Bela, apakah pekerjaan kamu setiap harinya berhubungan dengan orang luar? Biasanya, orang yang bekerja di bidang hospitality atau di bagian customer care bahkan marketing memiliki syarat nggak tertulis yang wajib mereka penuhi, terutama wanita. Apa itu?

Ternyata, Ukuran Tubuh Wanita Sangat Berpengaruh dalam Mencari KerjaSpy/TSG Entertainment/www.filmsandthings.org

Wanita yang bekerja di bidang tersebut dituntut untuk memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang ‘normal’, dalam arti proporsional antara tinggi dan berat badan. Namun berdasarkan penelitian yang dimuat di Plos One Journal, hal tersebut nggak begitu berlaku pada pria. For your information Bela, wanita disebut punya berat badan yang normal ketika BMI mereka berada di antara 18,5 - 24,9. Sedangkan pria baru dianggap overweight ketika BMI mereka melebihi 26,47.

Ternyata, Ukuran Tubuh Wanita Sangat Berpengaruh dalam Mencari KerjaSpy/TSG Entertainment/www.eggplante.com

Penelitian lain juga membuktikan bahwa diskriminasi wanita dengan berat badan juga masih berlangsung hingga saat ini. Ketika 40 foto pria dan wanita dengan berat badan normal dibagikan kepada tim perekrut, mereka dengan senang hati akan mempekerjakan mereka. Namun ketika semua foto itu di-edit supaya terlihat lebih gemuk, perekrut merasa enggan untuk mempekerjakan wanita dengan berat badan berlebih, namun mereka tetap mempekerjakan pria yang tampak sedikit gemuk.

Apakah kamu juga pernah bermasalah dengan berat badan ketika melamar kerja?

BACA JUGA: Inilah Bentuk Diskriminasi Paling Kejam Terhadap Perempuan di Kantor yang Masih Sering Kita Lakukan

 

Baca Juga: Baru Lulus Kuliah? Ini Tips Mencari Kerja di Tengah Pandemi Corona

Baca Juga: Ungkap ‘Sisi Gelap’ Interview Bertahap yang Jarang Diketahui Orang Saat Mencari Kerja

Baca Juga: Tips Sukses Wawancara dan Melamar Kerja dari Recruiter IDN Media