan lainnya di dunia. Sampai tahun 2018, Disneyland memiliki lebih dari 726 juta kunjungan sejak pertama kali dibuka.

10. Harley-Davidson, 1903

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, .businessinsider.com

Pertama kali didirikan pada tahun 1903, yang berlokasi di sebuah gudang kecil di Milwaukee, Wisconsin, pendiri Harley-Davidson adalah William S. Harley dan teman masa kecilnya Arthur Davidson.

Sepeda motor Harley-Davidson pertama dibuat di gudang berukuran 10 kali 15 kaki (foto) di halaman belakang keluarga Davidson. Harley dan Davidson bersaudara membangun pabrik pertama mereka pada tahun 1906, dan masih terbuat dari kayu. Di tahun pertamanya, Harley dan Davidson berhasil membuat 50 buah sepeda motor.

11. Suzuki, 1909

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, sachkahoon.com

Suzuki digagas oleh Michio Suzuki pada tahun 1909. Seperti Toyota, Suzuki berfokus pada pembuatan mesin tenun dan saat itu disebut Suzuki Loom Works. Kemudian, berganti nama menjadi Suzuki Loom Manufacturing Company pada tahun 1920. Berkat keberhasilan mesin tenunnya, Suzuki memulai untuk pembuatan mobil.

12. H&M, 1947

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, learngerman.dw.com

Pada tahun 1946, Erling Persson membuka toko pakaian perempuan di Swedia bernama Hennes, yang dalam bahasa Swedia berarti "miliknya". Dua tahun kemudian, Persson membeli toko pakaian berburu dan memancing, bernama Mauritz Widforss. Keduanya pun menggabungkan merek dan memulai menjual pakaian perempuan dan laki-laki. Toko baru itu bernama Hennes and Mauritz—lebih dikenal sebagai H&M.

13. Starbucks, 1971

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, sprudge.com

Siapa nih, yang suka nongkrong di Starbucks? Awalnya hanya menjual biji kopi, Starbucks ternyata dirintis oleh tiga orang lulusan lulusan Universitas San Francisco, yakni Jerry Baldwin, Gordon Bowker dan Zev Siegl. Starbucks membuka toko pertamanya pada tahun 1971, di Seattle, Washington, Amerika Serikat.

Setelah Howard Schultz bergabung, Starbucks tidak lagi menjual sekadar biji kopi, melainkan berubah menjadi kedai kopi yang menyajikan berbagai menu seperti yang kita kenal saat ini.

14. Metro-Goldwyn-Mayer Studios, 1905

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, hollywoodreporter.com

Logo "Leo the Lion" MGM yang ikonik. Metropolitan Pictures (dimiliki oleh Marcus Leow) bergabung dengan Goldwyn Studios dan Louis B Mayer Productions pada tahun 1924. MGM Studios memulai produksi mereka sendiri pada tahun 1925.

Selama tiga dekade emas dari tahun 1924 hingga 1954, studio yang berbasis di Culver City mendominasi bisnis film, dan menciptakan nominasi Film Terbaik di Academy Awards® setiap tahun selama dua dekade berturut-turut.

15. Ford Assembly Line, 1913

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, wikimedia.com

Ford pertama yang dijual adalah kepada Dr. Pfennig pada tahun 1903, dengan total $850. Dikenal dengan sebutan "Model A", sebuah mobil yang memiliki mesin 2 silinder, dan bisa mencapai kecepatan maksimal 30 mph. 

Ford Motor Company–nama saat ini adalah sebuah produsen mobil asal Amerika Serikat yang didirikan di dekat Detroit, Michigan. Perusahaan ini didirikan pada 16 Juni 1903 oleh Henry Ford. Perusahaan ini menjual mobil dan kendaraan komersial dengan merek Ford dan mobil mewah dengan merek Lincoln.

16. Taco Bell, 1962

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, eatthis.com

Taco Bell berasal dari California, Amerika Serikat. Didirikan oleh Glen Bell, dan dia membuka restoran Taco Bell pertama pada tahun 1962 di Downey, California.

Berkantor pusat di Irvine, California, Taco Bell yang kita tahu menawarkan makanan gaya Meksiko. Jaringan ini memiliki lebih dari 7.000 lokasi dan lebih dari 350 pemegang waralaba di seluruh dunia.

17. Tiffany & Company, 1837

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, tiffany.com

Didirikan pada tahun 1837 oleh Charles Lewis Tiffany dan John B. Young di Brooklyn, Connecticut, sebagai "toko alat tulis dan barang mewah". 

Awalnya toko mereka menjual berbagai macam barang alat tulis, dan beroperasi sebagai "Tiffany, Young dan Ellis" pada tahun 1838 di 259 Broadway di Lower Manhattan. Nama ini disingkat menjadi Tiffany & Company pada tahun 1853, ketika Charles Tiffany mengambil alih dan berfokus pada bisnis perhiasan seperti yang kita ketahui saat ini.

18. Subway, 1965

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, myrecordjournal.com

Toko pertama Subway dibuka di Bridgeport, Connecticut pada Agustus 1965 oleh Fred DeLuca dan Peter Buck–kala itu bernama Pete's Super Submarines. Subway adalah salah satu waralaba dengan pertumbuhan tercepat di dunia dengan pencapaian 41.512 lokasi di seluruh dunia pada Oktober 2019. Restoran ini memiliki toko di lebih dari seratus negara, termasuk di Indonesia.

20. Coca-Cola, 1886

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, bizjournals.com

Minuman berkarbonasi ini pertama kali diracik oleh seorang apoteker John Stith Pemberton pada tahun 1886. Lalu, pada tahun 1889, formula dan merek dagang minuman tersebut dijual kepada Asa Griggs Candler seharga USD$2.300. Asa pun mendirikan The The Coca-Cola Company di Atlanta pada tahun 1892.

Pada awalnya, Coca-Cola diiklankan sebagai minuman pereda sakit kepala dan dimaksudkan dijual di toko obat sebagai minuman obat. Nama Coca-Cola, dipilih atas dua bahan utamanya pada saat itu (daun koka dan kacang kola). Iklan pertamanya berbunyi, "Lezat! Menyegarkan! Menggembirakan! Menyegarkan!".

20. Burger King, 1953

Jadul, Ini 20 Foto Langka Perusahaan Besar Saat Pertama Didirikanboredpanda.com, restaurantbusinessonline.com

Awalnya bernama Insta-Burger King, dengan pendiri utamanya adalah Keith G Cramer, pemilik Keith's Drive-In Restaurant di Daytona Beach, Florida, yang bermitra dengan ayah mertuanya. 

Ketika Insta-Burger King mengalami kesulitan keuangan pada tahun 1954, dua franchisee yang berbasis di Miami, David Edgerton dan James McLamore membeli perusahaan tersebut dan menamainya Burger King. Dalam lima dekade berikutnya, perusahaan berpindah tangan sebanyak empat kali, lho.

Demikianlah 20 foto penampakan perusahan-perusahaan besar saat pertama kali mereka berdiri. Apakah jadi memotivasi kamu, Bela?

Baca Juga: Bikin Kangen! 14 Jajanan Jadul era 90-an ini Membawamu Bernostalgia  

Baca Juga: 11 Film Dewasa Indonesia Jadul Era 70-an dan 80-an, Kontroversial!

Baca Juga: 15 Potret Perubahan Bangunan Lama Vs. Sekarang, di Seluruh Dunia