Kalau bicara soal daftar orang terkaya di Indonesa, pastinya akan selalu menarik untuk dibahas, ya! Nah, baru-baru ini, Forbes telah merilis "Daftar 50 Orang Terkaya di Indonesa Tahun 2019". Dari data yang telah berhasil diperoleh, ternyata ada kenaikan sekitar Rp78,40 triliun total kekayaan sebesar Rp1.884 triliun dari 50 orang ini dibandingkan tahun sebelumnya, lho!

Penasaran daftar orang terkaya di Indonesia saat ini beserta total kekayaan yang dimilikinya? Simak di bawah ini, yuk!

1. Budi dan Michael Hartono, $37,3 Miliar / Rp 522,2 triliun

Ada Mantan Supir Angkot, Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2019Forbes.com

Posisi pertama lagi-lagi dipegang oleh Hartono Family  yang sekaligus membuat mereka menempati posisi ini selama 11 tahun berturut-turut. Memiliki kekayaan bersih sebesar $37,3 miliar atau setara Rp 522,2 triliun, kekayaan mereka disokong oleh kepemilikan PT Djarum hingga Bank BCA yang sahamnya terus mengalami kenaikan. 

2. Widjaja Family, $9,6 Miliar/ Rp 134 Triliun

Ada Mantan Supir Angkot, Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2019Indonesatatler.com

Pemilik Grup Sinar Mas, Wiidjaja Family tahun ini menempati posisi kedua dengan kekayaan bersih sebesar $9,6 miliar atau setara Rp134 triliun. Meski pendirinya, Eka Tjipta Widjaja telah berpulang pada 27 Januari 2018 kemarin dalam usia 98 tahun, Grup Sinar Mas masih tetap menunjukan taringnya di dunia perbisnisan Tanah Air.

Sebelumnya, nama Eka sendiri pernah dicatat Forbes sebaga "Orang Terkaya Paling Tua di Indonesia Tahun 2018" dengan total $ 8,6 miliar atau setara Rp 124,7 (kurs: $1 = Rp14.500). 

3. Prajogo Pangestu, $7,6 Miliar/ Rp 106,4 Triliun

Ada Mantan Supir Angkot, Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2019Idntimes.com

Secara mengejutkan, posisi ke-3 ditempati oleh Prajogo Pangestu setelah tahun sebelumnya menempati posisi ke-10. Memiliki total kekayaan bersih sebesar $7,6 miliar atau sekitar Rp106,4 triliun, Prajogo ternyata dulunya diketahui pernah menjadi supir angkot, lho!

Berkat tekad dan ketekunannya, kini Prajogo sukses dengan Barito Group yang bergerak di bidang petrokimia, minyak sawit mentah, properti, hingga perkayuan. Setelah Barito Group memerger dua perusahaan yang diakuisisinya, Chandra Asri dan Tri Polyta Indonesa, Prajogo pun sukses tercatat sebagai produsen petrokimia terbesar di Indonesa. 

4. Susilo Wonowidjojo, $6,6 Miliar / Rp92,4 Triliun

Ada Mantan Supir Angkot, Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2019Indonesiatatler.com

Posisi ke-4 ditempati oleh anak dari pendiri Gudang Garam, Surya Wonowidjojo, yaitu Susilo Wonowidjojo. Setelah menggantikan kakak pertamanya, Rachman Halim, Susilo kemudian menjabat sebagai Pemilik dan Presiden Direktur Gudang Garam sejak 2009 lalu. 

Selain Gudang Garam, Susilo juga tercatat memiliki beberapa perusahaan seperti PT Prasidha Intijaya di bidang properti, PT Dutikon Sejahtera di bidang konstruksi, PT Jatipurna Artindo Design di bidang produk kayu, PT Perfectindo Pratama Plastic di bidang botol plastik, Agro Green Up di bidang pupuk kompos, dan masih banyak lagi. 

5. Sri Prakash Lohia, $5,6 Miliar / Rp78,4 Triliun

Ada Mantan Supir Angkot, Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2019Easterneye.biz

Pemilik Indorama Corporation, Sri Prakash Loha tercatat sebagai orang terkaya ke-5 di Indonesia saat ini dengan total kekayaan mencapai $5,6 miliar atau sekitar Rp78,4 triliun. 

Laki-laki berdarah India ini mulanya mendirikan Indorama Synthetics, perusahaan produsen benang pintal pada 1973 lalu. Usahanya kemudian terus melesat setelah mengakuisisi beberapa perusahaan seperti Olefin yang saat ini tercatat sebagai perusahaan petrokimia terbesar di Afrika Barat sekaligus produsen olefin terbesar kedua di benua Afrika.

6. Anthoni Salim, $5,5 Milar/ Rp77 Trilun Rupiah

Ada Mantan Supir Angkot, Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2019Forbes.com

Bicara soal orang terkaya di Indonesia rasanya nggak lengkap kalau nggak ada nama yang satu ini, ya! Ya, Anthoni Salim lagi-lagi tercatat sebagai orang terkaya ke-6 di Indonesia tahun 2019 ini.

Salim Family sendiri memang dikenal memiliki banyak perusahaan di bawah namanya. Seperti PT London Sumatra Plantation , PT Indofood CBP Sukses Makmur, PT Salim Ivomas Pratama, PT Indomobil Sukses Internasional, PT Indoritel Makmur Internasional, dan lain-lan.

7. Sri Tahir, $4,8 Miliar / Rp67,2 Triliun

Ada Mantan Supir Angkot, Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2019Forbes.com

Memiliki kekayaan bersih senilai $4,8 miliar atau setar Rp67,2 triliun, nama Sri Tahir berhasil duduk di peringkat 7 dalam daftar orang terkaya di Indonesia tahun ini. 

Meskipun begitu, siapa sangka jika bos dari Mayapada Group ini dulunya adalah anak dari orangtua yang bekerja sebagai tukang cat becak dan penjual onderdil becak? Dengan tekad kuat, Tahir berhasil menamatkan pendidikannya hingga gelar master bisnis administrasi (MBA) dari Universitas Golden Gate, San Francisco, Amerika Serikat. Salut, ya!

8. Boenjamin Setiawan, $4,35 Miliar /Rp60,9 Triliun

Ada Mantan Supir Angkot, Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2019Indonesaexpat.biz

Selain Prajogo, nama Boenjamin Setiawan juga naik peringkat secara signifikan di tahun ini. Pendiri Kalbe Farma ini memiliki kekayaan bersih sebesar $4,35 miliar atau sekitar Rp60,9 triliun.

Kenaikan peringkat Boenjamin sendiri didasari oleh peningkatan saham PT Mitra Keluarga Karyasehat (MIKA) miliknya setelah mengakuisisi 7 rumah sakit di Indonesia. Kini,  PT Mitra Keluarga Karyasehat (MIKA) telah menggerakkan total 28 rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia. 

9. Chairul Tanjung, $3,6 Miliar /Rp50,4 Triliun

Ada Mantan Supir Angkot, Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2019Forbes.com

Siapa sih yang nggak kenal "Si Anak Singkong" alias Chairul Tanjung. Pemilik dari berbagai perusahaan seperti  CT Corp, Trans Corp, Carrefour, Transmart, Wendy's, Mango hingga Jimmy Choo. Dengan segudang bisnis yang dimilikinya, Chairul Tanjung tercatat memilki kekayaan bersih sebesar $3,6 miliar atau sekitar Rp50,4 triliun. 

10. Jogi Hendra Atmadja, $3 Miliar / Rp42 Triliun

Ada Mantan Supir Angkot, Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2019Forbes.com

Posisi kesepuluh berhasil ditempati oleh Jogi Hendra Atmadja, $ 3 Miliar / Rp42 Triliun dengan kekayaan bersih sebesar $3 miliar atau sekitar Rp42 triliun. Jogi sendiri adalah Presiden Mayora Group, perusahaan bisnis yang bergerak di bidang makanan seperti kopi, biskuit, dan makanan ringan lainnya. 

Ada Mantan Supir Angkot, Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2019Forbes.com

Tahu nggak sih, Bela, dari 50 nama yang masuk dalm "Daftar 50 Orang Terkaya di Indonesia", ternyata ada 2 tokoh perempuan di sana, lho! Ada Kartini Muljadi yang berada di urutan ke-48 dengan total kekayaan mencapai $630 juta atau sekitar Rp8,8 triliun. Kartini sendiri adalah pemilik Tempo Group dan pendiri perusahaan lawyer, Kartini Muljadi & Rekan (KMR). 

Ada Mantan Supir Angkot, Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2019Philiippinestuff.com

Selain itu, di posisi ke-49 ada Arini Subianto, anak dari Benny Subianto yang kini tercatat sebagai Presiden Direktur Persada Capital Investama. Arini juga tercatat memiliki investasi dibisnis minyak sawit. Kini, Arini tercatat memiliki kekayaan sebesar $600 juta atau sekitar Rp8,4 triliun. 

Baca Juga: Ini 3 Orang Terkaya di Indonesia yang Berasal dari Medan Versi Forbes