Ajang musik bergengsi se-Asia yaitu MAMA 2019 baru saja selesai digelar pada Rabu (4/12) kemarin. Banyak musisi dan grup yang berhasil membawa pulang penghargaan, termasuk para Kpop idol. Namun sepertinya nggak semua penggemar ikut senang saat menyaksikan acara yang diselenggarakan di Nagoya Dome, Jepang, tersebut. Terlebih ketika idola mereka yaitu EXO dianggap mendapat perlakuan kurang menyenangkan dari pihak penyelenggara yaitu Mnet.

Kekecewaan mereka diluapkan melalui Twitter dengan menyisipkan tagar #MnetApologizeToEXO. Ketika Popbela telusuri, banyak hal yang diutarakan para EXO-L, sebutan untuk penggemar EXO, lewat media sosial tersebut. Kira-kira apa penyebabnya?

1. Video yang menyinggung pihak EXO

5 Sebab Fans EXO Sukses Bikin #MnetApologizeToExo Jadi Trending Topictwitter.com/L_voonlimm_

Pada MAMA 2019, Mnet memutar video promosi acara di layar dan menggunakan video klip Mama, salah satu hits dari EXO. Awalnya hal tersebut mungkin bisa membuat bangga EXO dan EXO-L hingga akhirnya muncul simbol X besar dalam video tersebut. Entah apa yang dimaksud penyelenggara, namun hal ini 'sukses' membuat EXO-L geram, nggak terkecuali SM Entertainment dan EXO sendiri.

2. Kecewa bukan untuk pertama kalinya

5 Sebab Fans EXO Sukses Bikin #MnetApologizeToExo Jadi Trending Topicdok.internet

EXO-L pun menolak lupa ketika para idola mereka juga sempat mendapat perlakuan kurang menyenangkan di acara yang sama 2 tahun lalu, tepatnya pada MAMA 2017. Saat itu, banyak yang menilai bahwa ada beberapa kejanggalan yang muncul pada MAMA 2017,salah satunya yaitu EXO yang nggak disebut sebagai pemenang untuk beberapa nominasi. Melansir dari Kbizoom, malam penghargaan yang berdasarkan hasil voting online tersebut hanya menyebut EXO satu kali, yaitu pada nominasi Album of The Year. Padahal, EXO berada di posisi 1 untuk beberapa nominasi.

3. Perlakuan terhadap EXO-L

5 Sebab Fans EXO Sukses Bikin #MnetApologizeToExo Jadi Trending Topickoreaboo.com/buoshixun

MAMA 2017 yang diselenggarakan di Hong Kong juga menyisakan trauma bagi para EXO-L. Lightstick yang mereka bawa disita oleh petugas sehingga terjadi black ocean (istilah ketika tidak ada lightstick yang menyala saat sang idola tampil). Selain itu, beberapa penggemar juga mengaku mendapat perlakuan yang nggak menyenangkan dari petugas keamanan.

4. EXO dan EXO-L menangis

5 Sebab Fans EXO Sukses Bikin #MnetApologizeToExo Jadi Trending Topicpinterest.com

Karena mendapat perlakuan nggak adil di acara tersebut, banyak EXO-L yang emosi dan tak kuasa menahan tangis. Rupanya kesedihan yang mereka rasakan juga disaksikan oleh idolanya. Saat EXO naik panggung menerima penghargaan untuk nominasi Album of The Year, para personel EXO juga turut menangis. Fans pun menganggap tangisan mereka bukan karena menerima penghargan, melainkan ikut sedih dengan perlakuan yang mereka terima.

5. Sempat muncul petisi bubarkan MAMA

5 Sebab Fans EXO Sukses Bikin #MnetApologizeToExo Jadi Trending Topicfanpop.com

MAMA 2017 yang meninggalkan kesan buruk ini sempat membuat para penggemar membuat dan menandatangani petisi untuk menghapus ajang musik tersebut. Melansir dari Allkpop, petisi yang sudah ditandatangani ratusan ribu penggemar dari dalam dan luar negeri ini disampaikan kepada pemerintah Korea. Namun nggak lama setelah itu, beberapa fans justru mengajak untuk menghentikan petisi tersebut karena telah membuat situs pemerintahan down.

Kalau menurut kamu gimana nih, Bela?

Baca Juga: Daftar Lengkap Pemenang MAMA 2019, BTS Sindir Adanya Kecurangan?