Di saat MCU memanjakan penggemar dengan tumpukan proyek yang akan datang – dirangkum dalam ‘The Multiverse Saga’, Warner Bros. justru secara agresif membersihkan rumah sebagai bagian dari upayanya untuk memangkas biaya, menyusul merger yang sangat mahal. Ditandai dengan penggabungan Warner Bros. dengan Discovery—yang kini bernama Warner Bros. Discovey—awal tahun ini, dan berakhirnya HBO Max, membawa DC Universe ke arah lain.

Beberapa bulan belakangan, tidak terlalu baik untuk para penggemar DC. Terbaru pembatalan Batgirl menjadi salah satu dari serangkaian pembatalan dan perubahan besar yang melibatkan proyek DC. Lalu, film dan acara DC apa saja ya yang terpengaruh? Yuk, simak pembahasan berikut ini!

1. Strange Adventures DC

Imbas Merger Warner Bros. & Discovery, 7 Produksi DC di Ujung Tandukgeekblog.com

Strange Adventures yang diproduksi oleh Greg Berlanti, dilaporkan termasuk di antara yang dibatalkan di HBO Max. Tampil dalam sebuah acara Hollywood Babble-On di YouTube, Kevin Smith, pembuat film asal Amerika, mengonfirmasi bahwa serial antologi Strange Adventures DC yang sedang dalam pengembangan selama bertahun-tahun telah resmi dibatalkan. 

”Saya tahu kami belum mendengar kabar dari mereka untuk sementara waktu, tetapi saya kira ini terjadi sebagian dengan gerakan baru dengan David Zaslav. Tapi Tuhan, saya pikir Strange Adventures menjadi semacam kausalitas yang masuk akal bagi saya. Tidak ada yang tahu karakter ini, kedengarannya seperti pertunjukan yang mahal,” ungkap Smith.

Smith juga mengungkapkan gambaran Strange Adventures  berkisar pada Bizarro penjahat cerminan Superman. Smith mengaku mengincar Nicolas Cage untuk berperan sebagai Bizarro.

2. The Wonder Twins

Imbas Merger Warner Bros. & Discovery, 7 Produksi DC di Ujung Tanduksportshub.com

Layaknya Batgirl, The Wonder Twins digadang menjadi film DC skala kecil eksklusif untuk HBO Max memiliki nasib yang sama. Film ini hampir memasuki produksi sebelum dibatalkan pada Mei 2022. Deadline melaporkan bahwa KJ Apa dan Isabel May yang akan berperan sebagai si kembar super. 

Sebuah laporan mengungkapkan bahwa film DCEU dibatalkan karena masalah anggaran dan bahwa kepemimpinan baru Warner Bros tidak tertarik untuk mengembangkan film mahal hanya untuk streaming.

3. Green Lantern Corps

Imbas Merger Warner Bros. & Discovery, 7 Produksi DC di Ujung Tanduksaywonder.com

Green Lantern menampilkan live-action terakhirnya pada tahun 2011 dengan merilis film solonya sendiri yang dibintangi oleh Ryan Reynolds sebagai Hal Jordan. Sebuah reboot berjudul Green Lantern Corps sedang dikerjakan sebagai bagian dari DCEU yang diharapkan rilis pada 2020. Namun, tidak ada pembaruan yang diberikan pada status pengembangan proyek ini. Kini berhembus kabar gembira, The Hollywood Reporter mengatakan bahwa seri Green Lantern Corps masih dalam pengembangan.

4. Batwoman dan DC's Legends of Tomorrow

Imbas Merger Warner Bros. & Discovery, 7 Produksi DC di Ujung Tandukyoutube.com/TheDCLife

Ternyata bukan hanya di HBO Max saja, panggung pahlawan super andalan DC gagal ditayangkan. Beberapa acara di The CW—termasuk andalan Arrowverse Batwoman dan DC's Legends of Tomorrow, dibatalkan mengikuti musim terbaru mereka (Musim 7 untuk DC's Legends of Tomorrow dan Musim 3 untuk Batwoman).

Melansir The Hollywood Reporter, sementara presiden The CW Mark Pedowitz ingin memperbarui kedua pertunjukan untuk musim tambahan, Warner Bros. Discovery dilaporkan menghentikan pertunjukan karena mereka tidak lagi ingin membayar sewa ruang studio, yang berakhir pada 1 Mei. Mengingat mengenai Warner Bros. Discovery, yang baru-baru ini bergabung setelah akuisisi senilai US$43 miliar atau lebih dari Rp634 triliun.

5. Blue Beetle

Imbas Merger Warner Bros. & Discovery, 7 Produksi DC di Ujung Tandukunotv.com

Setelah pembatalan Batgirl, semua mata tertuju pada film Blue Beetle. Film ini dibintangi oleh Xolo Mariduena dan disutradarai oleh Angel Manuel Soto. Blue Beetle menyelesaikan syuting bulan lalu dan saat ini dalam pasca-produksi.

Meskipun pada awalnya film ini direncanakan sebagai eksklusif HBO Max, Warner Media kemudian mengumumkan beralih ke rilis teater pada 2023. Hingga saat ini pihak Warner Bros. Discovery belum memberikan pernyataan resmi akan nasib film tersebut.

Para penggemar optimis film tersebut tidak ditangguhkan Warner Bros. Discovery, mengingat film akan dirilis di teater yang tentunya sudah dikembangkan sebagai acara sinematik yang lebih besar daripada film streaming. Kemungkinan tampaknya relatif tipis untuk menggagalkan film tersebut.

6. The Flash

Imbas Merger Warner Bros. & Discovery, 7 Produksi DC di Ujung Tandukew.com

The Flash telah menjadi salah satu produksi DC yang paling bermasalah dalam baru-baru ini, banyaknya penundaan dan komplikasi terkait pandemi dan publisitas negatif yang disebabkan oleh perselisihan bintang Ezra Miller dengan hukum. Hal ini menyebabkan beberapa orang berspekulasi The Flash mungkin juga akan ditangguhkan seperti layaknya Batgirl. The Flash seharusnya memulai DC Universe dengan konsep yang serba baru, memperkenalkan Sasha Calle sebagai Supergirl, sepupu dari Superman.

7. Supergirl

Imbas Merger Warner Bros. & Discovery, 7 Produksi DC di Ujung Tandukcnet.com

Setelah pembatalan Batgirl, rumor sekarang beredar bahwa rencana untuk spin-off The Flash tentang Supergirl mungkin dibatalkan. Rolling Stone melaporkan film solo Supergirl yang dibintangi Calle kemungkinan telah dibatalkan. Meskipun tidak ada kata resmi yang dibuat tentang status proyek tersebut, masa depan Supergirl tidak terlihat cerah.

Belum ada yang dikonfirmasi oleh pihak studio saat ini. Jika Warner Bros. Discovery membatalkan film Supergirl, Sasha Calle selain Batgirl, itu berarti studio telah menghentikan dua film superhero DC yang dipimpin Latina (perempuan latin).

Demikianlah, 7 film dan acara DC yang mengalami guncangan kala merger antara Warner Bros. dengan Discovery. Apa pendapatmu tentang keputusan Warner Bros. Discovery?

Baca Juga: Dapat Respon Negatif, Ini Fakta di Balik Batalnya Penayangan 'Batgirl'

Baca Juga: MCU sambut Era Baru “The Multiverse Saga”, Ini Bocoran Film yang Rilis

Baca Juga: 5 Superhero Baru Marvel yang Diharapkan Muncul di MCU Fase ke-4