Bela, apakah kamu tipe orang yang suka menaati peraturan? Atau jangan-jangan, kamu termasuk orang yang berpikir bahwa peraturan diciptakan untuk dilanggar? Kalau kamu nggak suka dengan peraturan, terutama tata tertib di kantor yang membuatmu merasa nggak bebas sebagai karyawan, sepertinya kamu perlu mendaftarkan diri di Netflix. Perusahaan multinasional ini selama 20 tahun telah berkembang menjadi perusahaan raksasa dengan keuntungan besar. Tapi kenapa sih Netflix bisa menjadi ‘tempat ideal’ untuk orang-orang yang nggak suka diatur?

Bikin Iri! Karyawan di Perusahaan Ini Bebas Ambil Cuti dan Liburan Gratis

Lebih dari 3000 karyawan yang bekerja di Netflix Amerika merupakan orang-orang beruntung karena bebas dari peraturan kantor seperti jatah cuti atau liburan. Namun orang yang bekerja di sana juga bukan sembarang orang, Bela. Orang yang bekerja di sana merupakan orang-orang dengan performa yang tinggi. Dengan kata lain, mereka adalah orang yang punya keinginan besar dan dedikasi yang tinggi terhadap perusahaan.

Bikin Iri! Karyawan di Perusahaan Ini Bebas Ambil Cuti dan Liburan Gratis

Biasanya, setiap perusahaan rata-rata memberikan 12 hingga 16 hari jatah cuti untuk setiap karyawannya selama satu tahun. Mereka juga sulit memberikan izin kepada karyawan ingin mengambil cuti dalam beberapa hari atau pekan sekaligus. Di Netflix, para karyawan nggak perlu pusing memikirkan jatah cuti karena mereka diberi kebebasan untuk liburan sesuka mereka. Tapi tetap saja, mereka yang ingin cuti selama 30 hari berturut-turut perlu mengajukan permohonan terlebih dahulu ke tim personalia.

Bikin Iri! Karyawan di Perusahaan Ini Bebas Ambil Cuti dan Liburan Gratis

Nggak hanya diberi kebebasan waktu untuk liburan, Netflix juga mengalokasikan sekian persen dana untuk liburan para karyawannya. Mereka bisa memesan hotel atau tiket perjalanan secara online atau mandiri. Meski demikian, Netflix menganggap hal tersebut sebagai tindakan yang hemat jika dibandingkan dengan menyewa jasa travel agent untuk mengurus perjalanan liburan.

Bikin Iri! Karyawan di Perusahaan Ini Bebas Ambil Cuti dan Liburan Gratis

Jika dilihat, Netflix memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi karyawannya. Namun, semua itu memang harus dibayar dengan performa mereka di kantor. Mereka yang bekerja di Netflix adalah orang-orang dengan etos kerja dan semangat yang baik dan diinginkan oleh perusahaan lainnya. Nggak hanya itu, Netflix juga memberikan penghargaan kepada karyawan dengan performa yang baik dan sebaliknya, mengeluarkan karyawan yang nggak produktif atau performa yang buruk.

Bikin Iri! Karyawan di Perusahaan Ini Bebas Ambil Cuti dan Liburan Gratis

Semua itu dilakukan Netflix karena ada hal yang sangat dijunjung tinggi dalam budaya kerja mereka, yaitu tanggung jawab dan kebebasan. Di samping kebebasan yang ditawarkan kantor, karyawan juga harus memiliki kesadaran penuh atas tanggung jawabnya. Trust yang dibangun antara karyawan dan manajer atau pimpinan sangat tinggi. Dengan cara demikian, Netflix tetap bisa mempertahankan pelanggan setianya dan mendapatkan profit yang besar.

Wah, kalau kerja di Netflix berarti bisa liburan terus dong.

BACA JUGA: Aneh, 10 Perusahaan Ini Menerapkan Peraturan Super Konyol di Kantor