Bukan dari keluarga kaya raya, deretan selebriti Korea Selatan ini ternyata sudah bekerja keras sejak muda. Hal yang membuatnya sangat menyentuh, mereka ternyata memasuki dunia hiburan karena ingin memperbaiki ekonomi hingga melunasi hutang keluarganya. Kini, mereka pun berhasil meraih karier cemerlang dan mewujudkan cita-cita mulianya itu.  

Ada siapa saja, ya? Langsung simak 7 selebriti Korea Selatan yang debut untuk membantu keluarganya, di bawah ini, yuk!

1. Han So Hee

Salut, 7 Selebriti Ini Debut untuk Bantu dan Lunasi Hutang Keluargawww.instagram.com/xeesoxee.pics

Aktris yang kini disebut sebagai "Ratu Iklan" di Korea Selatan ini ternyata punya pengalaman pelik terkait hutang keluarganya. Saat kecil, Han So Hee harus menerima kenyataan bahwa kedua orang tuanya bercerai. Ia kemudian tingga bersama neneknya di Seoul hingga lulus SMA. 

Usai lulus SMA, Han So Hee harus bekerja keras untuk memperbaiki ekonominya. Ia kemudian berhasil debut sebagai aktris dan kariernya berada di puncak usai bermain dalam The World of the Married.  

Sayangnya, kenyataan pahit harus dialaminya ketika namanya digunakan oleh sang ibu untuk meminjam uang. Akhirnya, kini Han So Hee terus dihubungi oleh penangih hutang. Ia pun kini mengaku sedang sedikit demi sedikit melunasi hutang orangtuanya itu.  

2. Chungha

Salut, 7 Selebriti Ini Debut untuk Bantu dan Lunasi Hutang KeluargaInstagram.com/chungaa_official

Solois Chungha ternyata mengaku debut untuk membantu orangtuanya dari kesulitan ekonomi. Usai debut solo dan sukses besar lewat lagu Gotta Go, Chunga mengaku ia baru saja berhasil melunasi hutang keluarganya. 

"Belum lama ini aku telah melunasi semua hutang keluargaku. Ibu biasanya tidak pernah menghabiskan uang yang aku hasilkan. Meskipun aku sering mengatakan kepada ibu untuk menghabiskannya, tetapi ia tidak pernah melakukan hal tersebut," ujar Chungha. 

Dengan perasaan senang, Chungha juga mengaku sudah berhasil membelikan tas dari designer terkenal sebagai hadiah untuk sang ibu.  

"Ibuku sering menggunakan tas yang ramah lingkungan dan sebagai hadiah natal kali ini aku telah membelikan tas mahal untuknya. Ia mengatakan aku harus menyimpan sisa (pendapatanku)," ujarnya.  

3. Taeyang BIGBANG

Salut, 7 Selebriti Ini Debut untuk Bantu dan Lunasi Hutang Keluarga

Vokalis utama dari BIGBANG ini juga suda bekerja keras sejak usia remaja untuk membantu orangtua. Pada usia 13 tahun, Taeyang sudah pergi jauh ke Seoul untuk bergabung sebagai trainee YP Entertaiment yang saat itu terhitung sebagai agensi kecil.  

Namun perjuangannya terbayar lunas ketika debut bersama BIGBANG, di bawah naungan YG Entertaiment. Jadi anggota dari salah satu boygroup tersukses di Korea Selatan, Taeyang pun akhirnya mampu memperbaiki kondisi ekonomi keluarganya. Tak hanya itu, ia bersama BIGBANG juga berhasil membuat YG Entertaiment masuk jajaran agensi terbesar di Korea Selatan hingga saat ini. Salut, ya! 

4. IU

Salut, 7 Selebriti Ini Debut untuk Bantu dan Lunasi Hutang KeluargaIdntimes.com

Solois yang juga berhasil meraih karier sukses dan memperbaiki kondisi ekonomi keluarganya adalah IU. Saat kecil, orangtua IU terjerat hutang yang sangat besar. Ia kemudian harus tinggal di sebuah ruangan kecil. Neneknya menjual aksesoris di pinggir jalan sebuah pasar dekat rumahnya. Uangnya dipakai untuk membiayai hidup IU dan neneknya. Kondisi seperti itu berlangsung selama sekitar 1 tahun. 

Sedih melihat neneknya yang harus bekerja keras, IU kemudian melakukan audisi sebagai penyanyi di banyak agensi namun banyak menuai penolakan. Ia bahkan sempat ditipu oleh sebuah agensi. Hingga akhirnya, IU berhasil debut sebagai penyanyi solo di Roen Entertainment. Kesuksesan kemudian terus mengiringi penyanyi dengan julukan "Digital Monster" ini. 

Tak butuh waktu lama, IU kemudian berhasil melunasi seluruh hutang keluargnya hanya dalam waktu 3 tahun setelah debutnya. Tak hanya membantu ekonomi keluarganya, IU juga terkenal dermawan pada seluruh karyawan yang bekerja untuknya selama ini.  

Dara 2NE1

Salut, 7 Selebriti Ini Debut untuk Bantu dan Lunasi Hutang KeluargaAllkpop.com

Rekan sejawat Taeyang di YG Entertaiment, Dara 2NE1, juga punya kisah hidup yang sama-sama pelik. Saat remaja, Dara pindah ke Filipina saat ayahnya bangkrut. Sedihnya, Dara kemudian mengetahui ayahnya menghamburkan uang yang didapatkannya kembali untuk "keluarga lainnya" di Korea. Ayah Dara juga gemar bermain judi.  

Di tengah keterpurukan itu, Dara bangkit dan berhasil menjadi selebriti di Filipina. Setelah berkarir di Filipina, Dara kemudian mendapat undangan menjadi trainee di YG Entertainment. Ia kemudian berhasil meraih kesuksesan besar saat debut bersama 2NE1. 

6. Sunmi

Salut, 7 Selebriti Ini Debut untuk Bantu dan Lunasi Hutang KeluargaInstagram.com/miyayeah

Pelantun hits Ghasina ini ternyata juga punya pengalaman pelik yang membuatnya bekerja keras untuk debut sebagai selebriti. Sunmi yang saat itu baru duduk di bangku kelas 5 sekolah dasar, ternyata harus merawat ayahnya yang sakit parah sekaligus mengurus kedua adiknya seorang diri.  

"Jujur, saya memutuskan untuk menjadi selebriti karena ayah saya. Ketika saya di kelas 5, saya tinggal bersama ayah dan dua adik lelaki saya. Tetapi ayah saya sakit, dan penyakitnya terus memburuk. Dia akan memakai masker pernapasan di rumah, tetapi menjadi sangat buruk sehingga dia harus pergi ke rumah sakit. Situasi keuangan kami buruk, tetapi ayah saya tidak bisa bergerak dan saya adalah anak tertua," ujar Sunmi. 

"Saya bertanya-tanya apa yang bisa saya lakukan. Guru saya menyuruh saya menjadi guru tetapi Anda harus belajar selama lebih dari 10 tahun untuk itu. Saya butuh uang sekarang,"  lanjutnya. 

Sayangnya, sebelum Sunmi berhasil menjadi selebriti saat debut bersama Wonder Girls, sang ayah meninggal dunia tiga bulan sebelum hari debutnya.  

“Dia meninggal 3 bulan sebelum saya debut. Kalau saja dia bertahan sedikit lebih lama… Dia juga bermimpi menjadi seorang seniman," ceritanya. 

7. Chami AOA

Salut, 7 Selebriti Ini Debut untuk Bantu dan Lunasi Hutang KeluargaDok. Internet

Mantan anggota girl group AOA ini ternyata juga punya tujuan untuk membahagiakan orangtuanya saat debut sebagai selebriti. Menurut Chanmi, ia selalu terpukul ketika melihat ibunya bekerja keras demi keluarganya.  

"Setelah membayar sewa dan biaya sekolah, kami tidak punya uang lagi dan saya benci itu. Alasan saya memutuskan untuk mencoba dan menjadi selebriti adalah karena saya pikir itu akan dapat membantu menyediakan lingkungan bagi saya untuk menghasilkan uang lebih cepat," ujar Chanmi. 

Sayangnya, menurut Chanmi menjadi selebriti bukanlah jalan pintas yang pasti untuk meraih banyak uang. Ia berpikir bahwa ia pun tidak bisa selamanya menjadi selebriti.  

"Orang-orang berpikir bahwa menjadi bintang dan mengenakan pakaian cantik itu mudah, dan saya pikir akan mudah menghasilkan uang jika kamu melakukannya dengan baik setelah debut. Saya tidak pernah menyadari sampai sekarang bahwa ini bukan sesuatu yang dapat Anda lakukan selamanya," pikir Chanmi. 

Baca Juga: Baru Saja Tenar, Nama Han So Hee Terseret Skandal Penipuan

Baca Juga: Modal Nekat, Inilah 7 Fakta Han So Hee Sebelum Bersinar

Baca Juga: Jadi Teman Duet Rich Brian, Cek 5 Fakta Chungha Eks I.O.I